Entri yang Diunggulkan

rpp k 13 bahasa inggris lintas minat untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan .kelas x

< !--[if !mso]> RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah         : SMA Negeri ......... Kelas/Semester        : X/2...

Kamis, 07 Maret 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) explanation text and descriptive and form

< !--[if gte mso 9]>
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
UNIT 4 BE OBSERVANT AND CRITICAL

Satuan Pendidikan        :    SMA Negeri
Mata Pelajaran              :    Bahasa Inggris
Kelas/Semester              :    X / 2
Alokasi Waktu            :    20 x 45 menit

KOMPETENSI INTI
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
    kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian
    dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
    dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
    berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
    dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
    fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
    spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
    pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode  
    sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Indikator

3.13 Menganalisis perbedaan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif dan teks explanation, sesuai dengan konteks penggunaan­nya.

4.17 Menyebutkan perbedaan dan persamaan teks deskriptif dan teks explanation, dilihat dari fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya.

3.4 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur keba­hasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharu­san melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.4 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan dan menanyakan tentang keharu­san melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, dengan memperhati­kan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai dengan konteks.

3.8 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur keba­hasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.10 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan me­nanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan da­tang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

3.2 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur ke­bahasaan pada formulir isian yang digunakan di perusahaan, bank, instansi, dll.

4.2 Menangkap makna dan mengisi pada formulir isian yang digunakan di perusa­haan, bank, instansi, dll, den­gan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.






·         Membaca/mendengarkan/menonton berbagai macam teks deskriptif dan teks explanation dari berbagai sumber.
·         Menanya fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif dan teks explanation.
·         Mengidentifikasi dan menganalisis persamaan dan perbedaan antara teks deskriptif dan explanation.
·         Membandingkan sebuah teks deskriptif dengan teks explanation dari berbagai sumber dari segi fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
·         Mengelompokan/menganalisis unsur kebahasaan yang digunakan.
·         Membaca dan menirukan contoh-contoh kalimat yang mengandung ungkapan keharusan untuk melakukan suatu tindakan/kejadian yang akan datang.
·         Mengidentifikasi, menyatakan, dan menanyakan ungkapan keharusan untuk melakukan suatu tindakan/ kejadian yang akan datang, saat ini, atau akan waktu lampau.
·         Mendengarkan dan membaca banyak kalimat pernyataan dan pertanyaan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang, dalam berbagai konteks.
·         Mengidentifikasi, menyatakan, dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang dari segi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
·         Membaca formulir pengisian.
·         Mengidentifikasi jenis dan karakteristik formulir pengisian.

PERTEMUAN I
A.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, life skills, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      Memahami berbagai macam teks deskriptif dan teks explanation dari berbagai sumber.
B.     Materi Pembelajaran
Teks deskriptif dan teks explanation
C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Snowball Throwing
Metode                        :  Diskusi dan observasi.
D.  Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1. Media     : Microsoft PowerPoint unit 4 (Be Observant and Critical)  
 Buku English Skills for the Future 1
2. Alat        : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar. Komputer dan Proyektor.
3. Sumber  : Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan sekitar.
E.       Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
a.       Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
b.      Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan  merespon ajakan melakukan suatu
tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah lingkungan melalui observasi teks/dialog.
c.       Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan topik “teks deskriptif dan teks explanation.”
d.      Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
e.       Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai dengan minatnya.
2.    Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati (Observing)
1)   Mengamati gambar dan mendiskusikan gambar yang berhubungan dengan topik pembelajaran.
2)   Memperhatikan struktur yang terdapat pada teks desktiptif dan explanation.
Task
Halaman
Kegiatan
1
151
Siswa diminta untuk berdiskusi secara klasikal mengenai karakteristik tentang gambar dan menjawab 5 pertanyaan yang disediakan yang berkaitan dengan gambar.
2
151
Siswa diminta membaca teks berjenis deskriptif mengenai hewan peliharaan dan mengerjakan 5 pertanyaan yang disediakan.
3
152
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa membaca kembali teks berjenis deskriptif berjudul A Short Story About A Bird, A Cat, and A Dog pada Task 2 dan mengerjakan 5 pertanyaan yang disediakan.
4
152
Siswa diminta membaca teks berjenis explanation berjudul How do Birds Fly? dan mengerjakan 5 pertanyaan yang disediakan.
5
153
Siswa diminta membaca kembali teks berjenis berjenis explanation berjudul How do Birds Fly? pada Task 5 dan mengerjakan 5 pertanyaan yang disediakan.

3.    Kegiatan Penutup
a.    Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.    Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.    Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.

PERTEMUAN II
A.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, life skills, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      Memahami fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif dan teks explanation.
2.      Mengidentifikasi dan menganalisis persamaan dan perbedaan antara teks deskriptif dan explanation.

B.       Materi Pembelajaran
Teks deskriptif dan teks explanation
C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Snowball Throwing
Metode                        :  Observasi dan diskusi
D.       Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.      Media     :  Microsoft PowerPoint unit 4 (Be Observant and Critical )
        Buku English Skills for the Future 1
2.      Alat         : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar. 
                    Komputer dan Proyektor.
3.      Sumber   :   Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan   
                    Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet,  
                    dan lingkungan sekitar.
E.     Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
a.       Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
b.      Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan  merespon ajakan melakukan suatu
tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah lingkungan melalui observasi teks/dialog.
c.       Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan topik “teks deskriptif dan teks explanation.”
d.      Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
e.       Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai dengan minatnya. 
2.    Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Menanya (Questioning)
1)      Mengisi teks deskriptif dan naratif rumpang dengan kosa kata tertentu.
2)      Menjawab pertanyaan dari teks deskriptif dan naratif.
Pengumpulan data (Experimenting)
1)   Membandingkan berbagai unsur bahasa pada teks deskriptif dan naratif.
2)   Menambahkan informasi yang didapatkannya dari media lain seperti buku atau internet.

Task
Halaman
Kegiatan
6
153
Siswa diminta bekerja berpasangan, siswa mengisi isian pada teks yang berjudul Rose Flower berdasarkan kata-kata yang telah disediakan, kemudian siswa diminta membaca teks tersebut.
7
154
Siswa diminta bekerja berpasangan, siswa membaca kembali teks yang berjudul Rose Flower pada Task 6 dan mengerjakan 8 pertanyaan yang disediakan.
8
154
Siswa diminta bekerja berpasangan, siswa membaca teks berjenis explanation yang berjudul Photosynthesis.
9
155
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa membaca kembali teks berjenis explanation yang berjudul Photosynthesis pada Task 8, kemudian menjodohkan 5 kata yang berkaitan dengan teks berjudul Photosynthesis dengan arti yang telah disediakan.
10
155-156
Siswa diminta bekerja berpasangan, siswa melengkapi 5 kalimat yang disediakan dengan kata yang tersedia pada Task 9.
11
156
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa mencocokkan 5 nama Museum berbeda dengan pendeskripsian mengenai kelima museum tersebut.
12
157
Siswa diminta bekerja berpasangan, siswa mencocokan 5 judul pertanyaan mengenai fenomena alam dengan penjelasannya masing-masing.

3.    Kegiatan Penutup
a.    Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.    Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.    Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.

PERTEMUAN III
A.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, life skills, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      Membandingkan sebuah teks deskriptif dengan teks explanation dari berbagai sumber dari segi fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
2.      Mengelompokan/menganalisis unsur kebahasaan yang digunakan.
B.       Materi Pembelajaran
Teks deskriptif dan teks explanation
C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Snowball Throwing
Metode                        :  Observasi dan diskusi
D.       Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1. Media   : Microsoft PowerPoint unit 4 (Be Observant and Critical )
                                      Buku English Skills for the Future 1
2.    Alat      : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar. 
         Komputer dan Proyektor.
3.    Sumber : Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan   
         Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet,  
         dan lingkungan sekitar.
E.     Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
a.       Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
b.      Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan  merespon ajakan melakukan suatu
tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah lingkungan melalui observasi teks/dialog.
c.       Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan topik “teks deskriptif dan teks explanation.”
d.      Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
e.       Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai dengan minatnya. 
2.    Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengasosiasi (Associating)
1)   Menganalisis persamaan dan perbedaan yang terdapat pada teks deskriptif dan explanation.
Mengomunikasikan (Communicating)
1)   Masing-masing kelompok menyampaikan kesimpulan hasil diskusi kelompok.
2)   Memberikan penegasan pada materi yang harus dikuasai peserta didik dan meluruskan jika terjadi kesalahan konsep.
Task
Halaman
kegiatan
13
158
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa membaca teks deskripsi berjudul Pizza.
14
159
Guru meminta siswa bekerja berpasangan, siswa membaca kembali text yang berjudul Pizza pada Task 13, kemudian menjawab 5 pertanyaan yang berkaitan dengan teks tersebut.
15
160
Guru meminta siswa bekerja berpasangan, siswa membaca teks explanation yang berjudul How is Food Digested?, kemudian menjawab 5 pertanyaan yang berkaitan dengan teks tersebut.
16
161
Guru meminta siswa bekerja berpasangan, siswa membaca teks explanation yang berjudul How is Food Digested? pada Task 15 kemudian menjawab 5 pertanyaan yang disediakan.
17
161
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa membaca kembali teks pada Task 13 dan Task 15 kemudian menuliskan persamaan dan perbedaan yang ditemukan pada kedua teks tersebut.
English Project
162
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa mencari gambar dari internet, kemudian mendeskripsikan gambar yang didapatkan dan menampilkan hasil kerjanya di depan kelas.

3.    Kegiatan Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.       Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.      Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.

PERTEMUAN IV
A.     Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, life skills, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      Membaca dan menirukan contoh-contoh kalimat yang mengandung ungkapan keharusan untuk melakukan suatu tindakan/kejadian yang akan datang.
B.     Materi Pembelajaran
Ungkapan keharusan melakukan suatu tindakan
C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Snowball Throwing
Metode                        :  cooperative learning
D.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.    Media   : Microsoft PowerPoint unit 4 (Be Observant and Critical )
                                      Buku English Skills for the Future 1
2.    Alat      : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar. 
         Komputer dan Proyektor.
3.    Sumber : Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan   
         Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet,  
         dan lingkungan sekitar.  
E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
1.      Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.      Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan  merespon ajakan melakukan suatu tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3.      Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan topik “Ungkapan keharusan melakukan suatu tindakan
4.      Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5.      Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai dengan minatnya. 
2.      Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati (Observing)
1)      Menyimak teks ungkapan keharusan melakukan suatu tindakan.
2)      Mengisi paragraf rumpang pada teks ungkapan keharusan melakukan suatu tindakan.
Task
Halaman
Kegiatan
1
164
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa membaca teks explanation yang berjudul Ways of Taking Care the Environment kemudian menjawab 5 pertanyaan yang berkaitan dengan teks tersebut.
2
164
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa membaca kembali teks explanation yang berjudul Ways of Taking Care the Environment pada Task 1, kemudian menjawab 3 pertanyaan yang tersedia.
3
165
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa melengkapi dialog rumpang mengenai meminta dan memberi saran dengan kata-kata yang tepat yang disediakan didalam kotak kemudian siswa membandingkan jawabannya dengan yang lain.
4
166
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa membaca kembali dialog pada Task 3 kemudian menjawab 5 pertanyaan yang disediakan.

3.      Kegiatan Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.       Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.      Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.

PERTEMUAN V
A.     Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, life skills, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.     Menirukan contoh-contoh kalimat yang mengandung ungkapan keharusan untuk melakukan suatu tindakan/ kejadian yang akan datang, saat ini, atau akan waktu lampau.
B.     Materi Pembelajaran
Ungkapan keharusan melakukan suatu tindakan
C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Snowball Throwing
Metode                        :  cooperative learning
D.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.      Media   : Microsoft PowerPoint unit 4 (Be Observant and Critical )
                                          Buku English Skills for the Future 1
2.      Alat      : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar. 
             Komputer dan Proyektor.
3.      Sumber : Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan   
             Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet,  
             dan lingkungan sekitar. 
E.     Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
1.      Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.      Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan  merespon ajakan melakukan suatu tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3.      Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai 
dengan topik “Ungkapan keharusan melakukan suatu tindakan
4.      Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5.      Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai dengan minatnya. 
2.    Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Menanya (Questioning)
1)        Menjawab pertanyaan dari dialog yang mengandung ungkapan keharusan melakukan suatu tindakan.
2)        Bertanya mengenai ungkapan keharusan melakukan suatu tindakan dengan bentuk grammar yang berbeda-beda.
Pengumpulan data (Experimenting)
1)      Mengidentifikasi ungkapan keharusan melakukan suatu tindakan dari berbagai konteks yang berbeda.
2)      Mencari contoh ungkapan lain dari berbagai sumber lainnya.
Task
Halaman
Kegiatan
5
166
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, guru dapat menyuruh sepasang siswa untuk membacakan dialog, siswa lain mendengarkan dengan saksama.
6
167
Siswa diminta bekerja secara secara secara berpasangan, siswa membaca kembali dialog pada Task 5 dan menjawab 4 pertanyaan yang disediakan
7
167
Siswa diminta bekerja berpasangan, siswa membaca dialog pata Task 5 dan mengidentifikasi meminta dan memberi saran dengan menjawab true atau false pada Task 7.
8
167
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa membaca dialog yang mengandung ungkapan saran dengan ucapan dan intonasi yang benar.
9
168
Siswa diminta bekerja secara secara berpasangan, siswa menuliskan kembali dialog yang mengandung ungkapan saran pada Task 8 serta mengganti beberapa kata yang digaris bawahi pada dialog tersebut sesuai keinginannya.
10
168
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa mengambil ungkapan yang mengandung saran dan suruhan pada dialog dalam Task 8.

3.      Kegiatan Penutup
a.  Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.  Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.  Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.  Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.




PERTEMUAN VI
A.     Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, life skills, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      Mengidentifikasi ungkapan keharusan untuk melakukan suatu tindakan/kejadian yang akan datang, saat ini, atau akan waktu lampau.
2.      Mengomunikasikan kembali materi yang telah dipelajari mengenai ungkapan keharusan untuk melakukan suatu tindakan/kejadian.                                                                                                                         
B.     Materi Pembelajaran
Ungkapan keharusan melakukan suatu tindakan
C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Snowball Throwing
Metode                        :  cooperative learning
D.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.      Media       : Microsoft PowerPoint unit 4 (Be Observant and Critical )
                                          Buku English Skills for the Future 1
2.      Alat          : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar. 
             Komputer dan Proyektor.
3.      Sumber     : Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan   
             Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet,  
             dan lingkungan sekitar. 
E.     Kegiatan Pembelajaran
1.  Kegiatan Pendahuluan
1.      Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.      Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan  merespon ajakan melakukan suatu tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3.      Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai 
dengan topik “Ungkapan keharusan melakukan suatu tindakan”
4.      Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5.      Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai dengan minatnya. 
2.    Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengasosiasi (Associating)
1)      Mengasosiasikan ungkapan keharusan melakukan suatu tindakan pada masa lampau, saat ini, dan di masa akan datang.
Mengomunikasikan (Communicating)
1)      Mengomunikasikan kembali ungkapan keharusan melakukan suatu tindakan pada berbagai konteks situasi yang berbeda.
Task
Halaman
Kegiatan
11
168
Siswa diminta untuk membaca beberapa kalimat dengan intonasi dan pengucapan yang benar.
12
169
Siswa diminta untuk bekerja secara berpasangan dan menjawab 3 pertanyaan yang disediakan.
13
169
Siswa diminta bekerja berkelompok sebanyak 4 orang, siswa mengunjungi perpustakaan sekolah dan mencari ekspresi ungkapan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan dari teks bacaan lain dari bermacam sumber, kemudian menuliskan hasilnya.
14
169
Guru meminta siswa bekerja secara berpasangan, siswa membuat kalimat sederhana yang mengandung ungkapan keharusan untuk melakukan suatu tindakan/ kegiatan berdasarkan situasi yang diberi sehingga menjadi suatu dialog pendek.

3.      Kegiatan Penutup
a.  Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.  Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.  Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.  Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.

PERTEMUAN VII
A.     Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, life skills, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.    Memahami kalimat pernyataan dan pertanyaan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan,
     sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang, dalam berbagai konteks.
2.    Membuat contoh-contoh pernyataan dan pertanyaan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah di lakukan/terjadi di waktu yang akan datang.
B.     Materi Pembelajaran
Kalimat pernyataan dan pertanyaan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi.
C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Snowball Throwing
Metode                        :  cooperative learning
D.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.      Media       : Microsoft PowerPoint unit 4 (Be Observant and Critical )
                                          Buku English Skills for the Future 1
2.      Alat          : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar. 
             Komputer dan Proyektor.
3.      Sumber     : Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan   
             Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet,  
             dan lingkungan sekitar. 
E.     Kegiatan Pembelajaran
1.  Kegiatan Pendahuluan
1.      Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.      Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan  merespon ajakan melakukan suatu tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3.      Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai 
dengan topik “Kalimat pernyataan dan pertanyaan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi.”
4.      Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5.      Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai dengan minatnya. 
2.      Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati (Observing)
1.         Mengamati gambar yang berhubungan dengan kegiatan yang banyak terjadi di  
        lingkungan sekitar, dan berhubungan dengan materi expressing future activity.
2.      Menjawab pertanyaan dari hasil observasi yang dilakukan sebelumnya.
Menanya (Questioning)
1.      Memahami kegiatan yang terjadi di waktu mendatang, dengan membaca berbagai sumber teks dan bertanya mengenai materi yang belum dipahami.
Task
Halaman
Kegaiatan
1
171
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa mendiskusikan empat pertanyaan yang telah disediakan.
2
171-172
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa membaca teks explanation berjudul Effects of Water Pollution dengan ucapan dan intonasi yang benar kemudian siswa menjawab 5 pertanyaan yang berkaitan dengan teks tersebut.
3
172
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa membaca kembali teks explanation berjudul Effects of Water Pollution pada Task 2 kemudian menuliskan kembali kalimat-kalimat yang menyatakan ungkapan kejadian yang akan datang pada tabel yang disediakan.
4
173-174
Guru meminta siswa bekerja secara berpasangan, siswa membaca dan mendiskusikan teks explanation yang berjudul Floods dengan ucapan dan intonasi yang benar.
5
174
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa membaca kembali teks explanation yang berjudul Floods pada Task 4 dan menjawab 5 pertanyaan yang disediakan.
6
174-175
Siswa diminta bekerja berpasangan, siswa membuat kalimat sederhana yang mengandung ungkapan yang beirisan tentang tindakan/kejadian yang akan datang berdasarkan kata yang disediakan.

Kegiatan Penutup
a.  Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.  Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.  Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.  Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.

PERTEMUAN VIII
A.     Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, life skills, dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      Mengidentifikasi penyataan dan pernyataan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
2.      Membuat penyataan dan pernyataan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
B.     Materi Pembelajaran
Kalimat pernyataan dan pertanyaan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi.
C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Snowball Throwing
Metode                        :  cooperative learning
D.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.      Media       : Microsoft PowerPoint unit 4 (Be Observant and Critical )
                                          Buku English Skills for the Future 1
2.      Alat          : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar. 
             Komputer dan Proyektor.
3.      Sumber     : Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan   
             Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet,  
             dan lingkungan sekitar. 
E.     Kegiatan Pembelajaran
1.  Kegiatan Pendahuluan
1.      Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.      Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan  merespon ajakan melakukan suatu tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3.      Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai 
dengan topik “Kalimat pernyataan dan pertanyaan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi.”
4.      Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5.      Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai dengan minatnya. 
2.Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Pengumpulan data (Experimenting)
1.      Mencari referensi lain yang berhubungan dengan materi yang sedang dipelajari dari berbagai sumber yang lain.
2.      Mengisi paragraf rumpang dengan kalimat pernyataan dan pertanyaan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi.
Mengasosiasi (Associating)
1.      Mengasosiasikannya dengan pengucapan kalimat menggunakan intonasi yang benar.
2.      Mengasosiasikan dengan teks yang terdapat di buku.
Mengomunikasikan (Communicating)
1.         Mengomunikasikan kembali materi yang telah dipelajari.
Task
Halaman
Kegiatan
7
175
Siswa diminta bekerja berpasangan, siswa membaca teks explanation yang berjudul How Earthquakes Happen.
8
176
Siswa diminta bekerja berpasangan, siswa membuat kalimat yang mengandung ungkapan yang berisikan tentang tindakan/kejadian yang akan datang berdasarkan kalimat yang disediakan.
9
176
Siswa diminta bekerja berpasangan, siswa melengkapi kalimat rumpang dengan ungkapan yang berisikan tentang tindakan/kejadian yang akan datang.
10
177
Siswa diminta membaca beberapa kalimat yang mengandung unkapan kejadian atau aktifitas yang akan datang.
11
177
Siswa diminta mencari informasi di internet mengenai ungkapan yang menyatakan kejadian/kegiatan yang akan datang/sedang/telah dilakukan di waktu yang akan datang.
12
178
Guru meminta siswa bekerja berpasangan, siswa membaca teks explanation yang berjudul How Venus Eclipse Happens dengan ucapan dan intonasi yang benar.
13
179
Siswa diminta bekerja berpasangan, siswa membaca kembali teks pada Task 12 kemudian mengidentifikasi dan menuliskan kalimat yang mengandung ungkapan tentang tindakan/kejadian pada tabel yang disediakan.
14
179
Guru meminta siswa bekerja secara berkelompok beranggotakan 4 orang, siswa mencari teks lain yang mengandung ungkapan yang berisikan tentang tindakan/kejadian yang akan datang dari internet yang mengandung ungkapan kejadian yang akan datang, kemudian menuliskan hasilnya dan menampilkannya di depan kelas.
English Project
179
Siswa diminta bekerja secara berpasangan dan membuat suatu dialog mengenai mimpi dan cita-citanya di waktu yang akan datang. Kemudian, membacakan dialoh tersebut di depan kelas.

3.      Kegiatan Penutup
a.  Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.  Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.  Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.  Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.

PERTEMUAN IX
A.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, diskusi, life skills, dan penugasan, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      Membaca dan memahami info yang terdapat pada  formulir pengisian.
2.      Mengidentifikasi jenis dan karakteristik formulir pengisian.
B.       Materi Pembelajaran
Formulir
C.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       :  Scientific
Strategi pembelajaran  :  Pembelajaran Student Facilitator and Explaining
Metode                        :  Ceramah, diskusi, life skills, dan penugasan
D.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1. Media       : Microsoft PowerPoint unit 4 (Be Observant and Critical )
                                          Buku English Skills for the Future 1
2.    Alat          : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar. 
             Komputer dan Proyektor.
3.    Sumber     : Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan   
             Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet,  
             dan lingkungan sekitar. 
E.     Kegiatan Pembelajaran
1.  Kegiatan Pendahuluan
1.      Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.      Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan  merespon ajakan melakukan suatu tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3.      Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan topik “formulir.”
4.      Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5.      Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai dengan minatnya. 
2. Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati (Observing)
1.      Mengamati berbagai jenis form dengan membaca dari berbagai sumber.
2.      Mengidentifikasi beberapa jenis formulir yang berbeda.
Menanya (Questioning)
3.      Mengidentifikasi karakteristik setiap formulir dan memahami perbedaannya.
Task
Halaman
Kegiatan
1
181
Siswa diminta bekerja berpasangan, siswa membaca formulir kemudian siswa menjawab 5 pertanyaan yang disediakan.
2
181
Siswa diminta siswa bekerja berpasangan, siswa membaca dialog pada Task 2.
3
183
Siswa diminta bekerja berpasangan, siswa membaca dialog pada Task 2 kemudian siswa menjawab 5 pertanyaan yang berkaitan dengan dialog tersebut.
4
183
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa mengisi formulir pengisian menbuka akun bank berdasarkan dialog pada Task 4, kemudian siswa menambahkan informasi tambahan jika diperlukan
5
184
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa mencari formulir pengisian berbahasa Indonesia dan membandingkannya dengan formulir yang tersedia.
6
184
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa membaca dan mengidentifikasi formulir lamaran pekerjaan Wal*Mart yang tersedia.
7
185
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa membaca dan mengidentifikasi kembali formulir lamaran pekerjaan Wal*Mart pada Task 6 yang tersedia dan menjawab 4 pertanyaan yang disediakan

2.    Kegiatan Penutup
a.    Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.    Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.    Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.



PERTEMUAN X
A.     Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah, diskusi, life skills, dan penugasan, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.      Membaca dan memahami info yang terdapat pada  formulir pengisian.
2.      Mengidentifikasi jenis dan karakteristik formulir pengisian.
B.     Materi Pembelajaran
Formulir
C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan umum    :  Scientific
  Strategi pembelajaran   :  Pembelajaran Student Facilitator and Explaining
  Metode                      :  Ceramah, diskusi, life skills, dan penugasan
D.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1. Media       : Microsoft PowerPoint unit 4 (Be Observant and Critical )
                                          Buku English Skills for the Future 1
2.    Alat          : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar. 
             Komputer dan Proyektor.
3.    Sumber     : Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan   
             Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet,  
             dan lingkungan sekitar. 
E.     Kegiatan Pembelajaran
1.  Kegiatan Pendahuluan
1.      Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.      Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan  merespon ajakan melakukan suatu tindakan agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3.      Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan topik “formulir.”
4.      Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5.      Guru menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan minatnya, dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai dengan minatnya. 
2. Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Pengumpulan data (Experimenting)
1.      Memasangkan kata dengan makna sebenarnya.
2.      Memahami informasi yang terdapat pada formulir dan mengisinya dengan benar
Mengasosiasi (Associating)
1.      Mengasosiasikan persamaan dan perbedaan yang terdapat pada formulir
Mengomunikasikan (Communicating)
1.      Mengomunikasikan materi yang telah dipelajari sebelumnya dengan mencari dari berbagai sumber lainnya.
Task
Halaman
Kegiatan
8
185
Siswa diminta membaca beberapa kata yang berhubungan dengan formulir pengisian dengan ucapan dan intonasi yang benar, kemudian mencocokan kata tersebut dengan arti yang telah disediakan.
9
185
Siswa diminta membuat 5 kalimat sederhana dari kata-kata yang terdapat padaTask 8.
10
186
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa diharapkan mengisi formulir pendaftaran kuliah dengan data sebenarnya, namun siswa dapat menggunakan daya imajinasinya untuk menjawab beberapa pertanyaan tertentu.
11
187
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa membaca formulir melamar pekerjaan milik Kmart dan Starbucks dengan cermat.
12
187
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa membaca kembali formulir melamar pekerjaan milik Kmart dan Starucks, kemudian menuliskan persamaan dan perbedaan mengenai kedua teks tersebut.
English Project
188
Siswa diminta bekerja secara berkelompok beranggotakan 4 orang, siswa mencari formulir pengisian, mengisinya dengan data pribadi dan mempresentasikannya di depan kelas.

3.      Kegiatan Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Guru mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah disampaikan.
c.       Mengingatkan siswa untuk bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d.      Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.


PENILAIAN
A.     Teknik dan Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti
Teknik
Bentuk Instrumen
Kompetensi III dan IV
·     Tes Unjuk Kerja
·      Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
·     Tes Tertulis
·      Tes Uraian, Pilihan ganda, tabel pengamatan, atau lembar kerja siswa.
·     Portofolio
·      Panduan Penyusunan Portofolio

B.     Contoh Instrumen
a.    Lembar Tes Unjuk Kerja
No
Aspek yang dimiliki
Ya
Tidak
Ket
1
Ketelitian mengamati lingkungan



2
Pemahaman akan konsep



3
Kecermatan dalam menghubungkan teori dengan kenyataan dilapangan.



4
Keterampilan mempresentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian dengan cara yang menarik



5
Mampu mengajukan permasalahan (Pertanyaan, ide, gagasan, dan argumentasi)



6
Mampu menyajikan penyelesaian dari Suatu permasalahan




Petunjuk Penyekoran :
Siswa memperoleh nilai :
Baik         :    apabila terdapat  5 – 6 jawaban YA
Cukup      :    apabila terdapat  3 – 4 jawaban YA
Kurang     :    apabila terdapat  1 – 2 jawaban YA


c.       Lembar Tes Tertulis
1.       What is narrative text? Elaborate
2.      What is descriptive text? Elaborate
3.      What are the similarities between descriptive and explanation text?
4.      What are the differences between descriptive and explanation text?
5.      What does the proverb mean?
6.      What does the riddle mean?
7.      In your opinion, what make proverbs and riddles good and creative?
8.      In your opinion, how importance filling the form in with right and update information? Explain your answer.
9.      Make 5 sentences containing proverbs and riddle.
10.  What is future tense? Mention in type and characteristics.

d.      Lembar Portofolio
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………





                                                                                                        Tanjung Raja,    Januari  2018
                 Mengetahui                                                                     Guru Mapel
            Kepala SMAN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar