RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah/Satuan Pendidikan : SMA NEGERI
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris lintas minat
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok : Teks lisan
dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan keharusan
Alokasi Waktu : 1 Pertemuan (2 x 45 menit)
1.
Kompetensi Inti
Tujuan pembelajaran
sebagaimana dinyatakan dalam kurikulum, berbentuk kompetensi yang terdiriatas
(1) kompetensisikap spiritual, (2)
kompetensi sikap sosial, (3) kompetensi pengetahuan pengetahuan, dan (4)
kompetensi keterampilan. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya, dan kompetensi sosial yaitu menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive, dan proaktif dan
menunujukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Kompetensi ini
dapat dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching), yakni keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan
karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses
pembelajaran berlangsung, dan digunakan sebagai dasar bagi guru dalam menumbuhkan
dan mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
|
|
KI3:
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan Masalah
|
KI4:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.
Kompetensi DasardanIndikatorPencapaian
KompetensiDasar
|
Indikator
|
3.2 menerapkan
fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur
kebahasaan teks
interaksi
transaksional lisan dan
tulis yang
melibatkan tindakan
memberi dan meminta
informasi
terkait keharusan
melakukan suatu
tindakan/kegiatan
pada waktu
yang akan datang,
saat ini, atau
waktu lampau,
sesuai dengan
konteks
penggunaannya.
(Perhatikan unsur
kebahasaan
should+(simple),
should+(continuous),
should+(perfect
|
Melalui pembelajaran ini diharapkan siswa dapat:
1 Menentukan
ungkapan- ungkapan menyatakan dan
menanyakan keharusan.
2 Membandingkan
penggunaan ungkapan- ungkapan menyatakan dan
menanyakan
keharusan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
|
4.2 menyusun teks interaksi
transaksional lisan
dan tulis yang
melibatkan tindakan
memberi dan
meminta informasi
terkait
keharusan melakukan
suatu
tindakan/kegiatan
pada waktu
yang akan datang,
saat ini, atau
waktu lampau,
dengan
memperhatikan
fungsi sosial,
struktur teks, dan
unsur
kebahasaan yang
benar dan sesuai Cenerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan nsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberikan ucapan selamat
dan memuji bersayap (extended),
serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
1.Menyusun dialog menggunakan ungkapan-ungkapan menyatakan dan menanyakan
keharusan dalam
dialog.
2. Berdialog
tentang menyatakan dan menanyakan keharusan
|
5.
Materi
Pembelajaran
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan
keharusan
6.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan: 5menit
·
Peserta didik merespon salam tanda
mensyukuri anugerah Tuhandan saling mendoakan.
·
Pesertadidikmerespon
pertanyaan dari guru berhubungan dengan
pembelajaran sebelumnya.
·
Peserta didik menerima informasi
dengan proaktif tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·
Peserta didik menerima informasi tentanghal-hal yang akan dipelajari dan dikuasa
ikhususnya tentang pembelajaran Teks lisan
dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan keharusan.
|
||||
KegiatanInti: 70 menit
|
||||
·
Siswa mendengarkan dan membaca
banyak kalimat should dengan simple, continuous, perfect tense, dalam
berbagai konteks.
·
Siswa mengikuti interaksi
tentang keharusan melakukan suatu tindakan/kejadian pada waktu yang akan
datang, saat ini, atau akan waktu lampau selama proses pembelajaran, dengan
bimbingan guru.
·
Siswa menirukan contoh-contoh
kalimat should dengan simple, continuous, perfect tense
·
Dengan bimbingan dan arahan
guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat should dengan simple,
continuous, perfect tense (fungsi social, struktur teks, dan unsur
kebahasaan).
·
Dengan bimbingan dan arahan
guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan kalimat should should
dengan simple, continuous, dan perfect tense dalam Bahasa Inggris, perbedaan
ungkapan dalam Bahasa Inggris dengan yang ada dalam Bahasa Indonesia,
kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
·
Siswa menyatakan dan menanyakan
keharusan melakukan suatu tindakan/kejadian pada waktu yang akan datang, saat
ini, atau waktu lampau dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
·
Siswa menyatakan dan menanyakan
keharusan melakukan suatu tindakan/kejadian pada waktu yang akan datang, saat
ini, atau waktu lampau dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajar
·
Siswa membandingkan kalimat
should dengan simple, continuous, perfect tense yang telah dipelajari dengan
ungkapan-ungkapan lainnya.
·
Siswa membandingkan antara
kalimat keharusan melakukan suatu tindakan/kejadian pada waktu yang akan
datang, saat ini, atau akan waktu lampau dalam bahasa Inggris dengan ungkapan
keharusan dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
·
Siswa menyatakan dan menanyakan
keharusan melakukan suatu tindakan/kejadian pada waktu yang akan datang, saat
ini, atau akan waktu lampau, di dalam dan di luar kelas.
·
Siswa menuliskan permasalahan
dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan keharusan
dalam jurnal belajarnya.
|
||||
Penutup: 5
menit
|
||||
7.
Penilaian
·
Guru dan siswa membuat rangkuman hasil
pembelajaran.
·
Memberikan tugas, baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil peserta didik.
KD dan Indikator (KD-3.2: Pengetahuan)
KompetensiDasar
|
Indikator
|
3.2 menerapkan
fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur
kebahasaan teks
interaksi
transaksional lisan dan
tulis yang
melibatkan tindakan
memberi dan meminta
informasi
terkait keharusan
melakukan suatu
tindakan/kegiatan
pada waktu
yang akan datang,
saat ini, atau
waktu lampau,
sesuai dengan
konteks
penggunaannya.
(Perhatikan unsur
kebahasaan
should+(simple),
should+(continuous),
should+(perfect
|
2.
Membandingkan penggunaan ungkapan- ungkapan menyatakan dan menanyakan keharusan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa
Inggris
|
Jenis :
Tulis
Bentuk
: essay
Contoh
instrument :
1. Write sentences with I think … should … or I don’t think … should …
2. What do you think? Write sentences with should
|
KD dan Indikator (KD-4:
Keterampilan)
KompetensiDasar
|
Indikator
|
4.2 menyusun teks
interaksi
transaksional lisan
dan tulis yang
melibatkan tindakan
memberi dan
meminta informasi
terkait
keharusan melakukan
suatu
tindakan/kegiatan
pada waktu
yang akan datang,
saat ini, atau
waktu lampau,
dengan
memperhatikan
fungsi sosial,
struktur teks, dan
unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan nsur kebahasaan teks
interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat dan memuji
bersayap (extended), serta
menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
1.
Menyusun dialog menggunakan ungkapan-ungkapan menyatakan dan menanyakan keharusan dalam dialog.
2.
Berdialog tentang menyatakan dan menanyakan
keharusan
|
Jenis
: Praktik
Bentuk:
Unjuk kerja
ContohInstrumen!
Please make a simple and brief dialogue of asking
and responding expressions of “should”
by your own situation/condition! (in pairs)
|
Pedoman Penskoran
a.
Pengetahuan
PETUNJUK
PENILAIAN WRITING:
Format Penilaian :
No
|
Nama
|
Rentang Skor
|
|||||
Structure of Text
|
Text Managements
|
Accuracy
|
Coherences (Relationship of ideas )
|
Jumlah
|
Nilai
|
||
0 - 4
|
0 - 4
|
0 - 4
|
0 – 4
|
||||
● Nilai = Jml. Skor X 100
16
Pensekoran untuk test
Jawaban nilai benar: 1
Jawaban nilai salah: 0
Nilai: Skor yang diperoleh X 100
Skor
maksimal
b. Keterampilan
instrumen penilaian
RUBRIK PENILAIAN “SPEAKING”
Kelas : __________
Tema : __________
NO
|
ASPEK
|
KRITERIA
|
SKOR
|
1
|
Leksiko-gramatika
|
·
Tata bahasa dan
kosa kata tepat
·
Tata bahasa dan
kosa kata kadang-kadang kurang tepat dan tidak mempengaruhi makna
·
Tata bahasa dan
kosa kata kurang tepat dan mempengaruhi makna
·
Tata bahasa dan
kosa kata sulit dipahami.
·
Diam
|
4
3
2
1
0
|
2
|
Sistematika
a. Interaksional
|
·
Melakukan dan
merespon tindak tutur dengan tepat dalam bahasa lisan
·
Melakukan dan
merespon tindak tutur dalam bahasa lisan dimana kadang-kadang terdapat
kesalah-pahaman
·
Sering terjadi
kesalahan dalam melakukan dan merespon tindak tutur.
·
Tidak mampu
melakukan dan merespon tindak tutur sederhana.
·
Memproduksi
kata-kata yang tidak berbentuk teks
|
4
3
2
1
0
|
3
|
Ucapan
dan Intonasi
|
·
Sangat jelas dan
mendekati penutur asli.
·
Sangat jelas
walaupun dengan aksen bahasa ibu.
·
Kurang jelas dan
mempengaruhi makna.
·
Tidak jelas dan
menghilangkan sebagian makna
·
Tidak jelas dan
tidak bermakna
|
4
3
2
1
0
|
4
|
Komunikasi Interaktif
|
·
Percaya diri dan lancar dalam
mengambil giliran bicara serta mampu mengkoreksi diri jika melakukan
kesalahan.
·
Percaya diri
meskipun ada pengulangan dan kerakuguan.
·
Lebih banyak
merespon dari berinisiatif.
·
Sulit diajak
bicara meskipun sudah dipancing.
·
Tidak mampu
merespon dan berinisiatif.
|
4
3
2
1
0
|
Jumlah
|
16
|
Unjuk kerja
·
Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi
pernyataan dan pertanyaan tentang keharusan.
·
Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan
dalam menyampaikan ungkapan untuk menyatakan dan menanyakan keharusan.
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi
untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
·
Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan
keharusan ketika muncul kesempatan.
·
Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·
Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi
F.
PendukungPembelajaran (Alat, Media, Bahan, Sumber)
1.
Buku
teks yang relevan
2.
Paper
sheet
3.
Internet.
Mengetahui
KepalaSMAN.
|
2018
Guru Mata Pelajaran,
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri
Mata
Pelajaran : English
Materi Pokok : (Formulir Isian)
Kelas/Semester : X
/ 1
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
KOMPETENSI INTI
Kompetensi Sikap
Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial (rasa
ingin tahu, tanggung jawab, displin dan pantang menyerah) dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran
Kompetensi Pengetahuandan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
KI3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar dan
IPK:
A. Tujuan
Pembelajaran
Melalui model pembelajaran Cooperative Learning, peserta didik
menggali informasi dari berbagai sumber belajar, diharapkan peserta didik dapat
membedakan dan menangkap makna secara kontekstual
terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks
khusus
dalam bentuk formulir isian yang digunakan
di perusahaan/bank/instansi lain,
dengan
memberi
dan
meminta informasi
terkait jati
diri dan
informasi yang
relevan, sesuai
dengan konteks penggunaannya dengan rasa ingin tahu,
teliti, disiplin dan bertanggung jawab.
B. Materi
Pembelajaran
·
Fungsi sosial
Menjelaskan,
mendeskripsikan, mengomentari teks caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
·
Struktur teks
Struktur teks caption
dapat mencakup:
-
Informasi umum
-
Informasi khusus
·
Unsur kebahasaan
-
Frasa nominal untuk benda, orang, binatang, lokasi, dsb. yang menjadi
fokus, kata kerja sesuai dengan formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
-
Tense yang sesuai dengan peristiwa atau kegiatan yang digambarkan
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi
-
Ejaan dan tanda baca
-
Tulisan tangan
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum : Scientific
Model Pembelajaran : Cooperative learning
Metode : Diskusi, tanya jawab, Project, dan Presentasi
D. Sumber/
Bahan/ Alat Belajar
1. Media : Microsoft PowerPoint unit 1 Buku English Skills for the Future 1
2.
Alat : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan
belajar. Komputer dan Proyektor.
3. Sumber : Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA
Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal),
internet, dan lingkungan sekitar.
E. Kegiatan
Pembelajaran
IPK :
3.1.1
Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk teks
caption terkait formulir isian pada
perusahaan/bank/instansi lain.
3.1.2 Menjelaskan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan
beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
PERTEMUAN
1
1. Kegiatan
Pendahuluan (7
menit)
-
Memberi salam dan berdoa sebelum pembelajaran dimulai;
-
Memberi
apersepsi tentang teks caption
terkait formulir isian pada
perusahaan/bank/instansi lain.
-
Menyampaikan tujuan yang akan dicapai berkaitan dengan membedakan dan menangkap makna secara kontekstual
-
Menyampaikan
garis besar cakupan materi yaitu membedakan
dan menangkap makna secara kontekstual
terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks
khusus
dalam bentuk formulir isian
-
Menyampaikan
metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan
saat membahas materi tentang teks caption terkait formulir
isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
2. Kegiatan
Inti (75
menit)
·
Membaca beberapa caption terkait formulir isian pada
perusahaan/bank/instansi lain.
·
Bertanya dan mempertanyakan terkait fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks khusus berbentuk
caption.
·
Membedakan teks khusus berbentuk caption dalam bahasa
Indonesia dan bahasa Inggris
·
Membahas sebuah contoh analisis teks caption terkait
struktur dan unsur kebahasaan .
·
Secara berkelompok, membaca dan mendiskusikan 1 caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain yang berbeda berbahasa Inggris dengan menggunakan tabel analisis/mind mapping.
·
Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi
terkait fungsi, struktur, dan unsur kebahasaan
3. Kegiatan
Penutup (8
menit)
-
Memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran:
Well, class, you have done a very good job today. Most of you are active. I
hope next time, all of you involve in the interaction. How do you feel during
the lesson? Is there anyone want to say something?
-
Menyimpulkan apa yang dipelajari hari ini
-
Pemberian tugas berupa mencari teks khusus berbentuk
caption.
-
Menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya.
PERTEMUAN II
IPK :
3.1.3 Menggunakan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan
beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
3.1.4 Membedakan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan
beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
1. Kegiatan
Pendahuluan (7
menit)
-
Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses
pembelajaran.
-
Memotivasi peserta didik dengan dengan bertanya-jawab
tentang teks khusus berbentuk caption di bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
-
Mereview pembahasan pada kegiatan sebelumnya.
-
Menyampaikan
cakupan materi
-
Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik
penilaian yang akan digunakan saat membahas materi tentang teks caption terkait formulir isian
pada perusahaan/bank/instansi lain.
2. Kegiatan
Inti (75
menit)
-
Secara berkelompok, saling membacakan sebuah teks
khusus berbentuk caption
terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
-
Mendiskusikan perbedaan fungsi sosial, struktur teks
dan unsur kebahasaaan dari teks khusus berbentuk caption terkait formulir isian pada
perusahaan/bank/instansi lain.
-
Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi.
-
Secara individu membaca sebuah teks caption terkait formulir isian
pada perusahaan/bank/instansi lain.
3. Kegiatan
Penutup (8
menit)
-
Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari
dalam pertemuan ini dan sebelumnya “Well, we have talked about self identity
for two meetings so far, is there anyone who can tell his/her feeling during
the lesson?”
-
Menyimpulkan pembelajaran “Who can conclude what you have studied
during this two meetings?”
-
Memberikan tugas mengambil beberapa foto peristiwa di
sekitar sekolah atau tempat tinggal dan membawa pada dipertemuan yang akan
datang.
PERTEMUAN
III
IPK :
4.1.1 Merancang teks khusus dalam
bentuk caption terkait
formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
4.1.2 Menulis teks khusus dalam
bentuk Caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi
lain.
1. Kegiatan
Pendahuluan (7
menit)
-
Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses
pembelajaran.
-
Memotivasi peserta didik dengan dengan bertanya-jawab
tentang teks khusus berbentuk caption di bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
-
Mereview pembahasan pada kegiatan sebelumnya.
-
Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran
2. Kegiatan
Inti (75
menit)
-
Secara individu menulis/mengisi caption formulir
isian pada perusahaan/bank/instansi lain yang ditugaskan sebelumnya
menggunakan aplikasi pada HP/Ipad siswa atau menggunakan laptop bagi yang
membawanya.
-
Secara berkelompok membahas caption yang sudah ditulis
oleh masing-masing anggota terkait tujuan, struktur, dan unsur kebahasaan yang
digunakan
-
Masing-masing anggota merevisi caption yang ditulis
berdasarkan hasil diskusi kelompok
-
Masing-masing anggota kelompok mengirimkan caption
yang sudah direvisi ke guru melalui email, WA atau LINE.
3. Kegiatan
Penutup (8
menit)
-
Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari dalam
pertemuan ini dan sebelumnya “Let’s share how
far can you follow the lesson and how feel during the lesson? Who can conclude
what you have studied during this two meetings?”
-
Memberikan tugas teks khusus berbentuk caption, di
print out dan digunting.
PERTEMUAN
IV
IPK :
4.1.3 Mempresentasikan teks khusus
dalam bentuk caption terkait formulir isian pada
perusahaan/bank/instansi lain.
1. Kegiatan
Pendahuluan (7
menit)
-
Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses
pembelajaran.
-
Memotivasi peserta didik dengan bertanya-jawab tentang teks khusus berbentuk caption terkait formulir isian pada
perusahaan/bank/instansi lain dalam bahasa Indonesia dan bahasa
Inggris
-
Mereview pembahasan pada kegiatan sebelumnya.
-
Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan.
2. Kegiatan
Inti (75
menit)
-
Secara berkelompok merancang projek berupa “Mading” berbagai bentuk formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
-
Menyiapkan semua bahan pembuatan mading.
-
Masing-masing anggota kelompok menulis teks khusus
berbentuk caption formulir
isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
-
Membahas susunan caption, struktur teks, dan unsur
kebahasaa yang benar.
-
Masing-masing kelompok memajang Mading teks khusus
berbentuk caption yang sudah disusunnya dan mempresentasikan di depan kelas
kemudian memasukan pada dokumen portofolio.
3. Kegiatan
Penutup (8
menit)
-
Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari
dalam pertemuan ini dan sebelumnya “Let’s share how
far can you follow the lesson and how feel during the lesson? Who can conclude
what you have studied during this three meetings?”
-
Menyimpulkan apa yang dipelajari hari ini.
-
Memberi Tugas pada pertemuan
selanjutnya/menyampaikan materi selanjutnya
F.
PENILAIAN
1. Teknik Penilaian:
a.
Penilaian Sikap : Observasi/pengamatan
b.
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c.
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/Praktik, Proyek, Portofolio
2. Bentuk
Penilaian:
a.
Observasi : Jurnal guru
b.
Tes tertulis : uraian dan lembar
kerja
c.
Unjuk kerja : Praktik/Pedoman Penskoran
d.
Proyek : Produk/Pedoman Penskoran
e.
Portofolio : E-Portofolio
3. Instrumen Penilaian (terlampir)
Tanjung
Raja, Juli 2018
Mengetahui Guru
Mapel
Kepala
SMAN 1 Tanjung Raja
LAMPIRAN 1
MATERI PEMBELAJARAN PERTEMUAN 1 dan 2
·
Fungsi sosial
Menjelaskan,
mendeskripsikan, mengomentari teks caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
·
Struktur teks
Struktur teks caption
dapat mencakup:
-
Informasi umum
-
Informasi khusus
·
Unsur kebahasaan
-
Frasa nominal untuk hobi, orang, pekerjaan, lokasi, dsb. yang menjadi fokus, kata kerja sesuai
dengan formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
-
Tense yang sesuai dengan peristiwa atau kegiatan yang digambarkan
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi
-
Ejaan dan tanda baca
-
Tulisan tangan
FORM
1
FORM
2
FORM 3
FORM 4
FORM 5
FORM 6
FORM 7
LAMPIRAN 2
INSTRUMEN PENILAIAN
PERTEMUAN 1 DAN 2
KISI-KISI PENILAIAN HARIAN
SOAL/TUGAS
a.
SOAL
·
Lisan
Ø Read
the text carefully. Then, anwer the questions given by the teacher orally!
1. What is
the picture about?
2. How
do you know about it?
3. What
do you think the function of the caption?
4. What
kind of sentence is used in the caption? How do you know?
·
Tertulis
Ø Read the text
one more time, and then discuss the answer of these questions and
write it in a piece of paper!
1. What
kind of information do you find in a caption?
2. Is there any specific way of writing a caption? Explain your answer!
b.
RUBRIK
1)
Rubrik Penilaian tes lisan dan tulis
Penilaian Sikap
Jurnal Guru
LAMPIRAN 3
MATERI PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 3 dan 4
·
Fungsi sosial
Menjelaskan,
mendeskripsikan, mengomentari teks caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
·
Struktur teks
Struktur teks caption
dapat mencakup:
-
Informasi umum
-
Informasi khusus
·
Unsur kebahasaan
-
Frasa nominal untuk hobi, orang, pekerjaan, lokasi, dsb. yang menjadi fokus, kata kerja sesuai
dengan formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
-
Tense yang sesuai dengan peristiwa atau kegiatan yang digambarkan
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi
-
Ejaan dan tanda baca
-
Tulisan tangan
KISI-KISI PROYEK/UNJUK KERJA
1. UNJUK
KERJA
-
Individuall, make 1 form Hobby/Job/Personal Identity
Rubrik Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja)
2.
PROYEK
Rubrik Penilaian Keterampilan
-
In
group of four, create
a School ‘Mading’ that contain 3 form, 1 of them taken from individual
task and other taken from a news paper. Design your ‘Mading’ as good as
possible.
)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar