Entri yang Diunggulkan

rpp k 13 bahasa inggris lintas minat untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan .kelas x

< !--[if !mso]> RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah         : SMA Negeri ......... Kelas/Semester        : X/2...

Kamis, 07 Maret 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN k13 bahasa inggris lintas minat ( should )

< !--[if gte mso 9]> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah/Satuan Pendidikan                : SMA NEGERI
Mata Pelajaran                                    : Bahasa Inggris lintas minat
Kelas/Semester                                    : X/1
Materi Pokok                                      : Teks  lisan dan tulis untuk menyatakan dan
                                                               menanyakan keharusan
Alokasi Waktu                                    : 1 Pertemuan (2 x 45 menit)

1.         Kompetensi Inti

Tujuan pembelajaran sebagaimana dinyatakan dalam kurikulum, berbentuk kompetensi yang terdiriatas (1) kompetensisikap spiritual,                                   (2) kompetensi sikap sosial, (3) kompetensi pengetahuan pengetahuan, dan (4) kompetensi keterampilan. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, dan kompetensi sosial yaitu menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive, dan proaktif dan menunujukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

Kompetensi ini dapat dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yakni keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan digunakan sebagai dasar bagi guru dalam menumbuhkan dan mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KI3:
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan Masalah


KI4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


4.         Kompetensi DasardanIndikatorPencapaian

KompetensiDasar
Indikator
3.2 menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi
terkait keharusan melakukan suatu
tindakan/kegiatan pada waktu
yang akan datang, saat ini, atau
waktu lampau, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan
should+(simple),
should+(continuous),
should+(perfect
Melalui pembelajaran ini diharapkan siswa dapat:

1  Menentukan ungkapan- ungkapan menyatakan dan menanyakan keharusan.
2 Membandingkan penggunaan ungkapan- ungkapan menyatakan dan menanyakan
    keharusan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

   





4.2  menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait
keharusan melakukan suatu
tindakan/kegiatan pada waktu
yang akan datang, saat ini, atau
waktu lampau, dengan
memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai Cenerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan nsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan      memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

1.Menyusun dialog menggunakan ungkapan-ungkapan menyatakan dan menanyakan
    keharusan dalam dialog.
2. Berdialog tentang menyatakan dan menanyakan keharusan







5.      Materi Pembelajaran

       Teks  lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan keharusan





6.         Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan:  5menit
·         Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhandan saling mendoakan.
·         Pesertadidikmerespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.
·         Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Peserta didik menerima informasi tentanghal-hal yang akan dipelajari dan  dikuasa  ikhususnya tentang pembelajaran Teks  lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan keharusan.



KegiatanInti: 70 menit





·         Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat should dengan simple, continuous, perfect tense, dalam berbagai konteks.
·         Siswa mengikuti interaksi tentang keharusan melakukan suatu tindakan/kejadian pada waktu yang akan datang, saat ini, atau akan waktu lampau selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
·         Siswa menirukan contoh-contoh kalimat should dengan simple, continuous, perfect tense
·         Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat should dengan simple, continuous, perfect tense (fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
·         Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan kalimat should should dengan simple, continuous, dan perfect tense dalam Bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dalam Bahasa Inggris dengan yang ada dalam Bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
·         Siswa menyatakan dan menanyakan keharusan melakukan suatu tindakan/kejadian pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
·         Siswa menyatakan dan menanyakan keharusan melakukan suatu tindakan/kejadian pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajar
·         Siswa membandingkan kalimat should dengan simple, continuous, perfect tense yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
·         Siswa membandingkan antara kalimat keharusan melakukan suatu tindakan/kejadian pada waktu yang akan datang, saat ini, atau akan waktu lampau dalam bahasa Inggris dengan ungkapan keharusan dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
·         Siswa menyatakan dan menanyakan keharusan melakukan suatu tindakan/kejadian pada waktu yang akan datang, saat ini, atau akan waktu lampau, di dalam dan di luar kelas.

·         Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan keharusan dalam jurnal belajarnya.









Penutup: 5 menit







7.         Penilaian

·         ­­Guru dan siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran.
·         Memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil peserta didik.

  KD dan Indikator (KD-3.2: Pengetahuan)

KompetensiDasar
Indikator
3.2 menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi
terkait keharusan melakukan suatu
tindakan/kegiatan pada waktu
yang akan datang, saat ini, atau
waktu lampau, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan
should+(simple),
should+(continuous),
should+(perfect

1.      Menentukan ungkapan- ungkapan menyatakan dan menanyakan keharusan.

2.      Membandingkan penggunaan ungkapan- ungkapan menyatakan dan menanyakan keharusan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris


Jenis              : Tulis
Bentuk          :  essay

Contoh instrument :
1.      Write sentences with I thinkshould … or I don’t thinkshould
2.      What do you think? Write sentences with should
                                                                                                                              

 




 KD dan Indikator (KD-4: Keterampilan)

KompetensiDasar
Indikator
4.2 menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait
keharusan melakukan suatu
tindakan/kegiatan pada waktu
yang akan datang, saat ini, atau
waktu lampau, dengan
memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan nsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan      memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

1.      Menyusun dialog menggunakan ungkapan-ungkapan menyatakan dan menanyakan keharusan dalam dialog.
2.      Berdialog tentang menyatakan dan menanyakan keharusan






Jenis : Praktik
Bentuk: Unjuk kerja

ContohInstrumen!
Please make a simple and brief dialogue of asking and responding expressions of “should” by your own situation/condition! (in pairs)










Pedoman Penskoran
a.      Pengetahuan

PETUNJUK PENILAIAN WRITING:
Format Penilaian  :


No


Nama
Rentang Skor

Structure of  Text
Text Managements
Accuracy
Coherences (Relationship of ideas )
Jumlah
Nilai
0 - 4
0 - 4
0 - 4
0 – 4










●   Nilai  = Jml. Skor   X  100
                             16

Pensekoran untuk test

Jawaban nilai benar: 1
Jawaban nilai salah: 0
Nilai: Skor yang diperoleh X 100
         Skor maksimal 



























b. Keterampilan

instrumen penilaian
                  
RUBRIK PENILAIAN “SPEAKING”
Kelas               : __________
Tema              : __________

NO
ASPEK
KRITERIA
SKOR
1
Leksiko-gramatika
·      Tata bahasa dan kosa kata tepat
·      Tata bahasa dan kosa kata kadang-kadang kurang tepat dan tidak mempengaruhi makna
·      Tata bahasa dan kosa kata kurang tepat dan mempengaruhi makna
·      Tata bahasa dan kosa kata sulit dipahami.
·      Diam
4
3

2

1
0
2
Sistematika

a.  Interaksional

·   Melakukan dan merespon tindak tutur dengan tepat dalam bahasa lisan
·   Melakukan dan merespon tindak tutur dalam bahasa lisan dimana kadang-kadang terdapat kesalah-pahaman
·   Sering terjadi kesalahan dalam melakukan dan merespon tindak tutur.
·   Tidak mampu melakukan dan merespon tindak tutur sederhana.
·   Memproduksi kata-kata yang tidak berbentuk teks
4

3

2

1
0
3
Ucapan dan Intonasi
·      Sangat jelas dan mendekati penutur asli.
·      Sangat jelas walaupun dengan aksen bahasa ibu.
·      Kurang jelas dan mempengaruhi makna.
·      Tidak jelas dan menghilangkan sebagian makna
·      Tidak jelas dan tidak bermakna
4
3
2
1
0
4
 Komunikasi Interaktif
·      Percaya diri dan lancar dalam mengambil giliran bicara serta mampu mengkoreksi diri jika melakukan kesalahan.
·      Percaya diri meskipun ada pengulangan dan kerakuguan.
·      Lebih banyak merespon dari berinisiatif.
·      Sulit diajak bicara meskipun sudah dipancing.
·      Tidak mampu merespon dan berinisiatif.
4

3
2
1
0


Jumlah
16

Unjuk kerja
·         Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan tentang keharusan.
·         Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyampaikan ungkapan untuk menyatakan dan menanyakan keharusan.



Pengamatan (observations): 
Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
·         Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan keharusan ketika muncul  kesempatan.
·         Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·         Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi




F. PendukungPembelajaran (Alat, Media, Bahan, Sumber)
1.      Buku teks yang relevan
2.      Paper sheet
3.      Internet.






Mengetahui
KepalaSMAN. 





                                                                                               2018
                                                                      Guru Mata Pelajaran,







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan       :    SMA Negeri
Mata Pelajaran             :    English
Materi Pokok                :    (Formulir Isian)
Kelas/Semester              :    X / 1
Alokasi Waktu           :    8  x 45 menit

KOMPETENSI INTI

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial (rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin dan pantang menyerah) dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuandan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

KI3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


Kompetensi Dasar dan IPK:    

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3.1.Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/bank/instansi lain, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan informasi yang relevan, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.1.1 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.

3.1.2  Menjelaskan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.

3.1.3   Menggunakan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.

3.1.4  Membedakan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.

4.1. Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/bank/instansi lain, terkait jati diri dan informasi yang relevan
4.1.1  Merancang teks khusus dalam bentuk caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.

4.1.2  Menulis teks khusus dalam bentuk Caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.


4.1.3  Mempresentasikan teks khusus dalam bentuk caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.




A.       Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran Cooperative Learning, peserta didik menggali informasi dari berbagai sumber belajar, diharapkan peserta didik dapat membedakan dan menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/bank/instansi lain, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan informasi yang relevan, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan rasa ingin tahu, teliti, disiplin dan bertanggung jawab.

B.       Materi Pembelajaran
·         Fungsi sosial
Menjelaskan, mendeskripsikan, mengomentari teks caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
·         Struktur teks
Struktur teks caption dapat mencakup:
-        Informasi umum
-        Informasi khusus
·         Unsur kebahasaan
-        Frasa nominal untuk benda, orang, binatang, lokasi, dsb. yang menjadi fokus, kata kerja sesuai dengan  formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
-        Tense yang sesuai dengan peristiwa atau kegiatan yang digambarkan
-        Ucapan, tekanan kata, intonasi
-        Ejaan dan tanda baca
-        Tulisan tangan

C.        Metode Pembelajaran
Pendekatan umum       : Scientific
Model Pembelajaran    : Cooperative learning
Metode                        : Diskusi, tanya jawab, Project, dan Presentasi

D.       Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1. Media     : Microsoft PowerPoint unit 1 Buku English Skills for the Future 1
2. Alat        : Video atau gambar yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar. Komputer dan Proyektor.
3. Sumber  : Buku English Skills for the Future 1 untuk Kelas X SMA/MA Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya, literatur ilmiah (buku atau jurnal), internet, dan lingkungan sekitar.

E.       Kegiatan Pembelajaran
IPK :
3.1.1 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.

3.1.2  Menjelaskan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.

PERTEMUAN 1
1.    Kegiatan Pendahuluan (7 menit)
-          Memberi salam dan berdoa sebelum pembelajaran dimulai;
-          Memberi apersepsi tentang teks caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
-          Menyampaikan tujuan yang akan dicapai berkaitan dengan membedakan dan menangkap makna secara kontekstual
-          Menyampaikan garis besar cakupan materi yaitu membedakan dan menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk formulir isian
-          Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi tentang teks caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.

2.    Kegiatan Inti (75 menit)
·         Membaca beberapa caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
·         Bertanya dan mempertanyakan terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks khusus berbentuk caption.
·         Membedakan teks khusus berbentuk caption dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
·         Membahas sebuah contoh analisis teks caption terkait struktur dan unsur kebahasaan .
·         Secara berkelompok, membaca dan mendiskusikan 1 caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain yang berbeda berbahasa Inggris dengan menggunakan tabel analisis/mind mapping.  
·         Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi terkait fungsi, struktur, dan unsur kebahasaan

3.    Kegiatan Penutup (8 menit)
-          Memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran: Well, class, you have done a very good job today. Most of you are active. I hope next time, all of you involve in the interaction. How do you feel during the lesson? Is there anyone want to say something?
-          Menyimpulkan apa yang dipelajari hari ini
-          Pemberian tugas berupa mencari teks khusus berbentuk caption.
-          Menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

PERTEMUAN II
IPK :
3.1.3   Menggunakan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.

3.1.4  Membedakan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.

1.      Kegiatan Pendahuluan (7 menit)
-       Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran.
-       Memotivasi peserta didik dengan dengan bertanya-jawab tentang teks khusus berbentuk caption di bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
-       Mereview pembahasan pada kegiatan sebelumnya.
-       Menyampaikan cakupan materi
-       Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi tentang teks caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.

2.      Kegiatan Inti (75 menit)
-       Secara berkelompok, saling membacakan sebuah teks khusus berbentuk caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
-       Mendiskusikan perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaaan dari teks khusus berbentuk caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
-       Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi.
-       Secara individu membaca sebuah teks caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.



3.      Kegiatan Penutup (8 menit)
-       Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari dalam pertemuan ini dan sebelumnya “Well, we have talked about self identity for two meetings so far, is there anyone who can tell his/her feeling during the lesson?”
-       Menyimpulkan pembelajaran  “Who can conclude what you have studied during this two meetings?”
-       Memberikan tugas mengambil beberapa foto peristiwa di sekitar sekolah atau tempat tinggal dan membawa pada dipertemuan yang akan datang.

PERTEMUAN III
IPK :
4.1.1  Merancang teks khusus dalam bentuk caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.

4.1.2  Menulis teks khusus dalam bentuk Caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.

1.      Kegiatan Pendahuluan (7 menit)
-       Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran.
-       Memotivasi peserta didik dengan dengan bertanya-jawab tentang teks khusus berbentuk caption di bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
-       Mereview pembahasan pada kegiatan sebelumnya.
-       Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran

2.      Kegiatan Inti (75 menit)
-       Secara individu menulis/mengisi caption formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain yang ditugaskan sebelumnya menggunakan aplikasi pada HP/Ipad siswa atau menggunakan laptop bagi yang membawanya.
-       Secara berkelompok membahas caption yang sudah ditulis oleh masing-masing anggota terkait tujuan, struktur, dan unsur kebahasaan yang digunakan
-       Masing-masing anggota merevisi caption yang ditulis berdasarkan hasil diskusi kelompok
-       Masing-masing anggota kelompok mengirimkan caption yang sudah direvisi ke guru melalui email, WA atau LINE.

3.      Kegiatan Penutup (8 menit)
-       Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari dalam pertemuan ini dan sebelumnya “Let’s share how far can you follow the lesson and how feel during the lesson? Who can conclude what you have studied during this two meetings?”
-       Memberikan tugas teks khusus berbentuk caption, di print out dan digunting.

PERTEMUAN IV
IPK :
4.1.3  Mempresentasikan teks khusus dalam bentuk caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.

1.      Kegiatan Pendahuluan (7 menit)
-       Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran.
-       Memotivasi peserta didik dengan bertanya-jawab tentang teks khusus berbentuk caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
-       Mereview pembahasan pada kegiatan sebelumnya.
-       Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan.





2.      Kegiatan Inti (75 menit)
-       Secara berkelompok merancang projek berupa “Mading” berbagai bentuk formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
-       Menyiapkan semua bahan pembuatan mading.
-       Masing-masing anggota kelompok menulis teks khusus berbentuk caption formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
-       Membahas susunan caption, struktur teks, dan unsur kebahasaa yang benar.
-       Masing-masing kelompok memajang Mading teks khusus berbentuk caption yang sudah disusunnya dan mempresentasikan di depan kelas kemudian memasukan pada dokumen portofolio.

3.      Kegiatan Penutup (8 menit)
-       Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari dalam pertemuan ini dan sebelumnya “Let’s share how far can you follow the lesson and how feel during the lesson? Who can conclude what you have studied during this three meetings?”
-       Menyimpulkan apa yang dipelajari hari ini.
-       Memberi Tugas pada pertemuan selanjutnya/menyampaikan materi selanjutnya


F.      PENILAIAN
1.    Teknik Penilaian:
a.         Penilaian Sikap                   : Observasi/pengamatan
b.         Penilaian Pengetahuan   : Tes Tertulis
c.         Penilaian Keterampilan  : Unjuk Kerja/Praktik, Proyek, Portofolio
2.    Bentuk Penilaian:            
a.         Observasi                              : Jurnal guru
b.         Tes tertulis                           : uraian dan lembar kerja
c.         Unjuk kerja                          : Praktik/Pedoman Penskoran
d.         Proyek                                   : Produk/Pedoman Penskoran
e.         Portofolio                             : E-Portofolio
3.    Instrumen Penilaian (terlampir)






                                                                                                        Tanjung Raja,    Juli  2018
                 Mengetahui                                                                     Guru Mapel
                 Kepala SMAN 1 Tanjung Raja                                       



                                                                                                       








LAMPIRAN 1

MATERI PEMBELAJARAN PERTEMUAN 1 dan 2

·         Fungsi sosial
Menjelaskan, mendeskripsikan, mengomentari teks caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
·         Struktur teks
Struktur teks caption dapat mencakup:
-        Informasi umum
-        Informasi khusus
·         Unsur kebahasaan
-        Frasa nominal untuk hobi, orang, pekerjaan, lokasi, dsb. yang menjadi fokus, kata kerja sesuai dengan  formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
-        Tense yang sesuai dengan peristiwa atau kegiatan yang digambarkan
-        Ucapan, tekanan kata, intonasi
-        Ejaan dan tanda baca
-        Tulisan tangan





FORM 1





FORM 2

FORM 3
*     

FORM 4
*     
*       




FORM 5

*     



FORM 6

*     
*       
*       
*      FORM 7
*     

LAMPIRAN 2

INSTRUMEN PENILAIAN PERTEMUAN  1 DAN 2

KISI-KISI PENILAIAN HARIAN
KD
IPK
Materi
Indikator
Bentuk Soal
3.1.Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/bank/instansi lain, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan informasi yang relevan, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.1.1 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.

3.1.2  Menjelaskan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.

3.1.3   Menggunakan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.

3.1.4  Membedakan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.

·     Fungsi sosial Menjelaskan, mendeskripsikan, mengomentari teks caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.

·     Struktur teks caption dapat mencakup:
-    Informasi umum
-    Informasi khusus

·     Unsur kebahasaan
-    Frasa nominal untuk benda, orang, binatang, lokasi, dsb. yang menjadi fokus, kata kerja sesuai dengan  formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
-    Tense yang sesuai dengan peristiwa atau kegiatan yang digambarkan
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi
-    Ejaan dan tanda baca
-    Tulisan tangan

Disajikan sebuah teks caption Formulir isian, peserta didik dapat meng-identifikasi:
·      Fungsi sosial
·      Struktur teks
·      Unsur kebahasaan

Disajikan sebuah teks caption terkait formulir isian peserta didik dapat menjelaskan unsur kebahasaan tentang meminta dan memberi informasi  


Disajikan beberapa teks caption terkait formulir isian, peserta didik dapat menerapkan unsur kebahasaan tentang meminta dan memberi informasi

Disajikan beberapa teks caption terkait formulir isian, peserta didik dapat membedakan unsur kebahasaan tentang meminta dan memberi informasi


Lisan










Tertulis














SOAL/TUGAS
a.      SOAL
·         Lisan
Ø  Read the text carefully. Then, anwer the questions given by the teacher orally!
1.       What is the picture about?
2.       How do you know about it?
3.       What do you think the function of the caption?
4.       What kind of sentence is used in the caption? How do you know?
·         Tertulis
Ø  Read the text one more time, and then discuss the answer of these questions and write it in a piece of paper!
1.       What kind of information do you find in a caption?
2.       Is there any specific way of writing a caption? Explain your answer!

b.      RUBRIK

1)     Rubrik Penilaian tes lisan dan tulis

JAWABAN
Kreteria
SKOR
1.       The general and specific information about the picture form 1-7
2.       The general information/specific information about the picture form 1-7
3.       Other then 1 and 2
Tepat

Kurang tepat

Tidak tepat

3

2

1


Penilaian Sikap

Jurnal Guru

NO
HARI/TGL/ JAM KE
NAMA
PRILAKU/ KEJADIAN
BUTIR SIKAP
POS/NEG
TINDAK LANJUT





























LAMPIRAN 3

MATERI PEMBELAJARAN PERTEMUAN 3 dan 4

·         Fungsi sosial
Menjelaskan, mendeskripsikan, mengomentari teks caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
·         Struktur teks
Struktur teks caption dapat mencakup:
-        Informasi umum
-        Informasi khusus
·         Unsur kebahasaan
-        Frasa nominal untuk hobi, orang, pekerjaan, lokasi, dsb. yang menjadi fokus, kata kerja sesuai dengan  formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
-        Tense yang sesuai dengan peristiwa atau kegiatan yang digambarkan
-        Ucapan, tekanan kata, intonasi
-        Ejaan dan tanda baca
-        Tulisan tangan


KISI-KISI PROYEK/UNJUK KERJA
KD
IPK
Materi
Indikator
Bentuk Soal
4.1. Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/bank/instansi lain, terkait jati diri dan informasi yang relevan
4.1.1  Merancang teks khusus dalam bentuk caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.


4.1.2 Menulis teks khusus dalam bentuk Caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.

4.1.3 Mempresentasikan teks khusus dalam bentuk caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.\
·     Fungsi sosial Menjelaskan, mendeskripsikan, mengomentari teks caption terkait formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.

·     Struktur teks caption dapat mencakup:
-    Informasi umum
-    Informasi khusus

·     Unsur kebahasaan
-    Frasa nominal untuk benda, orang, binatang, lokasi, dsb. yang menjadi fokus, kata kerja sesuai dengan  formulir isian pada perusahaan/bank/instansi lain.
-    Tense yang sesuai dengan peristiwa atau kegiatan yang digambarkan
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi
-    Ejaan dan tanda baca
-    Tulisan tangan
Setelah berdiskusi tentang formulir isian  pada perusahaan/bank/instansi lain siswa dapat merancang teks caption yang terkait formulir isian sesuai dengan informasi yang relevan.

Setelah berdiskusi tentang formulir isian  pada perusahaan/bank/instansi lain siswa dapat menulis teks caption yang terkait formulir isian sesuai dengan informasi yang relevan.

Setelah merancang dan menulis formulir isian  pada perusahaan/bank/instansi lain siswa dapat mempresentasikan hasil rancangan dan tulisan teks caption yang terkait formulir isian sesuai dengan informasi yang relevan.
Unjuk Kerja









Unjuk Kerja









Unjuk Kerja/
Poyek






1.       UNJUK KERJA
-      Individuall, make 1 form Hobby/Job/Personal Identity

Rubrik Penilaian Keterampilan (Unjuk  Kerja)

KRITERIA
KURANG
(45-60)
CUKUP
(61-75)
BAIK
(76-88)
SANGAT BAIK
(89 – 100)
Bertanya-jawab
Kalimat kurang bisa dipahami
Kalimat jelas namun ada beberapa unsur bahasa yang belum tepat
Kalimat jelas dengan struktur  dan unsur bahasa yang yang sederhana
Kalimat dengan struktur sesuai dan unsur bahasa yang tepat serta pengucapan lancar
Presentasi
Membaca teks, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas tapi lancar
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
 Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai


2.      PROYEK
Rubrik Penilaian Keterampilan
-      In group of four, create a School ‘Mading’ that contain 3 form, 1 of them taken from individual task and other taken from a news paper. Design your ‘Mading’ as good as possible.


SKOR

1
2
3
PERSIAPAN
Bahan tidak lengkap ≥ 5
Bahan kurang lengkap ≥ 8
Bahan lengkap ≤ 9
PROSES
Hanya 2 anggota yang terlibat dan aktif serta pembagian tugas kurang jelas
Hanya 1 anggota yang tidak terlibat yang lain aktif serta pembagian tugas jelas
Semua hanya 2 anggota yang terlibat dan aktif serta pembagian tugas jelas
HASIL
Design sederhana, fungsi sosial tercapai, struktur jelas dan unsur kebahasaan tidak sesuai dan benar.
Design menarik, fungsi sosial tercapai, struktur jelas dan unsur kebahasaan kurang sesuai dan benar.
Design menarik, fungsi sosial tercapai, struktur jelas dan unsur kebahasaan sesuai dan benar.







)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar