RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
UNIT 4 BE OBSERVANT
AND CRITICAL
Satuan Pendidikan : SMA Negeri
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 20 x 45 menit
KOMPETENSI INTI
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif, dan menunjukkan sikap sebagai
bagian
dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial
dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, dan prosedural
berdasarkan
rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora
dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode
sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.13
Menganalisis perbedaan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dari teks deskriptif dan teks explanation, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.17
Menyebutkan perbedaan dan persamaan teks deskriptif dan teks explanation,
dilihat dari fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya.
3.4
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang keharusan melakukan suatu
tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.4
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan dan menanyakan tentang
keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang,
saat ini, atau waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai dengan konteks.
3.8
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan,
sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
4.10 Menyusun teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di
waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.2
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
formulir isian yang digunakan di perusahaan, bank, instansi, dll.
4.2
Menangkap makna dan mengisi pada formulir isian yang digunakan di perusahaan,
bank, instansi, dll, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
·
Membaca/mendengarkan/menonton berbagai macam teks
deskriptif dan teks explanation dari berbagai sumber.
·
Menanya fungsi sosial, struktur, dan unsur
kebahasaan dari teks deskriptif dan teks explanation.
·
Mengidentifikasi dan menganalisis persamaan dan
perbedaan antara teks deskriptif dan explanation.
·
Membandingkan sebuah teks deskriptif dengan teks explanation
dari berbagai sumber dari segi fungsi sosial, struktur, dan unsur
kebahasaan.
·
Mengelompokan/menganalisis unsur kebahasaan yang
digunakan.
·
Membaca dan menirukan contoh-contoh kalimat yang
mengandung ungkapan keharusan untuk melakukan suatu tindakan/kejadian yang
akan datang.
·
Mengidentifikasi, menyatakan, dan menanyakan
ungkapan keharusan untuk melakukan suatu tindakan/ kejadian yang akan datang,
saat ini, atau akan waktu lampau.
·
Mendengarkan dan membaca banyak kalimat pernyataan
dan pertanyaan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan
telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang, dalam berbagai konteks.
·
Mengidentifikasi, menyatakan, dan menanyakan
tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah
dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang dari segi fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan.
·
Membaca formulir pengisian.
·
Mengidentifikasi
jenis dan karakteristik formulir pengisian.
|
PERTEMUAN
I
A. Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan
ceramah, life skills, dan diskusi,
setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Memahami
berbagai macam teks deskriptif dan teks explanation dari berbagai
sumber.
B. Materi
Pembelajaran
Teks deskriptif dan
teks explanation
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : Scientific
Strategi pembelajaran : Pembelajaran Snowball
Throwing
Metode : Diskusi dan observasi.
D. Sumber/
Bahan/ Alat Belajar
1. Media : Microsoft PowerPoint unit 4 (Be Observant and Critical)
Buku English Skills for the Future 1
2.
Alat : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan
belajar. Komputer dan Proyektor.
3. Sumber : Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA
Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal),
internet, dan lingkungan sekitar.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
a.
Sebelum
pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema
dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
b.
Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu
tindakan
agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah
lingkungan melalui observasi teks/dialog.
c.
Guru
melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan
topik “teks deskriptif dan teks explanation.”
d.
Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
e. Guru
menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan minatnya,
dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai
dengan minatnya.
2. Kegiatan
Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode
pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
(Observing)
1)
Mengamati
gambar dan mendiskusikan gambar yang berhubungan dengan topik pembelajaran.
2)
Memperhatikan
struktur yang terdapat pada teks desktiptif dan explanation.
Task
|
Halaman
|
Kegiatan
|
1
|
151
|
Siswa diminta untuk berdiskusi secara
klasikal mengenai karakteristik tentang gambar dan menjawab 5 pertanyaan yang
disediakan yang berkaitan dengan gambar.
|
2
|
151
|
Siswa diminta membaca teks berjenis
deskriptif mengenai hewan peliharaan dan mengerjakan 5 pertanyaan yang disediakan.
|
3
|
152
|
Siswa diminta bekerja secara
berpasangan, siswa membaca kembali teks berjenis deskriptif berjudul A
Short Story About A Bird, A Cat, and A Dog pada Task 2 dan mengerjakan 5
pertanyaan yang disediakan.
|
4
|
152
|
Siswa diminta membaca teks berjenis explanation
berjudul How do Birds Fly? dan mengerjakan 5 pertanyaan yang disediakan.
|
5
|
153
|
Siswa diminta membaca kembali teks
berjenis berjenis explanation berjudul How do Birds Fly? pada Task 5 dan mengerjakan 5 pertanyaan yang
disediakan.
|
3. Kegiatan
Penutup
a. Mendorong siswa untuk
melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
b. Guru mengajukan beberapa
pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah
disampaikan.
c. Mengingatkan siswa untuk
bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam
dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d. Memberikan penghargaan
(pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja
baik.
PERTEMUAN II
A.
Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah,
life skills, dan diskusi, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Memahami
fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif dan teks explanation.
2.
Mengidentifikasi
dan menganalisis persamaan dan perbedaan antara teks deskriptif dan explanation.
B.
Materi Pembelajaran
Teks deskriptif dan
teks explanation
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum : Scientific
Strategi pembelajaran : Pembelajaran Snowball
Throwing
Metode : Observasi dan diskusi
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1. Media : Microsoft PowerPoint unit 4 (Be Observant and Critical )
Buku English Skills for the Future 1
2. Alat : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan
belajar.
Komputer dan Proyektor.
3. Sumber : Buku
English Skills for the Future 1
untuk Kelas X SMA/MA Peminatan
Ilmu-Ilmu
Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet,
dan lingkungan sekitar.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Sebelum
pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema
dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
b.
Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu
tindakan
agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah
lingkungan melalui observasi teks/dialog.
c.
Guru
melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan
topik “teks deskriptif dan teks explanation.”
d.
Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
e. Guru
menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan minatnya,
dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai
dengan minatnya.
2.
Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode
pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Menanya (Questioning)
1) Mengisi teks deskriptif dan
naratif rumpang dengan kosa kata tertentu.
2) Menjawab pertanyaan dari teks
deskriptif dan naratif.
Pengumpulan data (Experimenting)
1)
Membandingkan
berbagai unsur bahasa pada teks deskriptif dan naratif.
2) Menambahkan informasi yang
didapatkannya dari media lain seperti buku atau internet.
Task
|
Halaman
|
Kegiatan
|
6
|
153
|
Siswa
diminta bekerja berpasangan, siswa mengisi isian pada teks yang berjudul Rose
Flower berdasarkan kata-kata yang telah disediakan, kemudian siswa diminta
membaca teks tersebut.
|
7
|
154
|
Siswa
diminta bekerja berpasangan, siswa membaca kembali teks yang berjudul Rose
Flower pada Task 6 dan mengerjakan 8 pertanyaan yang disediakan.
|
8
|
154
|
Siswa
diminta bekerja berpasangan, siswa membaca teks berjenis explanation yang
berjudul Photosynthesis.
|
9
|
155
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan, siswa membaca kembali teks berjenis explanation
yang berjudul Photosynthesis pada Task 8, kemudian menjodohkan 5
kata yang berkaitan dengan teks berjudul Photosynthesis dengan arti
yang telah disediakan.
|
10
|
155-156
|
Siswa
diminta bekerja berpasangan, siswa melengkapi 5 kalimat yang disediakan
dengan kata yang tersedia pada Task 9.
|
11
|
156
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan, siswa mencocokkan 5 nama Museum berbeda
dengan pendeskripsian mengenai kelima museum tersebut.
|
12
|
157
|
Siswa
diminta bekerja berpasangan, siswa mencocokan 5 judul pertanyaan mengenai
fenomena alam dengan penjelasannya masing-masing.
|
3.
Kegiatan Penutup
a. Mendorong siswa untuk
melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
b. Guru mengajukan beberapa
pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah
disampaikan.
c. Mengingatkan siswa untuk
bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam
dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d. Memberikan penghargaan
(pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja
baik.
PERTEMUAN III
A.
Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan
ceramah, life skills, dan diskusi,
setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Membandingkan
sebuah teks deskriptif dengan teks explanation dari berbagai sumber dari
segi fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
2.
Mengelompokan/menganalisis
unsur kebahasaan yang digunakan.
B.
Materi Pembelajaran
Teks deskriptif dan
teks explanation
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum : Scientific
Strategi pembelajaran : Pembelajaran Snowball
Throwing
Metode : Observasi dan diskusi
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1. Media : Microsoft PowerPoint unit 4 (Be Observant and Critical )
Buku English Skills for the Future 1
2.
Alat : Video atau gambar yang
dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar.
Komputer dan Proyektor.
3.
Sumber : Buku
English Skills for the Future 1
untuk Kelas X SMA/MA Peminatan
Ilmu-Ilmu
Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet,
dan lingkungan sekitar.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Sebelum
pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema
dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
b.
Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu
tindakan
agar dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah
lingkungan melalui observasi teks/dialog.
c.
Guru
melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan
topik “teks deskriptif dan teks explanation.”
d.
Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
e. Guru
menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan minatnya,
dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai
dengan minatnya.
2.
Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode
pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengasosiasi
(Associating)
1)
Menganalisis
persamaan dan perbedaan yang terdapat pada teks deskriptif dan explanation.
Mengomunikasikan
(Communicating)
1)
Masing-masing
kelompok menyampaikan kesimpulan hasil diskusi kelompok.
2)
Memberikan
penegasan pada materi yang harus dikuasai peserta didik dan meluruskan jika
terjadi kesalahan konsep.
Task
|
Halaman
|
kegiatan
|
13
|
158
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan, siswa membaca teks deskripsi berjudul Pizza.
|
14
|
159
|
Guru meminta siswa bekerja
berpasangan, siswa membaca kembali text yang berjudul Pizza pada Task
13, kemudian menjawab 5 pertanyaan yang berkaitan dengan teks tersebut.
|
15
|
160
|
Guru meminta siswa bekerja
berpasangan, siswa membaca teks explanation yang berjudul How is
Food Digested?, kemudian menjawab 5 pertanyaan yang berkaitan dengan teks
tersebut.
|
16
|
161
|
Guru meminta siswa bekerja
berpasangan, siswa membaca teks explanation yang berjudul How is Food
Digested? pada Task 15 kemudian menjawab 5 pertanyaan yang disediakan.
|
17
|
161
|
Siswa diminta bekerja secara
berpasangan, siswa membaca kembali teks pada Task 13 dan Task 15 kemudian
menuliskan persamaan dan perbedaan yang ditemukan pada kedua teks tersebut.
|
English Project
|
162
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan, siswa mencari gambar dari internet,
kemudian mendeskripsikan gambar yang didapatkan dan menampilkan hasil
kerjanya di depan kelas.
|
3.
Kegiatan Penutup
a. Mendorong siswa untuk
melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
b. Guru mengajukan beberapa
pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah
disampaikan.
c. Mengingatkan siswa untuk
bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam
dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d. Memberikan penghargaan
(pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja
baik.
PERTEMUAN
IV
A.
Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan
ceramah, life skills, dan diskusi, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Membaca
dan menirukan contoh-contoh kalimat yang mengandung ungkapan keharusan untuk
melakukan suatu tindakan/kejadian yang akan datang.
B.
Materi Pembelajaran
Ungkapan keharusan melakukan
suatu tindakan
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum : Scientific
Strategi pembelajaran : Pembelajaran Snowball
Throwing
Metode : cooperative learning
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1. Media : Microsoft PowerPoint unit 4 (Be Observant and Critical )
Buku English Skills for the Future 1
2. Alat : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan
belajar.
Komputer dan Proyektor.
3.
Sumber : Buku
English Skills for the Future 1
untuk Kelas X SMA/MA Peminatan
Ilmu-Ilmu
Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet,
dan lingkungan sekitar.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
1.
Sebelum
pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema
dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.
Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu tindakan agar dapat mengembangkan sikap
jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah lingkungan melalui observasi
teks/dialog.
3. Guru melakukan apersepsi sesuai
dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan topik “Ungkapan keharusan
melakukan suatu tindakan
4.
Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5. Guru
menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan minatnya,
dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai
dengan minatnya.
2.
Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran.
Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
(Observing)
1) Menyimak teks ungkapan keharusan
melakukan suatu tindakan.
2) Mengisi paragraf rumpang pada
teks ungkapan keharusan melakukan suatu tindakan.
Task
|
Halaman
|
Kegiatan
|
1
|
164
|
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa membaca
teks explanation yang berjudul Ways of Taking Care the Environment kemudian
menjawab 5 pertanyaan yang berkaitan dengan teks tersebut.
|
2
|
164
|
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa membaca
kembali teks explanation yang berjudul Ways of Taking Care the
Environment pada Task 1, kemudian menjawab 3 pertanyaan yang tersedia.
|
3
|
165
|
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa melengkapi dialog
rumpang mengenai meminta dan memberi saran dengan kata-kata yang tepat yang
disediakan didalam kotak kemudian siswa membandingkan jawabannya dengan yang
lain.
|
4
|
166
|
Siswa diminta bekerja secara berpasangan, siswa membaca
kembali dialog pada Task 3 kemudian menjawab 5 pertanyaan yang disediakan.
|
3. Kegiatan
Penutup
a. Mendorong siswa untuk
melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
b. Guru mengajukan beberapa
pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah
disampaikan.
c. Mengingatkan siswa untuk
bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam
dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d. Memberikan penghargaan
(pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja
baik.
PERTEMUAN
V
A.
Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan
ceramah, life skills, dan diskusi,
setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Menirukan contoh-contoh kalimat yang
mengandung ungkapan keharusan untuk melakukan suatu tindakan/ kejadian yang
akan datang, saat ini, atau akan waktu lampau.
B.
Materi Pembelajaran
Ungkapan keharusan melakukan
suatu tindakan
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum : Scientific
Strategi pembelajaran : Pembelajaran Snowball
Throwing
Metode : cooperative learning
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.
Media : Microsoft PowerPoint unit 4 (Be Observant and Critical )
Buku English Skills for the Future 1
2.
Alat : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan
belajar.
Komputer dan Proyektor.
3.
Sumber : Buku
English Skills for the Future 1
untuk Kelas X SMA/MA Peminatan
Ilmu-Ilmu
Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet,
dan lingkungan sekitar.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
1.
Sebelum
pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema
dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.
Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu tindakan agar dapat mengembangkan sikap
jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah lingkungan melalui observasi
teks/dialog.
3.
Guru
melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
dengan topik “Ungkapan keharusan
melakukan suatu tindakan
4.
Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5. Guru
menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan minatnya,
dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai
dengan minatnya.
2.
Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode
pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Menanya
(Questioning)
1)
Menjawab
pertanyaan dari dialog yang mengandung ungkapan keharusan melakukan suatu
tindakan.
2)
Bertanya
mengenai ungkapan keharusan melakukan suatu tindakan dengan bentuk grammar yang
berbeda-beda.
Pengumpulan
data (Experimenting)
1)
Mengidentifikasi
ungkapan keharusan melakukan suatu tindakan dari berbagai konteks yang berbeda.
2)
Mencari
contoh ungkapan lain dari berbagai sumber lainnya.
Task
|
Halaman
|
Kegiatan
|
5
|
166
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan, guru dapat menyuruh sepasang siswa untuk
membacakan dialog, siswa lain mendengarkan dengan saksama.
|
6
|
167
|
Siswa
diminta bekerja secara secara secara berpasangan, siswa membaca kembali dialog
pada Task 5 dan menjawab 4 pertanyaan yang disediakan
|
7
|
167
|
Siswa
diminta bekerja berpasangan, siswa membaca dialog pata Task 5 dan
mengidentifikasi meminta dan memberi saran dengan menjawab true atau false
pada Task 7.
|
8
|
167
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan, siswa membaca dialog yang mengandung
ungkapan saran dengan ucapan dan intonasi yang benar.
|
9
|
168
|
Siswa
diminta bekerja secara secara berpasangan, siswa menuliskan kembali dialog
yang mengandung ungkapan saran pada Task 8 serta mengganti beberapa kata yang
digaris bawahi pada dialog tersebut sesuai keinginannya.
|
10
|
168
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan, siswa mengambil ungkapan yang mengandung
saran dan suruhan pada dialog dalam Task 8.
|
3. Kegiatan
Penutup
a. Mendorong siswa untuk melakukan,
menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari
aktivitas hari ini.
b. Guru mengajukan beberapa
pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah
disampaikan.
c. Mengingatkan siswa untuk
bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam
dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d. Memberikan penghargaan
(pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja
baik.
PERTEMUAN
VI
A.
Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan
ceramah, life skills, dan diskusi,
setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Mengidentifikasi
ungkapan keharusan untuk melakukan suatu tindakan/kejadian yang akan datang,
saat ini, atau akan waktu lampau.
2.
Mengomunikasikan
kembali materi yang telah dipelajari mengenai ungkapan keharusan untuk
melakukan suatu tindakan/kejadian.
B.
Materi Pembelajaran
Ungkapan keharusan melakukan
suatu tindakan
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum : Scientific
Strategi pembelajaran : Pembelajaran Snowball
Throwing
Metode : cooperative learning
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.
Media : Microsoft
PowerPoint unit 4 (Be Observant and Critical )
Buku English Skills for the Future 1
2.
Alat : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan
belajar.
Komputer dan Proyektor.
3.
Sumber : Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA
Peminatan
Ilmu-Ilmu
Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet,
dan lingkungan sekitar.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
1.
Sebelum
pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema
dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.
Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu tindakan agar dapat mengembangkan sikap
jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah lingkungan melalui observasi
teks/dialog.
3.
Guru
melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
dengan topik “Ungkapan keharusan
melakukan suatu tindakan”
4.
Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5. Guru
menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan minatnya,
dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai
dengan minatnya.
2.
Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode
pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengasosiasi
(Associating)
1)
Mengasosiasikan
ungkapan keharusan melakukan suatu tindakan pada masa lampau, saat ini, dan di
masa akan datang.
Mengomunikasikan
(Communicating)
1)
Mengomunikasikan
kembali ungkapan keharusan melakukan suatu tindakan pada berbagai konteks
situasi yang berbeda.
Task
|
Halaman
|
Kegiatan
|
11
|
168
|
Siswa diminta untuk membaca beberapa
kalimat dengan intonasi dan pengucapan yang benar.
|
12
|
169
|
Siswa diminta untuk bekerja secara
berpasangan dan menjawab 3 pertanyaan yang disediakan.
|
13
|
169
|
Siswa
diminta bekerja berkelompok sebanyak 4 orang, siswa mengunjungi perpustakaan
sekolah dan mencari ekspresi ungkapan keharusan melakukan suatu
tindakan/kegiatan dari teks bacaan lain dari bermacam sumber, kemudian
menuliskan hasilnya.
|
14
|
169
|
Guru
meminta siswa bekerja secara berpasangan, siswa membuat kalimat sederhana
yang mengandung ungkapan keharusan untuk melakukan suatu tindakan/ kegiatan
berdasarkan situasi yang diberi sehingga menjadi suatu dialog pendek.
|
3. Kegiatan
Penutup
a. Mendorong siswa untuk
melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
b. Guru mengajukan beberapa
pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah
disampaikan.
c. Mengingatkan siswa untuk
bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam
dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d. Memberikan penghargaan
(pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja
baik.
PERTEMUAN
VII
A.
Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan
ceramah, life skills, dan diskusi,
setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Memahami
kalimat pernyataan dan pertanyaan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan,
sedang,
dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang, dalam berbagai konteks.
2.
Membuat
contoh-contoh pernyataan dan pertanyaan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang
akan, sedang, dan telah di lakukan/terjadi di waktu yang akan datang.
B.
Materi Pembelajaran
Kalimat pernyataan
dan pertanyaan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah
dilakukan/terjadi.
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : Scientific
Strategi pembelajaran : Pembelajaran Snowball
Throwing
Metode : cooperative learning
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.
Media : Microsoft PowerPoint unit 4 (Be Observant and Critical )
Buku English Skills for the Future 1
2.
Alat : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan
belajar.
Komputer dan Proyektor.
3.
Sumber : Buku
English Skills for the Future 1
untuk Kelas X SMA/MA Peminatan
Ilmu-Ilmu
Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet,
dan lingkungan sekitar.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
1.
Sebelum
pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema
dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.
Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu tindakan agar dapat mengembangkan sikap
jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah lingkungan melalui observasi teks/dialog.
3.
Guru
melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
dengan topik “Kalimat
pernyataan dan pertanyaan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang,
dan telah dilakukan/terjadi.”
4.
Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5. Guru
menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan minatnya,
dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai
dengan minatnya.
2.
Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode
pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
(Observing)
1.
Mengamati
gambar yang berhubungan dengan kegiatan yang banyak terjadi di
lingkungan sekitar, dan berhubungan
dengan materi expressing future activity.
2.
Menjawab
pertanyaan dari hasil observasi yang dilakukan sebelumnya.
Menanya
(Questioning)
1.
Memahami
kegiatan yang terjadi di waktu mendatang, dengan membaca berbagai sumber teks
dan bertanya mengenai materi yang belum dipahami.
Task
|
Halaman
|
Kegaiatan
|
1
|
171
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan, siswa mendiskusikan empat pertanyaan yang
telah disediakan.
|
2
|
171-172
|
Siswa diminta
bekerja secara berpasangan, siswa membaca teks explanation berjudul Effects
of Water Pollution dengan ucapan dan intonasi yang benar kemudian siswa
menjawab 5 pertanyaan yang berkaitan dengan teks tersebut.
|
3
|
172
|
Siswa diminta bekerja
secara berpasangan,
siswa membaca kembali teks explanation berjudul Effects of Water
Pollution pada Task 2 kemudian menuliskan kembali kalimat-kalimat yang
menyatakan ungkapan kejadian yang akan datang pada tabel yang disediakan.
|
4
|
173-174
|
Guru meminta
siswa bekerja secara berpasangan, siswa membaca dan mendiskusikan teks explanation
yang berjudul Floods dengan ucapan dan intonasi yang benar.
|
5
|
174
|
Siswa diminta
bekerja secara berpasangan, siswa membaca kembali teks explanation yang
berjudul Floods pada Task 4 dan menjawab 5 pertanyaan yang disediakan.
|
6
|
174-175
|
Siswa diminta bekerja
berpasangan, siswa membuat kalimat sederhana yang mengandung ungkapan yang
beirisan tentang tindakan/kejadian yang akan datang berdasarkan kata yang
disediakan.
|
Kegiatan Penutup
a. Mendorong siswa untuk
melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
b. Guru mengajukan beberapa
pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah
disampaikan.
c. Mengingatkan siswa untuk
bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam
dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d. Memberikan penghargaan
(pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja
baik.
PERTEMUAN
VIII
A.
Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan
ceramah, life skills, dan diskusi,
setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Mengidentifikasi
penyataan dan pernyataan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang,
dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang (fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan.
2.
Membuat
penyataan dan pernyataan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang,
dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang (fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan.
B.
Materi Pembelajaran
Kalimat pernyataan
dan pertanyaan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah
dilakukan/terjadi.
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : Scientific
Strategi pembelajaran : Pembelajaran Snowball
Throwing
Metode : cooperative learning
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1.
Media : Microsoft PowerPoint unit 4 (Be Observant and Critical )
Buku English Skills for the Future 1
2.
Alat : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan
belajar.
Komputer dan Proyektor.
3.
Sumber : Buku
English Skills for the Future 1
untuk Kelas X SMA/MA Peminatan
Ilmu-Ilmu
Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet,
dan lingkungan sekitar.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
1.
Sebelum
pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema
dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.
Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu tindakan agar dapat mengembangkan sikap
jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah lingkungan melalui observasi
teks/dialog.
3.
Guru
melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
dengan topik “Kalimat
pernyataan dan pertanyaan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang,
dan telah dilakukan/terjadi.”
4.
Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5. Guru
menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan minatnya,
dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai
dengan minatnya.
2.Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode
pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Pengumpulan
data (Experimenting)
1.
Mencari
referensi lain yang berhubungan dengan materi yang sedang dipelajari dari
berbagai sumber yang lain.
2.
Mengisi
paragraf rumpang dengan kalimat pernyataan dan pertanyaan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi.
Mengasosiasi
(Associating)
1.
Mengasosiasikannya
dengan pengucapan kalimat menggunakan intonasi yang benar.
2.
Mengasosiasikan
dengan teks yang terdapat di buku.
Mengomunikasikan
(Communicating)
1.
Mengomunikasikan
kembali materi yang telah dipelajari.
Task
|
Halaman
|
Kegiatan
|
7
|
175
|
Siswa
diminta bekerja berpasangan, siswa membaca teks explanation yang
berjudul How Earthquakes Happen.
|
8
|
176
|
Siswa
diminta bekerja berpasangan, siswa membuat kalimat yang mengandung ungkapan
yang berisikan tentang tindakan/kejadian yang akan datang berdasarkan kalimat
yang disediakan.
|
9
|
176
|
Siswa
diminta bekerja berpasangan, siswa melengkapi kalimat rumpang dengan ungkapan
yang berisikan tentang tindakan/kejadian yang akan datang.
|
10
|
177
|
Siswa
diminta membaca beberapa kalimat yang mengandung unkapan kejadian atau
aktifitas yang akan datang.
|
11
|
177
|
Siswa
diminta mencari informasi di internet mengenai ungkapan yang menyatakan
kejadian/kegiatan yang akan datang/sedang/telah dilakukan di waktu yang akan
datang.
|
12
|
178
|
Guru
meminta siswa bekerja berpasangan, siswa membaca teks explanation yang
berjudul How Venus Eclipse Happens dengan ucapan dan intonasi yang
benar.
|
13
|
179
|
Siswa
diminta bekerja berpasangan, siswa membaca kembali teks pada Task 12 kemudian
mengidentifikasi dan menuliskan kalimat yang mengandung ungkapan tentang
tindakan/kejadian pada tabel yang disediakan.
|
14
|
179
|
Guru
meminta siswa bekerja secara berkelompok beranggotakan 4 orang, siswa mencari
teks lain yang mengandung ungkapan yang berisikan tentang tindakan/kejadian
yang akan datang dari internet yang mengandung ungkapan kejadian yang akan
datang, kemudian menuliskan hasilnya dan menampilkannya di depan kelas.
|
English Project
|
179
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan dan membuat suatu dialog mengenai mimpi
dan cita-citanya di waktu yang akan datang. Kemudian, membacakan dialoh
tersebut di depan kelas.
|
3. Kegiatan
Penutup
a. Mendorong siswa untuk
melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
b. Guru mengajukan beberapa
pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah
disampaikan.
c. Mengingatkan siswa untuk
bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam
dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d. Memberikan penghargaan
(pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja
baik.
PERTEMUAN
IX
A. Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah,
diskusi, life skills, dan penugasan,
setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Membaca
dan memahami info yang terdapat pada
formulir pengisian.
2.
Mengidentifikasi
jenis dan karakteristik formulir pengisian.
B. Materi
Pembelajaran
Formulir
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : Scientific
Strategi pembelajaran : Pembelajaran Student
Facilitator and Explaining
Metode : Ceramah, diskusi, life skills,
dan penugasan
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1. Media : Microsoft PowerPoint unit 4 (Be Observant and Critical )
Buku English Skills for the Future 1
2.
Alat : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan
belajar.
Komputer dan Proyektor.
3.
Sumber : Buku
English Skills for the Future 1
untuk Kelas X SMA/MA Peminatan
Ilmu-Ilmu
Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet,
dan lingkungan sekitar.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
1.
Sebelum
pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema
dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.
Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu tindakan agar dapat mengembangkan sikap
jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah lingkungan melalui observasi
teks/dialog.
3.
Guru
melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan
topik “formulir.”
4.
Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5. Guru
menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan minatnya,
dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai
dengan minatnya.
2.
Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode
pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
(Observing)
1.
Mengamati
berbagai jenis form dengan membaca dari berbagai sumber.
2.
Mengidentifikasi
beberapa jenis formulir yang berbeda.
Menanya
(Questioning)
3.
Mengidentifikasi
karakteristik setiap formulir dan memahami perbedaannya.
Task
|
Halaman
|
Kegiatan
|
1
|
181
|
Siswa
diminta bekerja berpasangan, siswa membaca formulir kemudian siswa menjawab 5
pertanyaan yang disediakan.
|
2
|
181
|
Siswa
diminta siswa bekerja berpasangan, siswa membaca dialog pada Task 2.
|
3
|
183
|
Siswa
diminta bekerja berpasangan, siswa membaca dialog pada Task 2 kemudian siswa
menjawab 5 pertanyaan yang berkaitan dengan dialog tersebut.
|
4
|
183
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan, siswa mengisi formulir pengisian menbuka
akun bank berdasarkan dialog pada Task 4, kemudian siswa menambahkan
informasi tambahan jika diperlukan
|
5
|
184
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan, siswa mencari formulir pengisian
berbahasa Indonesia dan membandingkannya dengan formulir yang tersedia.
|
6
|
184
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan, siswa membaca dan mengidentifikasi
formulir lamaran pekerjaan Wal*Mart yang tersedia.
|
7
|
185
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan, siswa membaca dan mengidentifikasi
kembali formulir lamaran pekerjaan Wal*Mart pada Task 6 yang tersedia
dan menjawab 4 pertanyaan yang disediakan
|
2. Kegiatan
Penutup
a. Mendorong siswa untuk
melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
b. Guru mengajukan beberapa
pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah
disampaikan.
c. Mengingatkan siswa untuk
bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam
dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d. Memberikan penghargaan
(pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja
baik.
PERTEMUAN
X
A. Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan ceramah,
diskusi, life skills, dan penugasan,
setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Membaca
dan memahami info yang terdapat pada
formulir pengisian.
2.
Mengidentifikasi
jenis dan karakteristik formulir pengisian.
B. Materi
Pembelajaran
Formulir
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : Scientific
Strategi pembelajaran : Pembelajaran Student
Facilitator and Explaining
Metode : Ceramah, diskusi, life skills, dan penugasan
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1. Media : Microsoft PowerPoint unit 4 (Be Observant and Critical )
Buku English Skills for the Future 1
2.
Alat : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan
belajar.
Komputer dan Proyektor.
3. Sumber : Buku
English Skills for the Future 1
untuk Kelas X SMA/MA Peminatan
Ilmu-Ilmu
Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet,
dan lingkungan sekitar.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
1.
Sebelum
pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam. Setelah itu guru menjelaskan tema
dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran.
2.
Guru mengarahkan siswa agar mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu tindakan agar dapat mengembangkan sikap
jujur, tanggung jawab, peduli, dan ramah lingkungan melalui observasi
teks/dialog.
3.
Guru
melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan
topik “formulir.”
4.
Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang gambar.
5. Guru
menanyakan kepada siswa apa minat mereka, apakah mereka ingin meningkatkan minatnya,
dan bagaimana usaha-usaha mereka lakukan untuk mencapai cita-cita mereka sesuai
dengan minatnya.
2.
Kegiatan Inti
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode
pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Pengumpulan
data (Experimenting)
1.
Memasangkan
kata dengan makna sebenarnya.
2.
Memahami
informasi yang terdapat pada formulir dan mengisinya dengan benar
Mengasosiasi
(Associating)
1.
Mengasosiasikan
persamaan dan perbedaan yang terdapat pada formulir
Mengomunikasikan
(Communicating)
1.
Mengomunikasikan
materi yang telah dipelajari sebelumnya dengan mencari dari berbagai sumber
lainnya.
Task
|
Halaman
|
Kegiatan
|
8
|
185
|
Siswa
diminta membaca beberapa kata yang berhubungan dengan formulir pengisian
dengan ucapan dan intonasi yang benar, kemudian mencocokan kata tersebut
dengan arti yang telah disediakan.
|
9
|
185
|
Siswa
diminta membuat 5 kalimat sederhana dari kata-kata yang terdapat padaTask 8.
|
10
|
186
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan, siswa diharapkan mengisi formulir
pendaftaran kuliah dengan data sebenarnya, namun siswa dapat menggunakan daya
imajinasinya untuk menjawab beberapa pertanyaan tertentu.
|
11
|
187
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan, siswa membaca formulir melamar pekerjaan
milik Kmart dan Starbucks dengan cermat.
|
12
|
187
|
Siswa
diminta bekerja secara berpasangan, siswa membaca kembali formulir melamar
pekerjaan milik Kmart dan Starucks, kemudian menuliskan
persamaan dan perbedaan mengenai kedua teks tersebut.
|
English Project
|
188
|
Siswa
diminta bekerja secara berkelompok beranggotakan 4 orang, siswa mencari
formulir pengisian, mengisinya dengan data pribadi dan mempresentasikannya di
depan kelas.
|
3. Kegiatan
Penutup
a. Mendorong siswa untuk
melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
b. Guru mengajukan beberapa
pertanyaan secara lisan untuk menguji wawasan siswa mengenai materi yang telah
disampaikan.
c. Mengingatkan siswa untuk
bersyukur atas kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan makhluk hidup dan alam
dengan bermacam peranan dan manfaat untuk kehidupan.
d. Memberikan penghargaan
(pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja
baik.
PENILAIAN
A.
Teknik dan Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Kompetensi III dan IV
|
· Tes Unjuk Kerja
|
· Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
|
· Tes Tertulis
|
· Tes Uraian, Pilihan ganda, tabel
pengamatan, atau lembar kerja siswa.
|
|
· Portofolio
|
· Panduan Penyusunan Portofolio
|
B. Contoh
Instrumen
a.
Lembar Tes Unjuk Kerja
No
|
Aspek yang
dimiliki
|
Ya
|
Tidak
|
Ket
|
1
|
Ketelitian mengamati
lingkungan
|
|||
2
|
Pemahaman akan konsep
|
|||
3
|
Kecermatan dalam
menghubungkan teori dengan kenyataan dilapangan.
|
|||
4
|
Keterampilan mempresentasikan hasil pengamatan dan penjelasan uraian
dengan cara yang menarik
|
|||
5
|
Mampu mengajukan permasalahan (Pertanyaan, ide, gagasan, dan
argumentasi)
|
|||
6
|
Mampu menyajikan penyelesaian dari Suatu permasalahan
|
Petunjuk Penyekoran :
Siswa memperoleh nilai :
Baik : apabila terdapat 5 – 6 jawaban YA
Cukup : apabila terdapat 3 – 4 jawaban YA
Kurang : apabila terdapat 1 – 2 jawaban YA
c.
Lembar Tes Tertulis
1. What is narrative text?
Elaborate
2. What
is descriptive text? Elaborate
3. What
are the similarities between descriptive and explanation text?
4. What
are the differences between descriptive and explanation text?
5. What
does the proverb mean?
6. What
does the riddle mean?
7. In
your opinion, what make proverbs and riddles good and creative?
8. In
your opinion, how importance filling the form in with right and update
information? Explain your answer.
9. Make
5 sentences containing proverbs and riddle.
10. What
is future tense? Mention in type and characteristics.
d.
Lembar Portofolio
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Tanjung
Raja, Januari 2018
Mengetahui Guru
Mapel
Kepala
SMAN)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar