Entri yang Diunggulkan

rpp k 13 bahasa inggris lintas minat untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan .kelas x

< !--[if !mso]> RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah         : SMA Negeri ......... Kelas/Semester        : X/2...

Senin, 11 Maret 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Bahasa dan Sastra Inggris/Peminatan kelas X ( Perbedaan dan persamaan teks deskriptif dan teks explanation )



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah      : SMA Negeri .......
Kelas/Semester     : X/2
Mata Pelajaran      : Bahasa dan Sastra Inggris/Peminatan
S                 Materi Pokok        : Perbedaan dan persamaan teks deskriptif dan teks explanation
Alokasi Waktu      : 12 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti

 KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu mengguanakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar

1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.3.Menghargai tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.12.Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif dan teks explanation, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.16.Menyebutkan perbedaan dan persamaan teks deskriptif dan teks explanation, dilihat dari fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya.

C.    Indikator

(Sikap spiritual)
1.      Menunjukkan semangat mengikuti pembelajaran
2.      Menunjukkan keseriusan mengikuti pembelajaran

(Sikap sosial)
2.1.1.   Menunjukkan perilaku santun dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman
2.1.2.  Menunjukkan perilaku peduli dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman

(Pengetahuan)
3.3.1.  Mengidentifikasi ciri-ciri pesan yang berisi contoh-contoh perbedaan dan persamaan teks deskriptif dan teks explanation (fungsi struktur teks, dan unsur kebahasaan)
3.3.2.  Membandingkan perbedaan dan persamaan teks deskriptif dan teks explanation, dalam bahasa Inggris, perbedaan yang ada dalam bahasa Indonesia
3.3.3.  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks perbedaan dan persamaan teks deskriptif dan teks explanation

(Penerapan)
4.4.1.  Menuliskan perbedaan dan persamaan teks deskriptif dan teks explanation
4.4.2.  Menuliskan contoh teks deskriptif dengan topik kehidupan sehari-hari sesuai dengan konteks
4.4.3.  Menuliskan contoh teks explanation dengan topik kehidupan sehari-hari sesuai dengan konteks

D.    Tujuan Pembelajaran

(Sikap Spiritual)
3.                     Siswa dapat menunjukkan semangat mengikuti pembelajaran
4.                     Siswa dapat menunjukkan keseriusan mengikuti pembelajaran



(Sikap sosial)
2.1.1.  Siswa dapat menunjukkan perilaku santun dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman
2.1.1.  Siswa dapat menunjukkan perilaku peduli dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman

(Pengetahuan)
3.3.1.  Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri pesan yang berisi contoh-contoh perbedaan dan persamaan teks deskriptif dan teks explanation (fungsi struktur teks, dan unsur kebahasaan)
3.3.2.  Siswa dapat membandingkan perbedaan dan persamaan teks deskriptif dan teks explanation, dalam bahasa Inggris, perbedaan yang ada dalam bahasa Indonesia
3.3.3.  Siswa dapat menganalisis fungsi sosial, struktur teks perbedaan dan persamaan teks deskriptif dan teks explanation

(Penerapan)
4.4.1.  Siswa dapat menuliskan perbedaan dan persamaan teks deskriptif dan teks explanation
4.4.2.  Siswa dapat menuliskan contoh teks deskriptif dengan topik kehidupan sehari-hari sesuai dengan konteks
4.4.3.  Siswa dapat menuliskan contoh teks explanation dengan topik kehidupan sehari-hari sesuai dengan konteks



E.     Materi Pokok

1.      Perbedaan dan persamaan teks deskriptif dan teks explanation
2.      Fungsi sosial : Menentukan perbedaan dan persamaan berbagai jenis teks
3.      Struktur teks :
1.      Perbedaan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaan
2.      Persamaan dalam unsur bahasa
4.                     Unsur kebahasaan :
1.      Keterkaitan antara dua benda/kegiatan (Both....and, neither...nor)
2.      Kalimat sederhana
3.      Ejaan dan tulisan dengan tangan dan cetak yang jelas dan rapi

F.     Model Pembelajaran
  1. Pendekatan     : Scientific approach
  2. Strategi    : Menyimak, diskusi kelompok, penugasan

G.    Sumber/Media Pembelajaran
1.      Sumber: internet, print out materi
2.      Media: White board, board marker, suara guru




H.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan

  • Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English Environment dapat langsung tercipta di pertemuan pertama.
  • Guru dapat menggunakan kaliamat “Good morning, class”.
  • Pastikan peserta didik merespon dengan menjawab kembali “Good morning, Sir/Mam/Miss”.
  • Jika memungkinkan, guru dapat bertanya ke beberapa anak secara individual untuk memastikan bahwa peserta didik dapat merespon perkataan guru.

15 menit
Inti
Mengamati
·         Siswa membaca/mendengarkan/menonton berbagai macam teks deskriptif dan teks explanation dari berbagai sumber.
·         Siswa memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/pennulisannya teks deskriptif dan teks explanation.

Mempertanyakan
·         Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa mempertanyakan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif dan teks explanation.
·         Siswa mempertanyakan tentang perbedaan dan persamaan teks deskriptif dan teks explanation.

Mengeksplorasi
·         Siswa membandingkan sebuah teks deskriptif dan teks explanation dari berbagai sumber.
·         Siswa mengelompokkan unsur kebahasaan yang digunakan.
·         Siswa secara berkelompok menuliskan perbedaan dan persamaan antara teks deskriptif dan teks explanation dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.

Mengasosiasi
·         Secara bepasangan siswa saling menganalisis teks deskriptif dan teks explanation yang dengan fokus pada fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaan.
·         Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.

Mengkomunikasikan
·         Siswa mempresentasikan hasil analisis kelompok tentang persamaan dan perbedaan dari teks deskriptif dan teks explanation.
·         Siswa membuat jurnal belajar (learning journal).











510 menit
Penutup
·         Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, siswa ditanya bagaimana perasaannya (REFLEKSI).
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik tentang perbedaan dan persamaan teks deskriptif dan teks explanation.
·         Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
·         Siswa diberi tugas kelompok untuk pembelajaran minggu depan untuk penilaian projek.
15 menit






















I.       Penilaian

RUBRIK PENILAIAN SPEAKING

Name :................                     Class/Number :..........
Name :................                    Class/Number :..........
KKM :................

No
Criteria to be assessed
Low performance
Good performance
Very good performance
Score
1
Pronounciation
Too many mistakes
With some mistakes
Perfect pronounciation

2
Intonation
Monotonous
Begins to vary the intonation
Accurate intonation

3
Grammar
Too many mistakes
With some mistakes
No mistakes in grammar

4
Content
Plain/simple
Begins to add some information
Add more personal information




Total score


                    3x100+1 x= skor siswa
Final score = total score : 4           

PETUNJUK PENILAIAN WRITING:

Format Penilaian  :

No

Nama
Rentang Skor

Structure of  Text
Text Managements
Accuracy
Coherences (Relationship of ideas )
Jumlah
Nilai
0 – 4
0 – 4
0 - 4
0 – 4










●   Nilai  = Jml. Skor   X  100
                             16












Pensekoran untuk test

Jawaban nilai benar: 1
Jawaban nilai salah: 0
Nilai: Skor yang diperoleh X 100
         Skor maksimal

Afektif
 Lembar Pengamatan Sikap Peserta didik

No
                    
                       Indikator  Sikap.

Nama Peserta didik.
Cermat melakukan tugas  
Aktif  menjawab pertanyaan
Santun menggunakan b. Inggris
Bertanggungjawab dan menghargai orang lain dalam diskusi
Kedisiplinan dalam tugas
Nilai rata-rata (kualitatif/huruf).
1







2







3







4







Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d. 5
1 = Sangat Kurang          3 = Cukup        5 = Amat Baik
2 = Kurang                      4 = Baik



Mengetahui                             Indralaya, …… Agustus 2015
Kepala SMAN











These are the differences between description text and explanation text

Description
          Purpose                     : to describe a particular person, place or thing.
                    Schematic structure  : 1. Identification
                                              2. Desccriptions8

                      Explanation

       Purpose                  : to describe how something works, to give reasons for some phenomenon.
       Schematic structure : 1. Phenomenon
                                                    2. Explanation


                                  Example of Descriptive text


The Eiffel Tower
   The Eiffel Tower is an iron lattice tower located on the Champ de Mars in Paris. Built in 1889, it has become both a global icon of France and one of the most recognizable structures in the world. The tower is the tallest building in Paris and the most-visited paid monument in the world; millions of people ascend it every year. Named for its designer, engineer Gustave Eiffel, the tower was built as the entrance arch to the 1889 World's Fair.

  The tower stands 324 metres (1,063 ft) tall, about the same height as an 81-story building. Upon its completion, it surpassed the Washington Monument to assume the title of tallest man-made structure in the world, a title it held for 41 years, until the Chrysler Building in New York City was built in 1930; however, due to the addition in 1957 of the antenna, the tower is now taller than the Chrysler Building. Not including broadcast antennas, it is the second-tallest structure in France after the 2004 Millau Viaduct.

   The tower has three levels for visitors. Tickets can be purchased to ascend, by stairs or lift, to the first and second levels. The walk to the first level is over 300 steps, as is the walk from the first to the second level. The third and highest level is accessible only by elevator. Both the first and second levels feature restaurants.

    The tower has become the most prominent symbol of both Paris and France, often in the establishing shot of films set in the city.









                           Example of Explanation text



DO YOU KNOW WHY EIFFEL TOWER WAS BUILT?
Example of explanation text for question why
If we talk about the Wonders of the World buildings, then we will see Eiffel Tower as one of them. However many of us do not know the tower’s past history on why it was build. Everything has the reasonable background, especially for the tower which is to be one of the most recognized buildings in the world.
Primarily, the Eiffel Tower was built for the World Exhibition. It was called Paris Exposition in 1889. The exhibition was organized to celebrate the 100th anniversary of the French Revolution. The purpose of building Eiffel Tower in such structure was to show to the world France’s advancement of technology and beauty. The Eiffel Tower was designed by Gustave Eiffel. It seemed that then the name of the tower was derived from the designer’s last name, “Eiffel”
Another reason on why the tower was built was for scientific progress. Although few realized it, the Eiffel Tower would become the prominent structure in terms of science and technology. Many experiment with temperature, pressure and pendulums were performed atop the unique famous building. Additionally the Eiffel Tower was used for radio transmission tower. Many experiments were conducted atop the Eiffel Tower for radio transmission advancement. Once the Eiffel Tower was proposed to be demolished but it was spared because the tower had the promising future as a radio tower.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar