Entri yang Diunggulkan

rpp k 13 bahasa inggris lintas minat untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan .kelas x

< !--[if !mso]> RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah         : SMA Negeri ......... Kelas/Semester        : X/2...

Senin, 11 Maret 2019

rpp k13 bahasa inggris lintas minat ,lagu kelas X

< br />
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah      : SMA Negeri ...
Kelas/Semester      : X/2
Mata Pelajaran      : Bahasa dan Sastra Inggris/Peminatan
S                 Materi Pokok        : Lagu
Alokasi Waktu      : 9 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti

 KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu mengguanakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar

1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.3.Menghargai perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.14.Menganalisis fungsi sosial dan unsur kebahasaan dari dalam lagu, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.18.Menangkap pesan dalam lagu.

C.    Indikator

(Sikap spiritual)
1.      Menunjukkan semangat mengikuti pembelajaran
2.      Menunjukkan keseriusan mengikuti pembelajaran

(Sikap sosial)
2.1.1.   Menunjukkan perilaku santun dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman
2.1.2.  Menunjukkan perilaku peduli dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman

(Pengetahuan)
3.3.1.  Mengidentifikasi pesan dalam lagu (fungsi struktur teks, dan unsur kebahasaan)
3.3.2.  Membandingkan perbedaan antar berbagai pesan dalam lagu, dalam bahasa Inggris, perbedaan yang ada dalam bahasa Indonesia
3.3.3.  Menganalisis fungsi sosial, unsur kebahasaan pesan dalam lagu

(Penerapan)
4.4.1.  Melengkapi teks lagu dengan kata yang sesuai

D.    Tujuan Pembelajaran

(Sikap Spiritual)
3.                     Siswa dapat menunjukkan semangat mengikuti pembelajaran
4.                     Siswa dapat menunjukkan keseriusan mengikuti pembelajaran

(Sikap sosial)
2.1.1.  Siswa dapat menunjukkan perilaku santun dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman
2.1.2.  Siswa dapat menunjukkan perilaku peduli dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman

(Pengetahuan)
3.3.1.  Siswa dapat mengidentifikasi pesan dalam lagu (fungsi struktur teks, dan unsur kebahasaan)
3.3.2.  Siswa dapat membandingkan perbedaan antar berbagai pesan dalam lagu, dalam bahasa Inggris, perbedaan yang ada dalam bahasa Indonesia
3.3.3.  Siswa dapat menganalisis fungsi sosial, unsur kebahasaan pesan dalam lagu

(Penerapan)
4.4.1.  Siswa dapat melengkapi teks lagu dengan kata yang sesuai

E.     Materi Pokok

1.      Lagu
2.      Fungsi sosial : Menghibur, mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral
3.      Unsur kebahasaan :
1.      Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu
2.      Ejaan dan tulisan dengan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
3.      Ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan

F.     Model Pembelajaran
  1. Pendekatan     : Scientific approach
  2. Strategi    : Menyimak, diskusi kelompok, penugasan


G.    Sumber/Media Pembelajaran
1.      Sumber: internet, print out materi
2.      Media: White board, speaker, laptop/mp3 player, board marker, suara guru

H.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan

  • Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English Environment dapat langsung tercipta di pertemuan pertama.
  • Guru dapat menggunakan kaliamat “Good morning, class”.
  • Pastikan peserta didik merespon dengan menjawab kembali “Good morning, Sir/Mam/Miss”.
  • Jika memungkinkan, guru dapat bertanya ke beberapa anak secara individual untuk memastikan bahwa peserta didik dapat merespon perkataan guru.

20 menit
Inti
Mengamati
·         Siswa mendengarkan lagu dari berbagai sumber dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya.
·         Siswa mencoba menirukan pengucapannya dan menuliskan lagu yang digunakan.

Mempertanyakan
·         Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa terpancing untuk mempertanyakan fungsi sosial, ungkapan, unsur kebahasaan yang digunakan.
·         Siswa memperoleh pengetahuan tambahan tentang fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari lagu.

Mengeksplorasi
·         Siswa mencari lagu dari berbagai sumber.
·         Siswa berlatih memahami isi lagu dengan teman.

Mengasosiasi
·         Siswa menganalisis lagu dengan mengelompokkannya berdasarkan jenis lagu.
·         Siswa membandingkan lagu yang disajikan guru dengan yang dipelajari dari berbagai sumber lain.
·         Secara berkelompok siswa mendiskusikan lagu yang mereka temukan dari sumber lain atau budaya lain.
·         Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang disampaikan dalam kerja kelompok.

Mengkomunikasikan
·         Siswa menyanyikan lagu dalam kerja kelompok.
·         Siswa menyanyikan lagu dalam kegiatan bermain peran.
·         Siswa menyanyikan dalam konteks komunikasi yang wajar di dalam kelas, dengan memperhatikan fungsi sosial, ungkapan dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks.
·         Membuat jurnal belajar (learning journal)











365 menit
Penutup
·         Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, siswa ditanya bagaimana perasaannya (REFLEKSI).
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik tentang lagu.
·         Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
·         Siswa diberi tugas kelompok untuk pembelajaran minggu depan untuk penilaian projek.
20 menit




I.       Penilaian

RUBRIK PENILAIAN SPEAKING

Name :................                     Class/Number :..........
Name :................                    Class/Number :..........
KKM :................

No
Criteria to be assessed
Low performance
Good performance
Very good performance
Score
1
Pronounciation
Too many mistakes
With some mistakes
Perfect pronounciation

2
Intonation
Monotonous
Begins to vary the intonation
Accurate intonation

3
Grammar
Too many mistakes
With some mistakes
No mistakes in grammar

4
Content
Plain/simple
Begins to add some information
Add more personal information




Total score


                    3x100+1 x= skor siswa
Final score = total score : 4           

PETUNJUK PENILAIAN WRITING:

Format Penilaian  :

No

Nama
Rentang Skor

Structure of  Text
Text Managements
Accuracy
Coherences (Relationship of ideas )
Jumlah
Nilai
0 – 4
0 – 4
0 - 4
0 – 4










●   Nilai  = Jml. Skor   X  100
                             16


Pensekoran untuk test

Jawaban nilai benar: 1
Jawaban nilai salah: 0
Nilai: Skor yang diperoleh X 100
         Skor maksimal 
Afektif
 Lembar Pengamatan Sikap Peserta didik

No
                    
                       Indikator  Sikap.

Nama Peserta didik.
Cermat melakukan tugas  
Aktif  menjawab pertanyaan
Santun menggunakan b. Inggris
Bertanggungjawab dan menghargai orang lain dalam diskusi
Kedisiplinan dalam tugas
Nilai rata-rata (kualitatif/huruf).
1







2







3







4















Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d. 5
1 = Sangat Kurang          3 = Cukup        5 = Amat Baik
2 = Kurang                      4 = Baik



Mengetahui                             Indralaya, …… Agustus 2015
Kepala SMAN 1












Listen and Practice
You are going to hear a song from Justin Bieber called BABY. Read the words of the song and put the words or phrases in the box into each gap.

Baby

Oh whoa 3x
apart
be
broke
can’t
care
dream
eyes
friends
going
heart
like
love
pieces
play
quit
Say
time
would
you


You know you____me, I know you____

Just shout whenever, and I'll____there
You are my love, you are my_____
And we will never, ever, ever be_____


Are we an item? Girl____playing
We're just_____, what are you saying?
_____there's another were look right in my____
My first love____my heart for the first_____


And I was like

Baby, baby, baby ooh
Like baby, baby, baby noo
Like baby, baby, baby ohh
I thought you'd always be mine mine
Baby, baby, baby ooh
Like baby, baby, baby noo
Like baby, baby, baby ohh
I thought you'd always be mine mine

Oh oh For you, I_____have done whatever
And I just______believe we ain't together
And I wanna_____it cool, but I'm losin' you
I'll buy_____anything, I'll buy you any ring
And I’m in_____, baby fix me
And just shake me till you wake me from this bad______
I'm_______down, down, down, down
And I just can't believe my first love won't be around
And I'm like

Baby, baby, baby ohh
Like baby, baby, baby noo
Like baby, baby, baby ohh
I thought you'd always be mine mine
Baby, baby, baby ohh
Like baby, baby, baby noo
Like baby, baby, baby ohh
I thought you'd always be mine mine









































)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar