Nama Sekolah : SMA Negeri
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Inggris/Peminatan
Sub Materi Pokok : Teks lisan
dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau
tindakan
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
KI
2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI
4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu mengguanakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.1.Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2.Menghargai perilaku
jujur, disiplin, percaya diri dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.11.Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan
tentang keterkitan antara dua benda atau tindakan, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.15.Menyusun teks lisan
dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang keterkitan antara dua benda
atau tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
C. Indikator
(Sikap spiritual)
1.1.1
Menunjukkan semangat mengikuti pembelajaran
1.1.2
Menunjukkan keseriusan mengikuti pembelajaran
(Sikap sosial)
2.1.1. Menunjukkan perilaku santun dalam
berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman
2.1.2. Menunjukkan perilaku
peduli dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman
(Pengetahuan)
3.3.1. Mengidentifikasi
ciri-ciri pesan yang berisi contoh-contoh menyatakan dan menanyakan keterkitan
antara dua benda atau tindakan (fungsi struktur teks, dan unsur kebahasaan)
3.3.2. Membandingkan
perbedaan antar berbagai pesan yang
menyatakan dan menanyakan keterkitan antara dua benda atau tindakan, dalam
bahasa Inggris, perbedaan yang ada dalam bahasa Indonesia
3.3.3. Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks pesan yang menyatakan dan menanyakan keterkitan antara
dua benda atau tindakan
(Penerapan)
4.4.1. Menuliskan dialog tentang
menyatakan dan menanyakan keterkitan antara dua benda atau tindakan
D. Tujuan Pembelajaran
(Sikap Spiritual)
1.1.3
Siswa dapat menunjukkan semangat mengikuti pembelajaran
1.1.4
Siswa dapat menunjukkan keseriusan mengikuti pembelajaran
(Sikap sosial)
2.1.1. Siswa dapat
menunjukkan perilaku santun dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan
teman
2.1.2. Siswa dapat
menunjukkan perilaku peduli dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan
teman
(Pengetahuan)
3.3.1. Siswa dapat
mengidentifikasi ciri-ciri pesan yang berisi contoh-contoh menyatakan dan
menanyakan keterkitan antara dua benda atau tindakan (fungsi struktur teks, dan
unsur kebahasaan)
3.3.2. Siswa dapat
membandingkan perbedaan antar berbagai
pesan yang menyatakan dan menanyakan keterkitan antara dua benda atau
tindakan, dalam bahasa Inggris, perbedaan yang ada dalam bahasa Indonesia
3.3.3. Siswa dapat
menganalisis fungsi sosial, struktur teks pesan yang menyatakan dan menanyakan
keterkitan antara dua benda atau tindakan
(Penerapan)
4.4.1. Siswa dapat
menuliskan dialog tentang keterkitan antara dua benda atau tindakan
E. Materi Pokok
1. Teks lisan dan tulis
untuk untuk menyatakan, menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan
sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannya
2. Fungsi sosial :
Menyatakan hubungan satu dengan yang lain
3. Struktur teks : Both Andi and Joko have come to join the
contest. Deni is not only good person but also generous. Either Roni or Iwan
will participate in the game...
4. Unsur kebahasaan :
(1)
Kata penghubung (pair conjunction) Both....and; not only...but
also, either..or, neither...nor..,
(2)
tekanan kata, intonasi
(3)
ejaan, tanda baca, tulisan dengan tangan dan cetak yang jelas dan
rapi
F. Model Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific
approach
2.
Strategi :
Menyimak, diskusi kelompok, penugasan
G. Sumber/Media Pembelajaran
1. Sumber: internet,print out materi
2. Media: White board, board marker, suara guru
H. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru masuk ke kelas dan
langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English Environment dapat
langsung tercipta di pertemuan pertama.
·
Guru dapat menggunakan
kaliamat “Good morning, class”.
·
Pastikan peserta didik
merespon dengan menjawab kembali “Good morning, Sir/Mam/Miss”.
·
Jika memungkinkan, guru
dapat bertanyake beberapa anak secara individual untukmemastikan bahwa
peserta didik dapat merespon perkataan guru.
|
20 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Siswa mendengarkan dan
membaca banyak kalimat untuk menyatakan dan menanyakan
keterkaitan antara dua benda atau tindakan,
dalam berbagai konteks.
·
Siswa mengikuti interaksi untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda
atau tindakan selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
·
Siswa menirukan
contoh-contoh kalimat menyatakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan.
·
Dengan bimbingan dan
arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau
tindakan (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
·
Dengan bimbingan dan
arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai
pernyataan keterkaitan antara dua benda atau tindakan yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan pernyataan dalam
bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan
menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
·
Siswa menyatakan dan menanyakan keterkaitan
antara dua benda atau tindakan bahasa Inggris dalam konteks menyampaikan informasi atau pendapat dan kegiatan lain yang
terstruktur.
·
Siswa melengkapi
kalimat dengan kata sambung yang tepat untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan.
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan kalimat menyatakan
dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan yang telah dipelajari
dengan kalimat lainnya.
·
Siswa membandingkan antara kalimat menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda
atau tindakan dalam bahasa Inggris dengan kalimat dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
|
230 menit
|
Mengkomunikasikan
·
Siswa menyatakan dan menanyakan keterkaitan
antara dua benda atau tindakan, di dalam dan di luar kelas.
·
Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris
untuk menyatakan keterkaitan antara dua benda
atau tindakan dalam jurnal belajarnya.
|
||
Penutup
|
· Setelah mengikuti
kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, siswa ditanya bagaimana perasaannya
(REFLEKSI).
· Guru memberikan
pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik tentang menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda
atau tindakan.
· Siswa diminta membuat
kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
· Siswa diberi tugas
kelompok untuk pembelajaran minggu depan untuk penilaian projek.
|
20 menit
|
I.
Penilaian
RUBRIK PENILAIAN SPEAKING
Name :................ Class/Number
:..........
Name :................ Class/Number
:..........
KKM :................
No
|
Criteria to be assessed
|
Low performance
|
Good performance
|
Very good performance
|
Score
|
1
|
Pronounciation
|
Too
many mistakes
|
With
some mistakes
|
Perfect
pronounciation
|
|
2
|
Intonation
|
Monotonous
|
Begins
to vary the intonation
|
Accurate
intonation
|
|
3
|
Grammar
|
Too
many mistakes
|
With
some mistakes
|
No
mistakes in grammar
|
|
4
|
Content
|
Plain/simple
|
Begins
to add some information
|
Add
more personal information
|
|
Total
score
|
+1 x= skor siswa
Final score = total
score : 4
PETUNJUK
PENILAIAN WRITING:
Format
Penilaian :
No
|
Nama
|
Rentang
Skor
|
|||||
Structure
of Text
|
Text
Managements
|
Accuracy
|
Coherences
(Relationship of ideas )
|
Jumlah
|
Nilai
|
||
0 – 4
|
0 – 4
|
0 - 4
|
0 – 4
|
||||
● Nilai = Jml.
Skor X 100
16
Pensekoran
untuk test
Jawaban
nilai benar: 1
Jawaban
nilai salah: 0
Nilai: Skor
yang diperoleh X 100
Skor
maksimal
Afektif
Lembar Pengamatan Sikap Peserta didik
No
|
Indikator Sikap.
Nama Peserta didik.
|
Cermat melakukan tugas
|
Aktif menjawab pertanyaan
|
Santun menggunakan b. Inggris
|
Bertanggungjawab dan menghargai orang lain dalam
diskusi
|
Kedisiplinan dalam tugas
|
Nilai rata-rata (kualitatif/huruf).
|
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d. 5
1 = Sangat Kurang
3 = Cukup 5 = Amat Baik
2
= Kurang 4 = Baik
Mengetahui Tanjun
Raja…… Agustus 2018
Kepala SMAN Guru Mata Pelajaran
Correlative
Conjunction
|
Contoh
Kalimat
Correlative Conjunction |
as … as
(se-) |
Diana is as beautiful as her
sister.
(Diana secantik saudara perempuannya.) |
between … and …
(diantara … dan …) |
There are no difference beetwen you and him.
(Tidak ada perbedaan antara dirimu dan dirinya.) |
both … and …
(baik … maupun) |
She loves both swimming and running.
(Dia suka baik renang maupun lari.) |
either … or …
(entah … atau …) neither … nor (tidak … atau …) |
The man is neither handsome nor faithful.
(Pria itu tidak tampan ataupun setia.) |
Either Nisa or her mother is a
scientist.
(Entah Nisa atau ibunya adalah ilmuwan.) |
|
from … to …
|
I travelled from England to Rome in
three days.
(Saya bepergian dari Inggris ke Roma dalam tiga hari.) |
hardly … when / no sooner … than / scarcely … when
|
Hardly had you left the restaurant when the
party was started.
(Kamu hampir telah meninggalkan restoran ketika pesta dimulai.) |
No sooner did I send the email than the
reply came.
(Tidak lama dari saya mengirimkan e-mail balasannya datang.) |
|
Scarcely had I finished my work when I went to bed.
(Tak lama setelah saya menyelesaikan pekerjaan, saya tidur.) |
|
if … then
|
If you help him now, then he’ll
repay oneday.
(Jika kamu menolongnya sekarang, kemudian dia akan membalasnya suatu hari nanti.) |
not … but
(tidak … tapi) not only … but also … (tak hanya … tapi juga) |
Yuni is not his girl friend but his cousin.
(Yuni bukan pacarnya melainkan sepupunya.) |
He can drive not only a car but also a
helicopter.
(Dia tidak hanya bisa mengemudi mobil tapi juga helikopter.) |
|
rather … than
|
My parents would rather have lunch in a traditional
restaurant than have lunch in a fast
food restaurant.
(Orangtua saya lebih suka makan siang di restoran tradisional daripada di makan siang di restoran cepat saji.) |
the more … the less
(semakin banyak …, semakin sedikit …) the more … the more (semakin banyak …, semakin banyak) |
The more we learn grammar, the less we
face the difficulty in writing.
(Semakin banyak kita mempelajari grammar, semakin sedikit kita menghadapi kesulitan didalam menulis.) |
The more you give alms to others, the more you
get rewards from God.
(Semakin banyak kamu memberi sedekah kepada orang lain, semakin banyak kamu mendapat imbalan dari Tuhan.) |
|
whether … or …
|
I’m confused whether to live in Jakarta or to live in Bandung.
(Saya bingung apakah tinggal di Jakarta atau tinggal di Bandung.) |
Pair up and practice.
1.
You are talking to a visitor. Practice these dialogues.
Use the cues in the box.
A : How do you
like it here?
B : Fantastic.
I am enjoying not only__________but also_________
A : That’s
good. And what about the food? Do you like it?
B : It’s
delicious. I love both_________and__________
A : Do you?
And what’s your hotel like?
B : It’s
alright. But the room is neither__________nor__________
air-conditioned
|
the weather
|
the spicy food
|
the hot food
|
Spacious
|
the hospitality
|
2.
Now you are talking to another visitor.
A : How are
you enjoying it here?
B : Well, it’s
alright.
A : How do you
like the food?
A : Actually,
I don’t lke it all. It is not only too________but also__________for me.
A : Really?
Well, what do you think of the hotel?
B :
It’s________good________comfortable, I’m afraid. It’s_______too
noisy________too crowded.
not only
|
spicy
|
nor
|
hot
|
neither
|
but also
|
Now, create
your own dialogue based on the task above.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar