Entri yang Diunggulkan

rpp k 13 bahasa inggris lintas minat untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan .kelas x

< !--[if !mso]> RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah         : SMA Negeri ......... Kelas/Semester        : X/2...

Senin, 11 Maret 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN K 13 BAHASA INGGRIS LINTAS MINAT KELAS X ( Menyatakan keterkaitan/sebab akibat )

< !--[if !mso]>
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                   : SMA Negeri .................
Kelas/Semester                  :  X/2
Mata Pelajaran                   : Bahasa dan Sastra Inggris/Peminatan
Sub Materi Pokok              : Menyatakan keterkaitan/sebab akibat
Alokasi Waktu                   : 3 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti

 KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu mengguanakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar

1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2.Menghargai perilaku jujur, disiplin, percaya diri dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.9.Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan untuk menyatakan keterkaitan/sebab akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.11.Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan/sebab akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.

C.    Indikator

(Sikap spiritual)
1.      Menunjukkan semangat mengikuti pembelajaran
2.      Menunjukkan keseriusan mengikuti pembelajaran

(Sikap sosial)
2.1.1. Menunjukkan perilaku santun dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman
2.1.2.  Menunjukkan perilaku peduli dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman

(Pengetahuan)
3.3.1.  Mengidentifikasi ciri-ciri pesan yang berisi contoh-contoh menyatakan keterkaitan/sebab akibat (fungsi struktur teks, dan unsur kebahasaan)
3.3.2.  Membandingkan perbedaan antar berbagai  pesan yang menyatakan dan menanyakan keterkaitan/sebab akibat, dalam bahasa Inggris, perbedaan yang ada dalam bahasa Indonesia
3.3.3.  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks pesan yangmenyatakan dan menanyakan keterkaitan/sebab akibat

(Penerapan)
4.4.1.  Mencocokkan pernyataan tentangketerkaitan/sebab akibat

D.    Tujuan Pembelajaran

(Sikap Spiritual)
3.                     Siswa dapat menunjukkan semangat mengikuti pembelajaran
4.                     Siswa dapat menunjukkan keseriusan mengikuti pembelajaran

(Sikap sosial)
2.1.1.  Siswa dapat menunjukkan perilaku santun dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman
2.1.1.  Siswa dapat menunjukkan perilaku peduli dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman

(Pengetahuan)
3.3.1.  Siswa dapat engidentifikasi ciri-ciri pesan yang berisi contoh-contoh menyatakan dan menanyakan keterkaitan/sebab akibat (fungsi struktur teks, dan unsur kebahasaan)
3.3.2.  Siswa dapat membandingkan perbedaan antar berbagai  pesan yang menyatakan dan menanyakan keterkaitan/sebab akibat, dalam bahasa Inggris, perbedaan yang ada dalam bahasa Indonesia
3.3.3.  Siswa dapat menganalisis fungsi sosial, struktur teks pesan yangmenyatakan dan menanyakan keterkaitan/sebab akibat

(Penerapan)
4.4.1.  Siswa dapat mencocokkan pernyataan tentangketerkaitan/sebab akibat

E.     Materi Pokok

1.      Teks lisan dan tulis untukuntuk menyatakanketerkaitan/sebab akibat sesuai dengan konteks penggunaannya
2.      Fungsi sosial : Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain
3.      Struktur teks : Farid didn’t go to school because of the rain. Jehan can speak English well due to learning contextually. Please say thank to your manager.
4. Unsur kebahasaan :
1.      Kata penghubung sebab akibat (cause & effect) (Because of...., due to.., thanks to...)
2.      Tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi
3.      ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang rapi

F.     Model Pembelajaran
  1. Pendekatan     : Scientific approach
  2. Strategi    : Menyimak, diskusi kelompok, penugasan

G.    Sumber/Media Pembelajaran
1.      Sumber: internet,print out materi
2.      Media: White board, board marker, suara guru

H.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan

  • Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English Environment dapat langsung tercipta di pertemuan pertama.
  • Guru dapat menggunakan kaliamat “Good morning, class”.
  • Pastikan peserta didik merespon dengan menjawab kembali “Good morning, Sir/Mam/Miss”.
  • Jika memungkinkan, guru dapat bertanyake beberapa anak secara individual untukmemastikan bahwa peserta didik dapat merespon perkataan guru.

10 menit
Inti
Mengamati
·         Siswa mendengarkan dan membaca pernyataan keterkaitan/sebab akibat, dalam berbagai konteks.
·         Siswa mengikuti interaksi tentang pernyataan keterkaitan/sebab akibat selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
·         Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan keterkaitan/sebab akibat.
·         Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri pernyataan keterkaitan/sebab akibat (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).

Mempertanyakan
·         Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai pernyataan keterkaitan/sebab akibat yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan kalimat dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.

Mengeksplorasi
·         Siswa menyatakan keterkaitan/sebab akibat bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
·         Siswa berusaha menyatakan keterkaitan/sebab akibat dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.

Mengasosiasi
·         Siswa membandingkan pernyataan keterkaitan/sebab akibat yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
·         Siswa membandingkan antara pernyataan keterkaitan/sebab akibat dalam bahasa Inggris dengan bahasa ibu atau bahasa Indonesia.

Mengkomunikasikan
·         Siswa menyatakan keterkaitan/sebab akibat, di dalam dan di luar kelas.
·         Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan keterkaitan/sebab akibat dalam jurnal belajarnya.











30 menit
Penutup
·         Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, siswa ditanya bagaimana perasaannya (REFLEKSI).
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik tentangmenyatakan keterkaitan/sebab akibat.
·         Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
·         Siswa diberi tugas kelompok untuk pembelajaran minggu depan untuk penilaian projek.
5 menit









I.       Penilaian

RUBRIK PENILAIAN SPEAKING

Name :................                     Class/Number :..........
Name :................                    Class/Number :..........
KKM :................

No
Criteria to be assessed
Low performance
Good performance
Very good performance
Score
1
Pronounciation
Too many mistakes
With some mistakes
Perfect pronounciation

2
Intonation
Monotonous
Begins to vary the intonation
Accurate intonation

3
Grammar
Too many mistakes
With some mistakes
No mistakes in grammar

4
Content
Plain/simple
Begins to add some information
Add more personal information




Total score


                    3x100+1 x= skor siswa
Final score = total score : 4           
























PETUNJUK PENILAIAN WRITING:

Format Penilaian  :

No

Nama
Rentang Skor

Structure of  Text
Text Managements
Accuracy
Coherences (Relationship of ideas )
Jumlah
Nilai
0 – 4
0 – 4
0 – 4
0 – 4










●   Nilai  = Jml. Skor   X  100
                             16


Pensekoran untuk test

Jawaban nilai benar: 1
Jawaban nilai salah: 0
Nilai: Skor yang diperoleh X 100
         Skor maksimal 
Afektif
 Lembar Pengamatan Sikap Peserta didik

No

                       Indikator  Sikap.

Nama Peserta didik.
Cermatmelakukantugas
Aktifmenjawabpertanyaan
Santunmenggunakan b. Inggris
Bertanggungjawabdanmenghargai orang lain dalamdiskusi
Kedisiplinandalamtugas
Nilai rata-rata (kualitatif/huruf).
1







2







3







4







Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d. 5
1 = Sangat Kurang          3 = Cukup        5 = Amat Baik
2 = Kurang                      4 = Baik



Mengetahui                                Indralaya, ……            2016
Kepala SMAN                           Guru Mata Pelajaran



           
Hubungan
Subordinate Conjunction
Contoh Kalimat Subordinate Conjunction
Cause & Effect
(sebab akibat)
As
(karena),
because
(karena),
since
(karena),
so/so that
(sehingga)
Since Yunika had free time during last holiday, she rearranged her house.
(Karena Yunika punya waktu luang selama liburan lalu, dia menata ulang rumahnya.)
Many animals died because the dry season was very extreme.
(Banyak binatang mati karena musim kering sangat ekstrim.)
Palestine is in war, so many Palestinian children have been killed.
(Palestina sedang dalam peperangan, sehingga banyak anak-anak Palestina terbunuh.)
Purpose
(tujuan)
in order that
(agar),
so that
(agar)
She cooks by herself so that her family gets the best nutrition.
(Dia memasak sendiri agar keluarganya mendapatkan gizi terbaik.)
He drove fast in order that he could arrived on time.
(Dia mengemudi dengan cepat agar dia dapat tiba tepat waktu.)
Condition
(syarat)
as long as
(jika, dengan syarat),
if
(jika, dengan syarat),
only if
(hanya jika),
otherwise
(jika tidak),
or else
(jika tidak),
provided /providing (that)
(jika, dengan syarat),
supposing
(asumsikan, anggap),
unless
(jika tidak)
She’ll come to my party only if you accompany her.
(Dia akan datang ke pesta saya hanya jika kamu menemaninya.)
As long as you follow the traffic regulation, you won’t be ticketed.
(Jika kamu mengikuti peraturan lalu lintas, kamu tidak akan ditilang.)
The party would be completely fun, providing the woman were not angry with the poor waitress.
(Pesta itu akan sangat menyenangkan jika wanita tersebut tidak marah dengan pelayan yang malang.)
Supposing you’re accepted, what would you do?
(Anggap kamu diterima, apa yang akan kamu lakukan?)
Unless TV viewers gave her donations, she would not be able to buy gold, rice field, and house.
(Jika pemirsa TV tidak memberikan dia sumbangan, dia tidak akan dapat membeli emas, sawah, dan rumah.)
If you do not sleep enough, you will be hard to study at school.
(Jika kamu tidak cukup tidur, kamu akan sulit belajar di sekolah.)
Do not forget to bring your boots, otherwise your feets will probably blister.
(Jangan lupa untuk membawa sepatu bot-mu, jika tidak kakimu mungkin akan lecet.)
Manner
(cara)
as if
(seperti),
as though
(seperti),
how
(bagaimana),
the way
(cara)
I wonder how I learnt grammar uneffectively for almost fifteen years.
(Saya membayangkan bagaimana saya mempelajari grammar dengan tidak efektif selama hampir lima belas tahun.)
We sometimes do not realize the way God help us.
(Kita kadang tidak menyadari cara Tuhan menolong kita.)
The man drove as if he was an F-1 racer.
(Pria itu mengemudi seakan-akan dia pembalap F-1.)

Game : Truth and consequence
Match the event on the left column with its consequence on the right column. Then add more events and their consequence to the list.

Event

Consequence
1.
You fall in love
a.
You feel hungry a lot
2.
It’s raining tomorrow
b.
You have to learn a new foreign language
3.
You move to a foreign country
c.
You buy a friend gift
4.
You get a bonus
d.
You can’t call and text friends
5.
You’re accepted in Unsri
e.
You have to bring umbrella
6.
You lost your mobile phone
f.
You’ll feel very happy and proud
7.
You go on diet
g.
You feel jealous sometimes
8.

h.

9.

i.

10.

j.

11.

k.

12.

l.


)

1 komentar: