RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
UNIT 2 BE
AWARE OF ENVIRONMENT
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 1
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : X/
1
Alokasi Waktu : 20 x 45 menit
KOMPETENSI INTI
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif, dan menunjukkan sikap sebagai
bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, dan prosedural
berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora
dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
||||||||||||||
3.3
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan simpati, serta responsnya,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.10
Menganalisis fungsi sosial, stuktur
teks, dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang
keterkaitan sebab akibat, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.11 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur
kebahasaan dari teks explanation tentang gejala alam sesuai dengan
konteks pembelajaran lain di Kelas X
|
·
Menyatakan
keterkaitan/sebab akibat suatu kejadian/peristiwa dengan bahasa Inggris, di
dalam dan di luar kelas.
|
PERTEMUAN
I
A. Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan
ceramah, observasi, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan
mampu:
1. memahami macam
teks explanation tentang gejala alam dari berbagai sumber.
2. memahami fungsi
sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks explanation.
3. Menyampaikan
catatan (Note Taking) saat membaca.
B. Materi
Pembelajaran
Teks explanation
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan
umum : Scientific
Strategi pembelajaran : Pembelajaran cooperative learning
Metode : Diskusi, dan observasi
D. Sumber/
Bahan/ Alat Belajar
1. Media : Microsoft PowerPoint unit 2 (Be Aware of Environment)
Buku English Skills for the Future 1
2.
Alat : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan
belajar. Komputer dan Proyektor.
3. Sumber :Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA
Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal),
internet, dan lingkungan sekitar.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
1.
Sebelum
pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema
dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.
Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu
tindakan
agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah
lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3.
Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dengan topik “teks explanation”.
4.
Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5. Guru
menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan minatnya,
dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai
dengan minatnya.
2. Kegiatan
Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode
pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengobservasi
(Observing)
1)
Mengamati
gambar berbagai peristiwa alam dan menganalisis teks yang digunakan.
2)
Memahami
dan menjawab pertanyaan pada teks explanation
yang disediakan atau dari berbagai sumber lainnya.
Task
|
Halaman
|
Kegiatan
|
1
|
57
|
Siswa
diminta berdiskusi secara klasikal tentang gejala-gejala alam, peristiwa-
yang terjadi secara alamiah dan peristiwa yang terjadi yang diakibatkan ulah
manusia. Siswa menjawab 5 pertanyaan Task 1.
|
2
|
57
|
Guru
menunjukkan gambar-gambar tentang gejala alam siswa memasangkan gambar-gambar
dengan deskripsi yang benar.
|
3
|
58
|
Guru
membaca teks Why Floods Occur, siswa menyimak guru.
|
4
|
58-59
|
Siswa
menyimak teks Why Flood Occur yang dibacakan guru dan menjawab setelah
pertanyaan selesai dibacakan dengan memilih jawaban a,b,c, atau d.
|
5
|
59
|
Siswa
mengamati gambar beberapa jenis banjir, kemudian memasangkan gambar tersebut
dengan deskripsi yang tepat.
|
6
|
60
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan, siswa membaca teks How do Strawberry
Plants Reproduce? Siswa memperhatikan text structure dan language
features dari teks tersebut.
|
7
|
61
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan. Siswa membaca teks How do Strawberry
Plants Reproduce? Siswa menjawab 5 pertanyaan pada Task 7.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.
|
8
|
61
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan. Siswa membaca teks How do Strawberry
Plants Reproduce? Siswa melakukan scanning dan skimming dengan
menjawab 8 pertanyaan dalam Task 8.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.
|
3. Kegiatan
Penutup
a. Mendorong siswa untuk
melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
b. Guru mengajukan beberapa
pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah
disampaikan.
c. Mengingatkan siswa untuk
bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam
dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d. Memberikan penghargaan
(pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja
baik.
PERTEMUAN
II
A. Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan
ceramah, observasi, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan
mampu:
1.
Memahami
fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks explanation.
2.
Menganalisis
teks explanation yang ditulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur,
dan unsur kebahasaan.
B. Materi
Pembelajaran
Teks explanation
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan
umum : Scientific
Strategi pembelajaran : Pembelajaran cooperative learning
Metode : Diskusi,
picture to picture, dan penugasan
D. Sumber/
Bahan/ Alat Belajar
1. Media : Microsoft PowerPoint unit 2 (Be Aware of Environment)
Buku English
Skills for the Future 1
2.
Alat : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang
kegiatan belajar.
Komputer dan Proyektor.
3.
Sumber : Buku
English Skills for the Future 1
untuk Kelas X SMA/MA Peminatan Ilmu-
Ilmu Bahasa dan
Budaya, literatur
ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan
lingkungan sekitar.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
1.
Sebelum
pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema
dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.
Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu
tindakan
agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah
lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3.
Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dengan topik “teks explanation”.
4.
Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5. Guru
menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan minatnya,
dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai
dengan minatnya.
2. Kegiatan
Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode
pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Menanya
(Questioning)
1)
Peserta
didik menjawab pertanyaan dari teks yang telah disediakan.
2)
Memahami gambar tanpa teks dan menjawab
pertanyaan berdasarkan gambar tersebut.
Pengumpulan
data (Eksperimen/Exsplorasi)
1)
Membaca
teks explanation dengan intonasi yang benar.
2)
Menambahkan
informasi yang didapatkan dari media lain seperti buku atau internet.
Task
|
Halaman
|
Kegiatan
|
9
|
62
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan. Siswa membaca teks Recycling Glass
Bottles kemudian menjawab 8 pertanyaan dalam Task 9 tersebut.
|
10
|
63
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan, siswa mengamati gambar hati terlebih
dahulu sebelum menjawab 3 pertanyaan di Task 10 tersebut.
|
11
|
63
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan. Siswa menyusun ulang 7 kalimat yang
tersusun acak dalam Task 11 untuk kemudian disusun kembali.
|
12
|
64
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan. Siswa membaca teks How is Wind Made?
Dengan ucapan dan intonasi yang benar.
|
13
|
65
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan. Siswa memasangkan kosa kata dengan makna
yang tepat. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi
teman sejawat.
|
14
|
66
|
Siswa
diminta melengkapi kalimat dengan kosa kata yang tepat dari kosa kata dalam
Task 14.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.
|
15
|
66
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan. Siswa melengkapi rumpang dalam teks How
to Fly Hot Air Balloon dengan kosa kata yang tepat dalam kotak. Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat
|
16
|
68
|
Siswa
diminta mengingat kembali pemahaman mereka tentang penggunaan bentuk Passive
Voice dengan membaca enrichment mengenai Passive Voice.
Siswa mengerjakan 5 soal pada Task 16.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.
|
17
|
69
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan. Siswa mengulang pemahaman mereka tentang
penggunaan bentuk passive voice dengan membaca enrichment mengenai
passive voice. Siswa melengkapi rumpang yang kosong dengan bentuk passive
voice yang benar.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.
|
3. Kegiatan
Penutup
a. Mendorong siswa untuk
melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
b. Guru mengajukan beberapa
pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah
disampaikan.
c. Mengingatkan siswa untuk
bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam
dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d. Memberikan penghargaan
(pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja
baik.
PERTEMUAN
III
A. Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan
ceramah, observasi, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan
mampu:
1.
Menganalisis
teks explanation yang ditulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur,
dan unsur kebahasaan.
2.
Mengoreksi
paragraf tidak beraturan yang terdapat pada teks explanation.
B. Materi
Pembelajaran
Text explanation
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan
umum : Scientific
Strategi pembelajaran : Pembelajaran Group
Investigation
Metode : Diskusi
dan penugasan
D. Sumber/
Bahan/ Alat Belajar
1. Media : Microsoft PowerPoint unit 2 (Be Aware of Environment)
Buku English
Skills for the Future 1
2.
Alat : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang
kegiatan belajar.
Komputer dan Proyektor.
4.
Sumber : Buku
English Skills for the Future 1
untuk Kelas X SMA/MA Peminatan Ilmu-
Ilmu Bahasa dan
Budaya, literatur
ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan
lingkungan sekitar.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
1.
Sebelum
pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan
tema dan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dalam materi pelajaran.
2.
Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu
tindakan agar dapat mengembangkan sikap
jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah
lingkungan melalui observasi
teks/dialog.
3.
Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dengan topik “teks explanation”.
4.
Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5.
Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah
mereka ingin meningkatkan
minatnya,
dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka
sesuai
dengan minatnya.
2.
Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode
pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Pengumpulan data (Eksperimen/Exsplorasi)
1)
Membaca
teks explanation dengan intonasi yang benar.
2)
Menambahkan
informasi yang didapatkan dari media lain seperti buku atau internet.
Mengasosiasi (Associating)
1)
Secara
berkelompok, menganalisis teks explanation yang berfokus pada fungsi sosial,
struktur dan elemen bahasa
Task
|
Halaman
|
Kegiatan
|
18
|
70
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan. Siswa merefresh pemahaman mereka tentang
penggunaan bentuk passive voice dengan membaca enrichment mengenai
passive voice. Siswa melengkapi teks Life Cycle of Butterflies and
Moths pada rumpang yang kosong dengan bentuk passive yang benar.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.
|
19
|
71
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan. Siswa memasangkan kosa kata dengan makna
yang benar pada Task 19. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
melakukan koreksi teman sejawat.
|
20
|
71
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan, siswa melengkapi rumpang dengan kosa kata
dari Task 20.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.
|
21
|
72
|
Siswa memilih 5 kata dari task
19 dan membuat kalimat dari kata-kata tersebut.
|
22
|
72
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan. Siswa membaca teks How Venus Eclipse
Happens dengan ucapan dan intonasi yang benar.
|
23
|
73
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan. Siswa menjawab pertanyaan
|
24
|
73
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan. Siswa melengkapi rumpang pada teks How
Does Snow Form? dengan phrase yang tepat.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.
|
25
|
75
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan, siswa menulis ulang teks How Does Snow
Form? Pada Task 25 dengan urutan paragraf yang benar.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.
|
3.
Kegiatan Penutup
a. Mendorong siswa untuk
melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
b. Guru mengajukan beberapa
pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah
disampaikan.
c. Mengingatkan siswa untuk
bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam
dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d. Memberikan penghargaan
(pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja
baik.
PERTEMUAN
IV
A. Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan
ceramah, observasi, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan
mampu:
1.
Menyampaikan
catatan (Note Taking) saat membaca.
2.
Mrngomunikasikannya
kembali dengan menampilkan hasil karyanya pada majalah dinding di sekolah.
B. Materi
Pembelajaran
teks explanation
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan
umum : Scientific
Strategi pembelajaran : Pembelajaran Group
Investigation
Metode : Diskusi
D. Sumber/
Bahan/ Alat Belajar
1. Media : Microsoft PowerPoint unit 2 (Be Aware of Environment)
Buku English
Skills for the Future 1
2.
Alat : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang
kegiatan belajar.
Komputer dan Proyektor.
3. Sumber : Buku English Skills for the Future 1
untuk Kelas X SMA/MA Peminatan Ilmu-
Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau
jurnal), internet, dan
lingkungan sekitar.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
1.
Sebelum
pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan
tema
dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.
Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu
tindakan agar dapat mengembangkan sikap
jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah
lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3.
Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dengan topik “teks explanation”.
4.
Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5. Guru
menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan
minatnya,
dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka
sesuai
dengan minatnya.
2.
Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode
pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengomunikasikan
(Communicating)
1)
Peserta
didik mengoreksi hasil kerjanya dan teman sejawatnya dengan mengisi tabel yang ada pada buku.
2)
Pesrta
didik mengerjakan english project pada buku dan menampilkan hasilnya pada
majalah dinding sekolah.
Task
|
Halaman
|
Kegiatan
|
26
|
75-76
|
Siswa diminta
mengevaluasi tugas Task 25 yang dilakukan teman sejawatnya
|
English Project
|
76
|
Siswa
diminta bekerja dalam kelompok berjumlah empat. Siswa mengidentifikasi
element teks explanation. Kemudian membuat sebuah teks How Cities
Get Flood berdasarkan petunjuk yang telah diberikan.
|
27
|
77-78
|
Siswa
diminta membaca dan menyanyikan lirik lagu Heal the World lalu
menjawab pertanyaan tentang isi lagu dengan tepat.
|
3. Kegiatan
Penutup
a. Mendorong siswa untuk
melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
b. Guru mengajukan beberapa
pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah
disampaikan.
c. Mengingatkan siswa untuk
bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam
dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d. Memberikan penghargaan
(pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja
baik.
PERTEMUAN
V
A. Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan
ceramah, observasi, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan
mampu:
1.
Melakukan interaksi dengan menggunakan ungkapan
simpati.
|
2.
Mempertanyakan antara
lain perbedaan antar berbagai ungkapan simpati dalam bahasa Inggris perbedaan
ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan
ungkapan lain, dsb
|
B. Materi
Pembelajaran
Ungkapan simpati
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan
umum : Scientific
Strategi pembelajaran : Pembelajaran Skrip
Kooperatif
Metode : Ceramah, diskusi, dan observasi
D. Sumber/
Bahan/ Alat Belajar
1. Media : Microsoft PowerPoint unit 2 (Be Aware of Environment)
Buku English
Skills for the Future 1
2.
Alat : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang
kegiatan belajar.
Komputer dan Proyektor.
3.
Sumber : Buku
English Skills for the Future 1
untuk Kelas X SMA/MA Peminatan Ilmu-
Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau
jurnal), internet, dan
lingkungan sekitar.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
1.
Sebelum
pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan
tema dan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dalam materi pelajaran.
2.
Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu
tindakan agar dapat mengembangkan sikap
jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah
lingkungan melalui observasi
teks/dialog.
3.
Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dengan topik “ungkapan simpati”.
4.
Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5. Guru
menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan
minatnya, dan bagaimana
usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka
sesuai dengan minatnya.
2.
Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode
pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
(Observing)
1)
Membaca
teks percakapan dan mengidentifikasi ungkapan simpati yang digunakan.
2)
Mengamati
kartu ucapan yang terdapat ungkapan simpati didalamnya.
Menanya
(Questioning)
1)
Peserta
didik membuat kelompok dengan teman sebangkunya (berpasangan).
2)
Secara
berpasangan mendiskusikan mengenai ungkapan simpati yang sering digunakan dan
cara mengungkapkannya secara formal dan informal.
Task
|
Halaman
|
Kegiatan
|
1
|
80
|
Siswa
diminta bekerja dalam kelompok Siswa menjawab 3 pertanyaan pada Task 1
berdasarkan pengetahuan dan pengalamannya.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.
|
2
|
80
|
Siswa
diminta bekerja dalam kelompok berjumlah empat. Siswa membaca dengan ucapan
dan intonasi yang benar the sympathy card.
|
3
|
80-81
|
Guru
meminta siswa bekerja secara berpasangan. Siswa membaca dialog terlebih
dahulu, mencari kalimat tanya dan ungkapan sympathy pada percakapan
tersebut.
|
4
|
81
|
Siswa diminta bekerja
berpasangan kemudian mendiskusikan pertanyaan pada task 4
|
3. Kegiatan
Penutup
a. Mendorong siswa untuk
melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
b. Guru mengajukan beberapa
pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah
disampaikan.
c. Mengingatkan siswa untuk
bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam
dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d. Memberikan penghargaan
(pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja
baik.
PERTEMUAN
VI
A. Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, diskusi, dan life
skills, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Mengucapkan ungkapan simpati dengan bahasa Inggris dalam
konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
B. Materi
Pembelajaran
Ungkapan simpati
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan
umum : Scientific
Strategi pembelajaran : Pembelajaran Skrip
Kooperatif
Metode : diskusi,
dan life skills
D. Sumber/
Bahan/ Alat Belajar
1. Media : Microsoft PowerPoint unit 2 (Be Aware of Environment)
Buku English
Skills for the Future 1
2.
Alat : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan
belajar.
Komputer dan Proyektor.
3.
Sumber : Buku
English Skills for the Future 1
untuk Kelas X SMA/MA Peminatan Ilmu-
Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau
jurnal), internet, dan
lingkungan sekitar.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
1.
Sebelum
pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan
tema dan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dalam materi pelajaran.
2.
Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu
tindakan agar dapat mengembangkan sikap
jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah
lingkungan melalui observasi
teks/dialog.
3.
Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dengan topik “ungkapan simpati”.
4.
Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5. Guru
menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan
minatnya, dan bagaimana
usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka
sesuai dengan minatnya.
2.
Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode
pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Pengumpulan
data (Eksperimen/Exsplorasi)
1)
Melakukan
roleplay percakapan dengan teman
sejawat, untuk kemudian menelaah ungkapan simpati yang terdapat dalam
percakapan tersebut.
2)
Menambahkan
informasi yang didapatkannya dari media lain seperti buku atau internet.
Task
|
Halaman
|
Kegiatan
|
5
|
82
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan dan membaca percakapan di depan kelas.
|
6
|
82
|
Guru
meminta siswa mengerjakan Task 6 dan menjawab 5 pertanyaan pada Task 6.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.
|
7
|
82
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan dan membaca percakapan di depan kelas.
|
8
|
83
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan dan menjawab beberapa pertanyaan
berdasarkan dialog pada Task 7.
|
3. Kegiatan
Penutup
a. Mendorong siswa untuk
melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
b. Guru mengajukan beberapa
pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah
disampaikan.
c. Mengingatkan siswa untuk bersyukur
atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan
bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d. Memberikan penghargaan
(pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja
baik.
PERTEMUAN
VII
A. Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, diskusi, life skills, dan penugasan,
setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Membandingkan
ungkapan simpati yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber
lain.
|
2.
Mengucapkan ungkapan
simpati dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
|
B. Materi
Pembelajaran
Ungkapan simpati
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan
umum : Scientific
Strategi pembelajaran : Pembelajaran Group
Investigation
Metode : Diskusi dan observasi
D. Sumber/
Bahan/ Alat Belajar
1. Media : Microsoft PowerPoint unit 2 (Be Aware of Environment)
Buku English
Skills for the Future 1
2. Alat :
Video
atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar.
Komputer dan Proyektor.
4.
3. Sumber : Buku
English Skills for the Future 1
untuk Kelas X SMA/MA Peminatan Ilmu-
Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau
jurnal), internet, dan
lingkungan sekitar.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
1.
Sebelum
pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan
tema dan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dalam materi pelajaran.
2.
Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu
tindakan agar dapat mengembangkan sikap
jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah
lingkungan melalui observasi
teks/dialog.
3.
Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dengan topik “ungkapan simpati”.
4.
Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5. Guru
menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan
minatnya, dan bagaimana
usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka
sesuai dengan minatnya.
2.
Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode
pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengasosiasi
(Associating)
1)
Mencatat
informasi baru yang didapatkan di pencarian informasi tambahan tentang ungkapan
simpati yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari.
2)
Bekerja
secara berkelompuk untuk bersama-sama membahas mengenai ungkapan
balasan apa yang digunakan ketika seseorang
menggunakan ungkapan simpati.
Mengomunikasikan
(Communicating)
1)
Masing-masing
kelompok membacakan kesimpulan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
2)
Memberikan
penegasan pada materi yang harus dikuasai peserta didik dan meluruskan jika
terjadi kesalahan konsep.
Task
|
Halaman
|
Kegiatan
|
9
|
83
|
Guru
meminta siswa bekerja secara berpasangan. Siswa mencari ungkapan sympathy
dari berbagai sumber lain kemudian menuliskannya dalam kolom Task 9, serta
konteks menyebutkannya.
|
10
|
84
|
Siswa
diminta untuk memanangkan ungkapan simpati dengan respons yang dianggap
paling tepat.
|
11
|
85
|
Siswa
diminta untuk mengungkapakn ekspresi simpati dalam konteks yang telah
diberikan.
|
12
|
85
|
Guru
meminta siswa bekerja secara berpasangan. Siswa diminta untuk melengkapi
dialog pada Task 12 dengan menggunakan ungkapan sympathy yang telah
dicari sebelumnya pada Task 9.
|
3. Kegiatan
Penutup
a. Mendorong siswa untuk
melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
b. Guru mengajukan beberapa
pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah
disampaikan.
c. Mengingatkan siswa untuk
bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam
dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d. Memberikan penghargaan
(pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja
baik.
PERTEMUAN
VIII
A. Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, diskusi, life skills, dan penugasan,
setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Memahami kalimat yang menyatakan keterkaitan/sebab akibat, dalam
berbagai konteks.
|
2.
Menanya antara lain perbedaan antar berbagai pernyataan
keterkaitan/sebab akibat yang ada dalam bahasa Inggris.
|
3.
Menyatakan keterkaitan/sebab akibat bahasa Inggris dalam konteks
simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
|
4.
Membandingkan pernyatakan keterkaitan/sebab akibat suatu
kejadian/peristiwa yang telah
dipelajari dengan
ungkapan-ungkapan lainnya.
|
5. Menyatakan
keterkaitan/sebab akibat suatu kejadian/peristiwa dengan bahasa Inggris,
di
dalam dan di luar kelas.
B. Materi
Pembelajaran
Pernyataan
keterkaitan/sebab akibat
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan
umum : Scientific
Strategi pembelajaran : Pembelajaran Round
Club
Metode : Diskusi,
observasi, dan penugasan.
D. Sumber/
Bahan/ Alat Belajar
1. Media : Microsoft PowerPoint unit 2 (Be Aware of Environment)
Buku English
Skills for the Future 1
2. Alat :
Video
atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar.
Komputer dan Proyektor.
5.
3. Sumber : Buku
English Skills for the Future 1
untuk Kelas X SMA/MA Peminatan Ilmu-
Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau
jurnal), internet, dan
lingkungan sekitar.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
1.
Sebelum
pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan
tema dan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dalam materi pelajaran.
2.
Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu
tindakan agar dapat mengembangkan sikap
jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah
lingkungan melalui observasi
teks/dialog.
3.
Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dengan topik “pernyataan keterkaitan/sebab
akibat”.
4.
Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5. Guru
menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan
minatnya, dan bagaimana
usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka
sesuai dengan minatnya.
2.
Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran.
Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
(Observing)
1)
Membaca
teks yang menggunakan pernyataan keterkaitan/sebab akibat.
Menanya
(Questioning)
1)
Memahami
persamaan dan perbedaan pada pernyataan keterkaitan/sebab akibat
Pengumpulan
data (Eksperimen/Exsplorasi)
1)
Mengumpulkan
informasi mengenai teks yang menggunakan pernyataan keterkaitan/sebab akibat
dengan berbagai konteks yang berbeda dari berbagai sumber yang akurat.
Mengasosiasi
(Associating)
1)
Peserta
didik mengasosiasikan materi yang telah dipelajarinya mengenai pernyataan
keterkaitan/sebab akibat.
2)
Membandingkan
teks yang menggunakan pernyataan keterkaitan/sebab akibat yang ada pada buku
dengan teks yang peserta didik cari dari sumber lain
Mengomunikasikan (Communicating)
1)
Masing-masing
kelompok membacakan kesimpulan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
2)
Memberikan
penegasan pada materi yang harus dikuasai peserta didik dan meluruskan jika
terjadi kesalahan konsep.
Task
|
Halaman
|
Kegiatan
|
1
|
87
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan. Siswa membaca teks Why Do Earthquakes Happen? dengan ucapan dan intonasi yang benar.
Kemudian menjawab 5 pertanyaan.
|
2
|
88
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan. Siswa melengkapi teks rumpang pada Task 3
berdasarkan jawaban yang telah diberikan didalam kotak.
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.
|
3
|
88-89
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan. Siswa melengkapi rumpang yang kosong
dengan memilih linking words yang tepat dalam Task 4.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat
|
4
|
89
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan, siswa memberikan tanggapan dalam 4
situasi yang diberikan, siswa membuat kalimat-kalimat dengan berbagai cause-and
effect linking words.
|
5
|
89-90
|
Siswa
diminta menjadikan dua kalimat berbeda menjadi satu kalimat dengan menggunkan
penghuibung sebab akibat.
|
English Project
|
90
|
Guru
meminta siswa bekerja secara berpasangan. Siswa menyempurnakan kalimat dengan
memilih cause-and effect linking words yang tepat.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan koreksi teman sejawat.
|
3. Kegiatan
Penutup
a. Mendorong siswa untuk
melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
b. Guru mengajukan beberapa
pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah
disampaikan.
c. Mengingatkan siswa untuk
bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam
dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d. Memberikan penghargaan
(pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja
baik.
PERTEMUAN
IX dan X
Pertemuan ini diisi dengan
pengerjaan unit 2 review dan semester 1 review pada buku. Pertemuan ini juga
dapat diisi dengan pengulangan materi unit 1 dan 2 yang telah dipelajari
sebelumnya.
PENILAIAN
A.
Teknik dan Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Kompetensi III dan IV
|
· Tes Unjuk Kerja
|
· Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
|
· Tes Tertulis
|
· Tes Uraian, Pilihan ganda, tabel pengamatan,
atau lembar kerja siswa.
|
|
· Portofolio
|
· Panduan Penyusunan Portofolio
|
B. Contoh
Instrumen
a.
Lembar Tes Unjuk Kerja
No
|
Aspek yang dimiliki
|
Ya
|
Tidak
|
Ket
|
1
|
Ketelitian mengamati lingkungan
|
|||
2
|
Pemahaman akan konsep
|
|||
3
|
Kecermatan dalam menghubungkan teori dengan kenyataan
dilapangan.
|
|||
4
|
Keterampilan
mempresentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian dengan cara yang
menarik
|
|||
5
|
Mampu mengajukan
permasalahan (Pertanyaan, ide, gagasan, dan argumentasi)
|
|||
6
|
Mampu menyajikan
penyelesaian dari Suatu permasalahan
|
Petunjuk Penyekoran :
Siswa memperoleh nilai :
Baik : apabila terdapat 5 – 6 jawaban YA
Cukup : apabila terdapat 3 – 4 jawaban YA
Kurang : apabila terdapat 1 – 2 jawaban YA
c.
Lembar Tes Tertulis
1.
How
do you expressed your sympathy?
2.
When
do you usually express your sympathy?
3.
Is
it important to express your sympathy?
4.
How
did you feel by expressing your sympathy?
5.
To
whom do you express it?
d.
Lembar Portofolio
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Keterangan:
·
Pengorganisasian pembelajaran pada suatu pertemuan mengacu
pada pembelajaran di dalam silabus.
·
Bisa juga, pengorganisasian pembelajaran dibantu dengan
“jadwal matapelajaran” sesuai struktur kurikulum SMA, dengan catatan:
o Alokasi waktu untuk setiap
matapelajaran dalam “jadwal matapelajaran” tersebut relatif fleksibel,
disesuaikan dengan tema/sub tema dan kompleksitas kompetensi yang dibelajarkan.
o Kegiatan Pembelajaran
harus mencakup pembelajaran dalam silabus.
o Contoh RPP ini tidak
mencakup seluruh pertemuan.
Tanjung
Raja, Juli 2018
Mengetahui Guru
Mapel
Kepala
SMAN 1
)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar