Entri yang Diunggulkan

rpp k 13 bahasa inggris lintas minat untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan .kelas x

< !--[if !mso]> RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah         : SMA Negeri ......... Kelas/Semester        : X/2...

Kamis, 07 Maret 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) UNIT 2 BE AWARE OF ENVIRONMENT

< !--[if gte mso 9]>
   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
UNIT 2 BE AWARE OF ENVIRONMENT

Satuan Pendidikan         :    SMA Negeri 1
Mata Pelajaran               :    Bahasa Inggris
Kelas/Semester                :    X/ 1
Alokasi Waktu             :    20 x 45 menit

KOMPETENSI INTI
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
    kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian
     dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
    dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
    berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
    dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
    fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
    spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
    pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
    metode sesuai kaidah keilmuan.

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Indikator

3.3 Menganalisis fungsi sosial, struktur   
      teks, dan unsur kebahasaan pada  
      ungkapan simpati, serta responsnya,  
      sesuai dengan konteks penggunaannya.












3.10 Menganalisis fungsi sosial, stuktur   
        teks, dan unsur kebahasaan untuk  
        menyatakan dan menanyakan tentang   
        keterkaitan sebab akibat, sesuai  
        dengan konteks penggunaannya.













3.11 Menganalisis fungsi sosial, struktur  
        teks, dan unsur kebahasaan dari teks explanation tentang gejala alam sesuai dengan konteks pembelajaran lain di Kelas X









·      Mendengarkan/menonton interaksi mengucapkan simpati.
·      Mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan simpati dalam bahasa Inggris perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb
·      Mengucapkan ungkapan simpati dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
·      Membandingkan ungkapan simpati yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
·      Mengucapkan ungkapan simpati dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.  


·      Mendengarkan dan membaca beberapa kalimat yang menyatakan keterkaitan/sebab akibat, dalam berbagai konteks.
·          Menanya antara lain perbedaan antar berbagai pernyataan keterkaitan/sebab akibat yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
·          Menyatakan keterkaitan/sebab akibat bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
·          Membandingkan pernyatakan keterkaitan/sebab akibat suatu kejadian/peristiwa yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
·           Menyatakan keterkaitan/sebab akibat suatu kejadian/peristiwa dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.

·      Membaca/mendengarkan/menonton berbagai macam teks explanation tentang gejala alam dari berbagai sumber.
·      Mempertanyakan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks explanation.
·      Membacakan teks explanation kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat.
·      Menganalisis teks explanation yang ditulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
·      Menyampaikan catatan (Note Taking) saat membaca

PERTEMUAN I
A.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, observasi, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1. memahami macam teks explanation tentang gejala alam dari berbagai sumber.
2. memahami fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks explanation.
3. Menyampaikan catatan (Note Taking) saat membaca.
B.       Materi Pembelajaran
Teks explanation
C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran cooperative learning
Metode                        :  Diskusi, dan observasi
D.       Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1. Media     : Microsoft PowerPoint unit 2 (Be Aware of Environment)  
 Buku English Skills for the Future 1
2. Alat        : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar. Komputer dan Proyektor.
3. Sumber  :Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan sekitar.



E.       Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
1.      Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.      Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan  merespon ajakan melakukan suatu
tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3.      Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan topik “teks explanation”.
4.      Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5.      Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai dengan minatnya.
2.      Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.

Mengobservasi (Observing)
1)      Mengamati gambar berbagai peristiwa alam dan menganalisis teks yang digunakan.
2)      Memahami dan menjawab pertanyaan pada teks explanation yang disediakan atau dari berbagai sumber lainnya.

Task
Halaman
Kegiatan
1
57
Siswa diminta berdiskusi secara klasikal tentang gejala-gejala alam, peristiwa- yang terjadi secara alamiah dan peristiwa yang terjadi yang diakibatkan ulah manusia. Siswa menjawab 5 pertanyaan Task 1.
2
57
Guru menunjukkan gambar-gambar tentang gejala alam siswa memasangkan gambar-gambar dengan deskripsi yang benar.
3
58
Guru membaca teks Why Floods Occur, siswa menyimak guru.
4
58-59
Siswa menyimak teks Why Flood Occur yang dibacakan guru dan menjawab setelah pertanyaan selesai dibacakan dengan memilih jawaban a,b,c, atau d.
5
59
Siswa mengamati gambar beberapa jenis banjir, kemudian memasangkan gambar tersebut dengan deskripsi yang tepat.
6
60
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa membaca teks How do Strawberry Plants Reproduce? Siswa memperhatikan text structure dan language features dari teks tersebut.
7
61
Siswa diminta bekerja secara berpasangan. Siswa membaca teks How do Strawberry Plants Reproduce? Siswa menjawab 5 pertanyaan pada Task 7.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.
8
61
Siswa diminta bekerja secara berpasangan. Siswa membaca teks How do Strawberry Plants Reproduce? Siswa melakukan scanning dan skimming dengan menjawab 8 pertanyaan dalam Task 8.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.

3.      Kegiatan Penutup
a.    Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.    Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.    Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.

PERTEMUAN II
A.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, observasi, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      Memahami fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks explanation.
2.      Menganalisis teks explanation yang ditulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
B.       Materi Pembelajaran
Teks explanation
C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran cooperative learning
Metode                        :  Diskusi, picture to picture, dan penugasan
D.       Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.    Media     : Microsoft PowerPoint unit 2 (Be Aware of Environment)  
   Buku English Skills for  the Future 1
2.    Alat        :  Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar.  
   Komputer dan Proyektor.
3.    Sumber            :  Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan Ilmu- 
     Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan  
     lingkungan sekitar. 

E.       Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
1.    Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.    Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan  merespon ajakan melakukan suatu
tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3.    Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan topik “teks explanation”.
4.    Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5.    Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai dengan minatnya.
2.    Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Menanya (Questioning)
1)   Peserta didik menjawab pertanyaan dari teks yang telah disediakan.
2)    Memahami gambar tanpa teks dan menjawab pertanyaan berdasarkan gambar tersebut.
Pengumpulan data (Eksperimen/Exsplorasi)
1)   Membaca teks explanation dengan intonasi yang benar.
2)   Menambahkan informasi yang didapatkan dari media lain seperti buku atau internet.
Task
Halaman
Kegiatan
9
62
Siswa diminta bekerja secara berpasangan. Siswa membaca teks Recycling Glass Bottles kemudian menjawab 8 pertanyaan dalam Task 9 tersebut.
10
63
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa mengamati gambar hati terlebih dahulu sebelum menjawab 3 pertanyaan di Task 10 tersebut.
11
63
Siswa diminta bekerja secara berpasangan. Siswa menyusun ulang 7 kalimat yang tersusun acak dalam Task 11 untuk kemudian disusun kembali.
12
64
Siswa diminta bekerja secara berpasangan. Siswa membaca teks How is Wind Made? Dengan ucapan dan intonasi yang benar.
13
65
Siswa diminta bekerja secara berpasangan. Siswa memasangkan kosa kata dengan makna yang tepat. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.
14
66
Siswa diminta melengkapi kalimat dengan kosa kata yang tepat dari kosa kata dalam Task 14.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.
15
66
Siswa diminta bekerja secara berpasangan. Siswa melengkapi rumpang dalam teks How to Fly Hot Air Balloon dengan kosa kata yang tepat dalam kotak. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat
16
68
Siswa diminta mengingat kembali pemahaman mereka tentang penggunaan bentuk Passive Voice dengan membaca enrichment mengenai Passive Voice. Siswa mengerjakan 5 soal pada Task 16.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.
17
69
Siswa diminta bekerja secara berpasangan. Siswa mengulang pemahaman mereka tentang penggunaan bentuk passive voice dengan membaca enrichment mengenai passive voice. Siswa melengkapi rumpang yang kosong dengan bentuk passive voice yang benar.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.

3.    Kegiatan Penutup
a.    Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.    Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.    Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.

PERTEMUAN III
A.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, observasi, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      Menganalisis teks explanation yang ditulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
2.      Mengoreksi paragraf tidak beraturan yang terdapat pada teks explanation.
B.       Materi Pembelajaran
Text explanation
C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Group Investigation
Metode                        :  Diskusi dan penugasan
D.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.    Media     : Microsoft PowerPoint unit 2 (Be Aware of Environment)  
   Buku English Skills for  the Future 1
2.    Alat        :  Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar.  
   Komputer dan Proyektor.
4.    Sumber            :  Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan Ilmu- 
     Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan  
     lingkungan sekitar.   
E.       Kegiatan Pembelajaran
1.         Kegiatan Pendahuluan
1.        Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan 
        tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.        Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan  merespon ajakan melakukan suatu
        tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah     
        lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3.        Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan topik “teks explanation”.
4.        Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5.         Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan 
        minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka  
        sesuai dengan minatnya.

2.         Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Pengumpulan data (Eksperimen/Exsplorasi)
1)      Membaca teks explanation dengan intonasi yang benar.
2)      Menambahkan informasi yang didapatkan dari media lain seperti buku atau internet.
   Mengasosiasi (Associating)
1)        Secara berkelompok, menganalisis teks explanation yang berfokus pada fungsi sosial, struktur dan elemen bahasa
Task
Halaman
Kegiatan
18
70
Siswa diminta bekerja secara berpasangan. Siswa merefresh pemahaman mereka tentang penggunaan bentuk passive voice dengan membaca enrichment mengenai passive voice. Siswa melengkapi teks Life Cycle of Butterflies and Moths pada rumpang yang kosong dengan bentuk passive yang benar.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.
19
71
Siswa diminta bekerja secara berpasangan. Siswa memasangkan kosa kata dengan makna yang benar pada Task 19. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.
20
71
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa melengkapi rumpang dengan kosa kata dari Task 20.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.
21
72
Siswa memilih 5 kata dari task 19 dan membuat kalimat dari kata-kata tersebut.
22
72
Siswa diminta bekerja secara berpasangan. Siswa membaca teks How Venus Eclipse Happens dengan ucapan dan intonasi yang benar.
23
73
Siswa diminta bekerja secara berpasangan. Siswa menjawab pertanyaan
24
73
Siswa diminta bekerja secara berpasangan. Siswa melengkapi rumpang pada teks How Does Snow Form? dengan phrase yang tepat.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.
25
75
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa menulis ulang teks How Does Snow Form? Pada Task 25 dengan urutan paragraf yang benar.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.


3.         Kegiatan Penutup
a.    Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.    Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.    Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.

PERTEMUAN IV
A.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, observasi, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      Menyampaikan catatan (Note Taking) saat membaca.
2.      Mrngomunikasikannya kembali dengan menampilkan hasil karyanya pada majalah dinding di sekolah.
B.       Materi Pembelajaran
teks explanation
C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Group Investigation
Metode                        :  Diskusi
D.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.    Media     : Microsoft PowerPoint unit 2 (Be Aware of Environment)  
   Buku English Skills for  the Future 1
2.    Alat        :  Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar.  
   Komputer dan Proyektor.
3.    Sumber     :  Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan Ilmu- 
     Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan  
                       lingkungan sekitar. 
E.       Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
1.      Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan 
    tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.      Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan  merespon ajakan melakukan suatu
    tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah     
    lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3.      Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan topik “teks explanation”.
4.      Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5.      Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan 
        minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka  
        sesuai dengan minatnya.

2.      Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengomunikasikan (Communicating)
1)      Peserta didik mengoreksi hasil kerjanya dan teman sejawatnya  dengan mengisi tabel yang ada pada buku.
2)      Pesrta didik mengerjakan english project pada buku dan menampilkan hasilnya pada majalah dinding sekolah.
Task
Halaman
Kegiatan
26
75-76
Siswa diminta mengevaluasi tugas Task 25 yang dilakukan teman sejawatnya
English Project
76
Siswa diminta bekerja dalam kelompok berjumlah empat. Siswa mengidentifikasi element teks explanation. Kemudian membuat sebuah teks How Cities Get Flood berdasarkan petunjuk yang telah diberikan.
27
77-78
Siswa diminta membaca dan menyanyikan lirik lagu Heal the World lalu menjawab pertanyaan tentang isi lagu dengan tepat.

3.    Kegiatan Penutup
a.    Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.    Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.    Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.

PERTEMUAN V
A.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, observasi, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      Melakukan  interaksi dengan menggunakan ungkapan simpati.
2.      Mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan simpati dalam bahasa Inggris perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb

B.       Materi Pembelajaran
Ungkapan simpati
C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Skrip Kooperatif
Metode                        :  Ceramah,  diskusi, dan observasi
D.       Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.    Media     : Microsoft PowerPoint unit 2 (Be Aware of Environment)  
   Buku English Skills for  the Future 1
2.    Alat        :  Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar.  
   Komputer dan Proyektor.
3.    Sumber        :  Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan Ilmu- 
     Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan  
                       lingkungan sekitar. 

E.       Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
1.      Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan 
    tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.      Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan  merespon ajakan melakukan suatu
    tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah     
    lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3.      Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan topik “ungkapan simpati”.
4.      Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5.      Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan 
     minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka  
     sesuai dengan minatnya.

2.      Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati (Observing)
1)   Membaca teks percakapan dan mengidentifikasi ungkapan simpati yang digunakan.
2)   Mengamati kartu ucapan yang terdapat ungkapan simpati didalamnya.
Menanya (Questioning)
1)   Peserta didik membuat kelompok dengan teman sebangkunya (berpasangan).
2)   Secara berpasangan mendiskusikan mengenai ungkapan simpati yang sering digunakan dan cara mengungkapkannya secara formal dan informal.
Task
Halaman
Kegiatan
1
80
Siswa diminta bekerja dalam kelompok Siswa menjawab 3 pertanyaan pada Task 1 berdasarkan pengetahuan dan pengalamannya.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.
2
80
Siswa diminta bekerja dalam kelompok berjumlah empat. Siswa membaca dengan ucapan dan intonasi yang benar the sympathy card.
3
80-81
Guru meminta siswa bekerja secara berpasangan. Siswa membaca dialog terlebih dahulu, mencari kalimat tanya dan ungkapan sympathy pada percakapan tersebut.
4
81
Siswa diminta bekerja berpasangan kemudian mendiskusikan pertanyaan pada task 4

3.    Kegiatan Penutup
a.    Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.    Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.    Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.

PERTEMUAN VI
A.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah,  diskusi, dan life skills, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      Mengucapkan ungkapan simpati dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
B.       Materi Pembelajaran
Ungkapan simpati

C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Skrip Kooperatif
Metode                        :  diskusi, dan life skills
D.       Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.    Media     : Microsoft PowerPoint unit 2 (Be Aware of Environment)  
   Buku English Skills for the Future 1
2.    Alat        :  Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar.  
   Komputer dan Proyektor.
3.    Sumber              :  Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan Ilmu- 
     Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan  
                       lingkungan sekitar. 

E.       Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
1.      Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan 
    tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.      Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan  merespon ajakan melakukan suatu
    tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah     
    lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3.      Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan topik “ungkapan simpati”.
4.      Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5.      Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan 
     minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka  
     sesuai dengan minatnya.

2.      Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Pengumpulan data (Eksperimen/Exsplorasi)
1)   Melakukan roleplay percakapan dengan teman sejawat, untuk kemudian menelaah ungkapan simpati yang terdapat dalam percakapan tersebut.
2)   Menambahkan informasi yang didapatkannya dari media lain seperti buku atau internet.

Task
Halaman
Kegiatan
5
82
Siswa diminta bekerja secara berpasangan dan membaca percakapan di depan kelas.
6
82
Guru meminta siswa mengerjakan Task 6 dan menjawab 5 pertanyaan pada Task 6.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.
7
82
Siswa diminta bekerja secara berpasangan dan membaca percakapan di depan kelas.
8
83
Siswa diminta bekerja secara berpasangan dan menjawab beberapa pertanyaan berdasarkan dialog pada Task 7.


3.    Kegiatan Penutup
a.    Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.    Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.    Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.

PERTEMUAN VII
A.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, diskusi, life skills, dan penugasan, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.   Membandingkan ungkapan simpati yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
2.   Mengucapkan ungkapan simpati dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas. 

B.       Materi Pembelajaran
Ungkapan simpati
C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Group Investigation
Metode                        :  Diskusi dan observasi
D.       Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.    Media     : Microsoft PowerPoint unit 2 (Be Aware of Environment)  
   Buku English Skills for  the Future 1
2.    Alat        :  Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar.  
   Komputer dan Proyektor.
4.                                              3. Sumber  :  Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan Ilmu- 
     Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan  
                       lingkungan sekitar. 

E.       Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
1.      Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan 
    tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.      Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan  merespon ajakan melakukan suatu
    tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah     
    lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3.      Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan topik “ungkapan simpati”.
4.      Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5.      Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan 
     minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka  
     sesuai dengan minatnya.

2.      Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengasosiasi (Associating)
1)   Mencatat informasi baru yang didapatkan di pencarian informasi tambahan tentang ungkapan simpati yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari.
2)   Bekerja secara berkelompuk untuk bersama-sama membahas mengenai ungkapan 
  balasan apa yang digunakan ketika seseorang menggunakan ungkapan simpati.
Mengomunikasikan (Communicating)
1)   Masing-masing kelompok membacakan kesimpulan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
2)   Memberikan penegasan pada materi yang harus dikuasai peserta didik dan meluruskan jika terjadi kesalahan konsep.

Task
Halaman
Kegiatan
9
83
Guru meminta siswa bekerja secara berpasangan. Siswa mencari ungkapan sympathy dari berbagai sumber lain kemudian menuliskannya dalam kolom Task 9, serta konteks menyebutkannya.
10
84
Siswa diminta untuk memanangkan ungkapan simpati dengan respons yang dianggap paling tepat.
11
85
Siswa diminta untuk mengungkapakn ekspresi simpati dalam konteks yang telah diberikan.
12
85
Guru meminta siswa bekerja secara berpasangan. Siswa diminta untuk melengkapi dialog pada Task 12 dengan menggunakan ungkapan sympathy yang telah dicari sebelumnya pada Task 9.

3.    Kegiatan Penutup
a.    Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.    Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.    Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.

PERTEMUAN VIII
A.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, diskusi, life skills, dan penugasan, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.   Memahami kalimat yang menyatakan keterkaitan/sebab akibat, dalam berbagai konteks.
2.   Menanya antara lain perbedaan antar berbagai pernyataan keterkaitan/sebab akibat yang ada dalam bahasa Inggris.
3.    Menyatakan keterkaitan/sebab akibat bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
4.    Membandingkan pernyatakan keterkaitan/sebab akibat suatu kejadian/peristiwa yang telah 
      dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
5.   Menyatakan keterkaitan/sebab akibat suatu kejadian/peristiwa dengan bahasa Inggris, di 
   dalam dan di luar kelas.

B.       Materi Pembelajaran
Pernyataan keterkaitan/sebab akibat
C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Round Club
Metode                        :  Diskusi, observasi, dan penugasan.
D.       Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.    Media     : Microsoft PowerPoint unit 2 (Be Aware of Environment)  
   Buku English Skills for  the Future 1
2.    Alat        :  Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar.  
   Komputer dan Proyektor.
5.                                              3. Sumber  :  Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan Ilmu- 
     Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan  
                       lingkungan sekitar. 
E.       Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
1.      Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan 
    tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.      Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan  merespon ajakan melakukan suatu
    tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah     
    lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3.      Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan topik “pernyataan keterkaitan/sebab akibat”.
4.      Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5.      Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan 
     minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka  
     sesuai dengan minatnya.  

2.      Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati (Observing)
1)   Membaca teks yang menggunakan pernyataan keterkaitan/sebab akibat.
Menanya (Questioning)
1)      Memahami persamaan dan perbedaan pada pernyataan keterkaitan/sebab akibat
Pengumpulan data (Eksperimen/Exsplorasi)
1)   Mengumpulkan informasi mengenai teks yang menggunakan pernyataan keterkaitan/sebab akibat dengan berbagai konteks yang berbeda dari berbagai sumber yang akurat.
Mengasosiasi (Associating)
1)   Peserta didik mengasosiasikan materi yang telah dipelajarinya mengenai pernyataan keterkaitan/sebab akibat.
2)   Membandingkan teks yang menggunakan pernyataan keterkaitan/sebab akibat yang ada pada buku dengan teks yang peserta didik cari dari sumber lain
Mengomunikasikan (Communicating)
1)   Masing-masing kelompok membacakan kesimpulan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
2)   Memberikan penegasan pada materi yang harus dikuasai peserta didik dan meluruskan jika terjadi kesalahan konsep.

Task
Halaman
Kegiatan
1
87
Siswa diminta bekerja secara berpasangan. Siswa membaca teks Why Do Earthquakes Happen? dengan ucapan dan intonasi yang benar. Kemudian menjawab 5 pertanyaan.
2
88
Siswa diminta bekerja secara berpasangan. Siswa melengkapi teks rumpang pada Task 3 berdasarkan jawaban yang telah diberikan didalam kotak.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.
3
88-89
Siswa diminta bekerja secara berpasangan. Siswa melengkapi rumpang yang kosong dengan memilih linking words yang tepat dalam Task 4.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat
4
89
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa memberikan tanggapan dalam 4 situasi yang diberikan, siswa membuat kalimat-kalimat dengan berbagai cause-and effect linking words.
5
89-90
Siswa diminta menjadikan dua kalimat berbeda menjadi satu kalimat dengan menggunkan penghuibung sebab akibat.
English Project
90
Guru meminta siswa bekerja secara berpasangan. Siswa menyempurnakan kalimat dengan memilih cause-and effect linking words yang tepat.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.

3.    Kegiatan Penutup
a.    Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.    Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.    Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.

PERTEMUAN IX dan X
Pertemuan ini diisi dengan pengerjaan unit 2 review dan semester 1 review pada buku. Pertemuan ini juga dapat diisi dengan pengulangan materi unit 1 dan 2 yang telah dipelajari sebelumnya.

PENILAIAN
A.     Teknik dan Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti
Teknik
Bentuk Instrumen
Kompetensi III dan IV
·     Tes Unjuk Kerja
·      Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
·     Tes Tertulis
·      Tes Uraian, Pilihan ganda, tabel pengamatan, atau lembar kerja siswa.
·     Portofolio
·      Panduan Penyusunan Portofolio

B.     Contoh Instrumen
a.    Lembar Tes Unjuk Kerja
No
Aspek yang dimiliki
Ya
Tidak
Ket
1
Ketelitian mengamati lingkungan



2
Pemahaman akan konsep



3
Kecermatan dalam menghubungkan teori dengan kenyataan dilapangan.



4
Keterampilan mempresentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian dengan cara yang menarik



5
Mampu mengajukan permasalahan (Pertanyaan, ide, gagasan, dan argumentasi)



6
Mampu menyajikan penyelesaian dari Suatu permasalahan




Petunjuk Penyekoran :
Siswa memperoleh nilai :
Baik         :    apabila terdapat  5 – 6 jawaban YA
Cukup      :    apabila terdapat  3 – 4 jawaban YA
Kurang     :    apabila terdapat  1 – 2 jawaban YA
c.       Lembar Tes Tertulis
1.    How do you expressed your sympathy?
2.    When do you usually express your sympathy?
3.    Is it important to express your sympathy?
4.    How did you feel by expressing your sympathy?
5.    To whom do you express it?



















d.      Lembar Portofolio
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Keterangan:
·         Pengorganisasian pembelajaran pada suatu pertemuan mengacu pada pembelajaran di dalam silabus.
·         Bisa juga, pengorganisasian pembelajaran dibantu dengan “jadwal matapelajaran” sesuai struktur kurikulum SMA, dengan catatan:
o  Alokasi waktu untuk setiap matapelajaran dalam “jadwal matapelajaran” tersebut relatif fleksibel, disesuaikan dengan tema/sub tema dan kompleksitas kompetensi yang dibelajarkan.
o  Kegiatan Pembelajaran harus mencakup pembelajaran dalam silabus.
o  Contoh RPP ini tidak mencakup seluruh pertemuan.

                       
                                                                                                        Tanjung Raja,    Juli  2018
                 Mengetahui                                                                     Guru Mapel
                 Kepala SMAN 1                                                            
)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar