Entri yang Diunggulkan

rpp k 13 bahasa inggris lintas minat untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan .kelas x

< !--[if !mso]> RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah         : SMA Negeri ......... Kelas/Semester        : X/2...

Selasa, 05 Maret 2019

RPP should(perbandingan) bahasa inggris Lintas minat kelas X


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah        : SMA Negeri
Kelas/Semester       : X/1
Mata Pelajaran       : Bahasa dan Sastra Inggris/Peminatan
Sub Materi Pokok : Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan
Alokasi Waktu       : 6 x 45 menit

A.  Kompetensi Inti

 KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu mengguanakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.  Kompetensi Dasar

1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2.Menghargai perilaku jujur, disiplin, percaya diri dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.11.Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang keterkitan antara dua benda atau tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.15.Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang keterkitan antara dua benda atau tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.

C.  Indikator

(Sikap spiritual)
1.1.1        Menunjukkan semangat mengikuti pembelajaran
1.1.2        Menunjukkan keseriusan mengikuti pembelajaran
(Sikap sosial)
2.1.1.   Menunjukkan perilaku santun dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman
2.1.2.  Menunjukkan perilaku peduli dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman

(Pengetahuan)
3.3.1.  Mengidentifikasi ciri-ciri pesan yang berisi contoh-contoh menyatakan dan menanyakan keterkitan antara dua benda atau tindakan (fungsi struktur teks, dan unsur kebahasaan)
3.3.2.  Membandingkan perbedaan antar berbagai  pesan yang menyatakan dan menanyakan keterkitan antara dua benda atau tindakan, dalam bahasa Inggris, perbedaan yang ada dalam bahasa Indonesia
3.3.3.  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks pesan yang menyatakan dan menanyakan keterkitan antara dua benda atau tindakan

(Penerapan)
4.4.1.  Menuliskan dialog tentang menyatakan dan menanyakan keterkitan antara dua benda atau tindakan

D.  Tujuan Pembelajaran

(Sikap Spiritual)
1.1.3        Siswa dapat menunjukkan semangat mengikuti pembelajaran
1.1.4        Siswa dapat menunjukkan keseriusan mengikuti pembelajaran

(Sikap sosial)
2.1.1.  Siswa dapat menunjukkan perilaku santun dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman
2.1.2.  Siswa dapat menunjukkan perilaku peduli dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman

(Pengetahuan)
3.3.1.  Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri pesan yang berisi contoh-contoh menyatakan dan menanyakan keterkitan antara dua benda atau tindakan (fungsi struktur teks, dan unsur kebahasaan)
3.3.2.  Siswa dapat membandingkan perbedaan antar berbagai  pesan yang menyatakan dan menanyakan keterkitan antara dua benda atau tindakan, dalam bahasa Inggris, perbedaan yang ada dalam bahasa Indonesia
3.3.3.  Siswa dapat menganalisis fungsi sosial, struktur teks pesan yang menyatakan dan menanyakan keterkitan antara dua benda atau tindakan

(Penerapan)
4.4.1.  Siswa dapat menuliskan dialog tentang keterkitan antara dua benda atau tindakan





E.  Materi Pokok

1.    Teks lisan dan tulis untuk untuk menyatakan, menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannya
2.    Fungsi sosial : Menyatakan hubungan satu dengan yang lain
3.    Struktur teks : Both Andi and Joko have come to join the contest. Deni is not only good person but also generous. Either Roni or Iwan will participate in the game...
4.    Unsur kebahasaan :
(1)   Kata penghubung (pair conjunction) Both....and; not only...but also, either..or, neither...nor..,
(2)   tekanan kata, intonasi
(3)   ejaan, tanda baca, tulisan dengan tangan dan cetak yang jelas dan rapi

F.     Model Pembelajaran
1.      Pendekatan     : Scientific approach
2.      Strategi            : Menyimak, diskusi kelompok, penugasan

G. Sumber/Media Pembelajaran
1.   Sumber: internet,print out materi
2.   Media: White board, board marker, suara guru


H.  Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan

·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English Environment dapat langsung tercipta di pertemuan pertama.
·         Guru dapat menggunakan kaliamat “Good morning, class”.
·         Pastikan peserta didik merespon dengan menjawab kembali “Good morning, Sir/Mam/Miss”.
·         Jika memungkinkan, guru dapat bertanyake beberapa anak secara individual untukmemastikan bahwa peserta didik dapat merespon perkataan guru.

20 menit
Inti
Mengamati
·         Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan, dalam berbagai konteks.
·         Siswa mengikuti interaksi untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
·         Siswa menirukan contoh-contoh kalimat menyatakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan.
·         Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).

Mempertanyakan
·         Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai pernyataan keterkaitan antara dua benda atau tindakan yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan pernyataan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.

Mengeksplorasi
·         Siswa menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan bahasa Inggris dalam konteks menyampaikan informasi atau pendapat dan kegiatan lain yang terstruktur.
·         Siswa melengkapi kalimat dengan kata sambung yang tepat untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan.

Mengasosiasi
·         Siswa membandingkan kalimat menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan yang telah dipelajari dengan kalimat lainnya.
·         Siswa membandingkan antara kalimat menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan dalam bahasa Inggris dengan kalimat dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.













230 menit

Mengkomunikasikan
·         Siswa menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan, di dalam dan di luar kelas.
·         Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan dalam jurnal belajarnya.
Penutup
·      Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, siswa ditanya bagaimana perasaannya (REFLEKSI).
·      Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik tentang menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan.
·      Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
·      Siswa diberi tugas kelompok untuk pembelajaran minggu depan untuk penilaian projek.
20 menit


I.     Penilaian

RUBRIK PENILAIAN SPEAKING

Name :................                                                         Class/Number :..........
Name :................                                                         Class/Number :..........
KKM :................

No
Criteria to be assessed
Low performance
Good performance
Very good performance
Score
1
Pronounciation
Too many mistakes
With some mistakes
Perfect pronounciation

2
Intonation
Monotonous
Begins to vary the intonation
Accurate intonation

3
Grammar
Too many mistakes
With some mistakes
No mistakes in grammar

4
Content
Plain/simple
Begins to add some information
Add more personal information




Total score


                                                            +1 x= skor siswa
Final score = total score : 4                            


PETUNJUK PENILAIAN WRITING:

Format Penilaian  :


No


Nama
Rentang Skor

Structure of  Text
Text Managements
Accuracy
Coherences (Relationship of ideas )
Jumlah
Nilai
0 – 4
0 – 4
0 - 4
0 – 4










●   Nilai  = Jml. Skor   X  100
                             16

Pensekoran untuk test

Jawaban nilai benar: 1
Jawaban nilai salah: 0
Nilai: Skor yang diperoleh X 100
         Skor maksimal 


Afektif
 Lembar Pengamatan Sikap Peserta didik

No
                       Indikator  Sikap.

Nama Peserta didik.
Cermat melakukan tugas 
Aktif  menjawab pertanyaan
Santun menggunakan b. Inggris
Bertanggungjawab dan menghargai orang lain dalam diskusi
Kedisiplinan dalam tugas
Nilai rata-rata (kualitatif/huruf).
1







2







3







4







Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d. 5
1 = Sangat Kurang          3 = Cukup        5 = Amat Baik
2 = Kurang                      4 = Baik

Mengetahui                                                                 Tanjun Raja…… Agustus 2018
Kepala SMAN                                                                        Guru Mata Pelajaran





Correlative Conjunction
Contoh Kalimat
Correlative Conjunction
as … as
(se-)
Diana is as beautiful as her sister.
(Diana secantik saudara perempuannya.)
between … and …
(diantara … dan …)
There are no difference beetwen you and him.
(Tidak ada perbedaan antara dirimu dan dirinya.)
both … and …
(baik … maupun)
She loves both swimming and running.
(Dia suka baik renang maupun lari.)
either … or …
(entah … atau …)
neither … nor
(tidak … atau …)
The man is neither handsome nor faithful.
(Pria itu tidak tampan ataupun setia.)
Either Nisa or her mother is a scientist.
(Entah Nisa atau ibunya adalah ilmuwan.)
from … to …
I travelled from England to Rome in three days.
(Saya bepergian dari Inggris ke Roma dalam tiga hari.)
hardly … when no sooner … than scarcely … when
Hardly had you left the restaurant when the party was started.
(Kamu hampir telah meninggalkan restoran ketika pesta dimulai.)
No sooner did I send the email than the reply came.
(Tidak lama dari saya mengirimkan e-mail balasannya datang.)
Scarcely had I finished my work when I went to bed.
(Tak lama setelah saya menyelesaikan pekerjaan, saya tidur.)
if … then
If you help him now, then he’ll repay oneday.
(Jika kamu menolongnya sekarang, kemudian dia akan membalasnya suatu hari nanti.)
not … but
(tidak … tapi)
not only … but also …
(tak hanya … tapi juga)
Yuni is not his girl friend but his cousin.
(Yuni bukan pacarnya melainkan sepupunya.)
He can drive not only a car but also a helicopter.
(Dia tidak hanya bisa mengemudi mobil tapi juga helikopter.)
rather … than
My parents would rather have lunch in a traditional restaurant than have lunch in a fast food restaurant.
(Orangtua saya lebih suka makan siang di restoran tradisional daripada di makan siang di restoran cepat saji.)
the more … the less
(semakin banyak …, semakin sedikit …)
the more … the more
(semakin banyak …, semakin banyak)
The more we learn grammar, the less we face the difficulty in writing.
(Semakin banyak kita mempelajari grammar, semakin sedikit kita menghadapi kesulitan didalam menulis.)
The more you give alms to others, the more you get rewards from God.
(Semakin banyak kamu memberi sedekah kepada orang lain, semakin banyak kamu mendapat imbalan dari Tuhan.)
whether … or …
I’m confused whether to live in Jakarta or to live in Bandung.
(Saya bingung apakah tinggal di Jakarta atau tinggal di Bandung.)

Pair up and practice.
1.      You are talking to a visitor. Practice these dialogues. Use the cues in the box.
A : How do you like it here?
B : Fantastic. I am enjoying not only__________but also_________
A : That’s good. And what about the food? Do you like it?
B : It’s delicious. I love both_________and__________
A : Do you? And what’s your hotel like?
B : It’s alright. But the room is neither__________nor__________
air-conditioned
the weather
the spicy food
the hot food
Spacious
the hospitality

2.      Now you are talking to another visitor.
A : How are you enjoying it here?
B : Well, it’s alright.
A : How do you like the food?
A : Actually, I don’t lke it all. It is not only too________but also__________for me.
A : Really? Well, what do you think of the hotel?
B : It’s________good________comfortable, I’m afraid. It’s_______too noisy________too crowded.
not only
spicy
nor
hot
neither
but also

Now, create your own dialogue based on the task above.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar