RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA Negeri
Kelas/Semester : X/1
Sub Materi Pokok: Teks explanation lisan dan tulis tentang gejala
alam
Alokasi Waktu : 18 x 45 menit
A. Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
mengguanakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar
1.1.Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.3.Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, percaya diri dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.10.Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks explanation tentang
gejala alam, terkait dengan mata pelajaran lain di kelas X, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
4.12.Menangkap makna
dalam teks explanation lisan dan tulis.
4.13.Menyunting teks
berbentuk explanation dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks tersebut.
4.14.Menyusun teks
explanation lisan dan tulis tentang gejala alam, terkait dengan mata pelajaran
lain di kelas X, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
C. Indikator
(Sikap spiritual)
1.1.1
Menunjukkan semangat
mengikuti pembelajaran
1.1.2
Menunjukkan keseriusan
mengikuti pembelajaran
(Sikap sosial)
2.1.1. Menunjukkan
perilaku santun dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman
2.1.2. Menunjukkan perilaku peduli dalam
berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman
(Pengetahuan)
3.3.1. Mengidentifikasi
ciri-ciri pesan yang berisi contoh-contoh teks explanation lisan dan tulis
tentang gejala alam (fungsi struktur teks, dan unsur kebahasaan)
3.3.2. Membandingkan
perbedaan antar berbagai pesan teks explanation lisan dan tulis tentang gejala
alam, dalam bahasa Inggris, perbedaan yang ada dalam bahasa Indonesia
3.3.3. Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks explanation lisan dan tulis tentang gejala alam
(Penerapan)
4.4.1. Menuliskan teks
explanation yang terjadi di kehidupan sehari-hari
D. Tujuan
Pembelajaran
(Sikap Spiritual)
1.1.3
Siswa dapat menunjukkan
semangat mengikuti pembelajaran
1.1.4
Siswa dapat menunjukkan
keseriusan mengikuti pembelajaran
(Sikap sosial)
2.1.1. Siswa dapat menunjukkan
perilaku santun dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman
2.1.2. Siswa dapat
menunjukkan perilaku peduli dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan
teman
(Pengetahuan)
3.3.1. Siswa dapat
mengidentifikasi ciri-ciri pesan yang berisi contoh-contoh teks explanation
lisan dan tulis tentang gejala alam (fungsi struktur teks, dan unsur
kebahasaan)
3.3.2. Siswa dapat
Membandingkan perbedaan antar berbagai pesan teks explanation lisan dan tulis
tentang gejala alam, dalam bahasa Inggris, perbedaan yang ada dalam bahasa
Indonesia
3.3.3. Siswa dapat
menganalisis fungsi sosial, struktur teks explanation lisan dan tulis tentang
gejala alam
(Penerapan)
4.4.1. Siswa dapat
menuliskan teks explanation yang terjadi di kehidupan sehari-hari
E. Materi
Pokok
1. Teks explanation lisan dan tulis tentang gejala
alam
2. Fungsi sosial : Menjelaskan terjadinya gejala
alam dan sosiokultural secara ilmiah
3. Struktur teks :
(1)
Pernyataan umum yang
meyakinkan tentang gejala alam atau sosiokultural.
(2)
Serangkaian penjelasan
tentang mengapa dan bagaimana gejala yang dimaksud terjadi.
4.
Unsur kebahasaan :
(1)
Kata-kata dan ungkapan
terkait dengan gejala alam dan gejala sosiokultural pada umumnya biasanya
bubkan tentang orang
(2)
Berisi serangkaian
tindakan dan deskripsi benda-benda yang terlibat
(3)
Kata kerja dalam present
tense dan past tense: simple, continous, perfect.
(4)
Passive voice sring
digunakan
(5)
Adverbia dan frasa
preposisional penunjuk waktu dan sebab akibat.
(6)
Ejaan dan tulisan tangan
dan cetak yang jelas dan rapi.
(7)
Ucapan, rujukan kata,
tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
F. Model
Pembelajaran
1. Pendekatan :
Scientific approach
2. Strategi :
Menyimak, diskusi kelompok, penugasan
G. Sumber/Media
Pembelajaran
1. Sumber: internet,print out materi
2. Media: White
board, board marker, suara guru
H. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru masuk ke kelas dan langsung
menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English Environment dapat
langsung tercipta di pertemuan pertama.
·
Guru dapat menggunakan kaliamat “Good morning,
class”.
·
Pastikan peserta didik merespon dengan
menjawab kembali “Good morning, Sir/Mam/Miss”.
·
Jika memungkinkan, guru dapat
bertanyake beberapa anak secara individual untukmemastikan bahwa peserta
didik dapat merespon perkataan guru.
|
20 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Siswa membaca/mendengarkan/menonton
berbagai macam teks explanation tentang gejala alam dari berbagai sumber.
·
Siswa memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya teks
explanation.
·
Siswa belajar membaca cepat untuk
mendapat gambaran umum dari teks melalui proses skimming, scanning, untuk
mendapatkn informasi tertentu, dan inferencing untuk mengetahui informasi
rinci.
Mempertanyakan
·
Dengan pertanyaan pengarah dari guru,
siswa mempertanyakan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks
explanation.
·
Siswa mempertanyakan kemungkinan lain
dari struktur dan unsur bahasa yang digunakan.
Mengeksplorasi
·
Siswa membaca/mendengarkan beberapa teks explanation dari
berbagai sumber.
·
Siswa membacakan teks explanation kepada teman dengan
menggunakan unsur kebahasaan yang tepat.
·
Siswa mengedit sebuah teks explanation yang belum tepat struktur
dan unsur kebahasaannya.
·
Siswa secara berkelompok menuliskan teks gejaa alam, terkait
dengan mata pelajaran lain di kelas X dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur, dan unsur kebahasaan.
·
Siswa melakukan revisi terhadap teks explanation yang ditulis
berdasarkan masukan dari teman dan guru.
Mengasosiasi
·
Secara berpasangan siswa saling menganalisis teks explanation
yang ditulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
·
Siswa menyunting teks explanation yang belum sesuai struktur dan
unsur kebahasaan secara individu.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
·
Siswa menyampaikan catatan (Note Taking) saat membaca
·
Siswa mempublikasikan hasil editing di mading kelas
·
Siswa membuat jurnal belajar (learning journal)
|
770 menit
|
Penutup
|
·
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini,
siswa ditanya bagaimana perasaannya (REFLEKSI).
· Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui
apakah siswa sudah memahami topik tentangmenyatakan dan menanyakan kecukupan untuk
dapat/tidak dapat melakukan sesuatu.
·
Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan
ini.
·
Siswa diberi tugas kelompok untuk pembelajaran minggu depan
untuk penilaian projek.
|
20 menit
|
I.
Penilaian
RUBRIK PENILAIAN SPEAKING
Name :................ Class/Number
:..........
Name :................ Class/Number
:..........
KKM :................
No
|
Criteria
to be assessed
|
Low
performance
|
Good
performance
|
Very
good performance
|
Score
|
1
|
Pronounciation
|
Too many mistakes
|
With some mistakes
|
Perfect pronounciation
|
|
2
|
Intonation
|
Monotonous
|
Begins to vary the intonation
|
Accurate intonation
|
|
3
|
Grammar
|
Too many mistakes
|
With some mistakes
|
No mistakes in grammar
|
|
4
|
Content
|
Plain/simple
|
Begins to add some information
|
Add more personal information
|
|
|
|
|
Total score
|
|
|
+1 x= skor siswa
Final score = total
score : 4
PETUNJUK
PENILAIAN WRITING:
Format
Penilaian :
No
|
Nama
|
Rentang Skor
|
|||||
Structure of Text
|
Text Managements
|
Accuracy
|
Coherences (Relationship of ideas )
|
Jumlah
|
Nilai
|
||
0
– 4
|
0
– 4
|
0
– 4
|
0
– 4
|
||||
|
● Nilai = Jml.
Skor X 100
16
Pensekoran untuk test
Jawaban nilai benar: 1
Jawaban nilai salah: 0
Nilai: Skor yang diperoleh X
100
Skor
maksimal
Afektif
Lembar Pengamatan Sikap Peserta didik
No
|
Indikator Sikap.
Nama Peserta didik.
|
Cermatmelakukantugas
|
Aktifmenjawabpertanyaan
|
Santunmenggunakan b. Inggris
|
Bertanggungjawabdanmenghargai orang lain
dalamdiskusi
|
Kedisiplinandalamtugas
|
Nilai rata-rata (kualitatif/huruf).
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d. 5
1 = Sangat Kurang
3 = Cukup 5 = Amat Baik
2
= Kurang 4 = Baik
Mengetahui Tanjung
Raja, …… 2018
Kepala SMAN 1
Tanjung Raja Guru Mata Pelajaran
Teaching
Material
Pertemuan
1
Read and study tthe following
text.
How the Water Cycle Works
Solar energy evaporates exposed water from
seas, lakes, rivers, and wet soil; the majority of this evaporation takes place
over the seas. Water is also released into the atmosphere by the plants through
photosynthesis. During this process, known as evapotranspiration, water vapour
rises into the atmosphere.
Clouds form when air becomes saturated
with water vapour. The two major types of cloud formation are stratified or
layered grey clouds called stratus and billowing white or dark grey cloud
called cumulus clouds.
Precipitation as rain, or hail ensures
that water returns to Earth’s surface in a fresh form. Some of this rain,
however, falls into the seas and is not accessible to humans. When rain falls,
it either washes down hill slopes or seeps underground; when snow and hail
melts, this water may also sink into the ground.
Rain fall also replenishes river water
supplies, as does underground water. Snow fall may consolidate into glaciers
and ice sheets which, when they melt, release their water into the ground, into
stream or into the seas.
Analyze the text above. Find out:
-
What is the text about?
-
What
are the parts of the text (structure of the text)?
-
How
are the language features of the text?
Pengertian, Structure, Ciri
Explanation Text
A. Pengertian Explanation Text
Explanation is a text which tells processes relating to forming of natural,
social, scientific and cultural phenomena.
B. Tujuan Explanation Text
To
explain the processes involved in the formation or working of natural or
socio-cultural phenomena.
C. Generic Structure Explanation Text
1.
General statement
tentang penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya.
tentang penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya.
2.
Squenced of explanation
berisi tentang penjelasan proses mengapa fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta. A squenced of explanation berupa jawaban dari pertanyaan ‘why’ dan ‘how’ penulis ketika membuat sebuah Explanation text. Dalam squenced of explanation bisa terdiri lebih dari satu paragrap.
berisi tentang penjelasan proses mengapa fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta. A squenced of explanation berupa jawaban dari pertanyaan ‘why’ dan ‘how’ penulis ketika membuat sebuah Explanation text. Dalam squenced of explanation bisa terdiri lebih dari satu paragrap.
3.
Closing
Paragraf terakhir dari sebuah explanation text adalah closing yang merupakan bagian dari squenced of explanation yang berisi tentang langkah akhir yang dijelaskan pada bagian squenced of explanation.
Paragraf terakhir dari sebuah explanation text adalah closing yang merupakan bagian dari squenced of explanation yang berisi tentang langkah akhir yang dijelaskan pada bagian squenced of explanation.
D. Ciri-ciri Explanation Text
1.
Sebuah Explanation text biasanya berasal dari pertanyaan penulis terkait
‘why’ dan ‘how’ terhadap suatu fenomena yang ada.
2.
Karena yang diangkat adalah fenomena maka fokus materinya bukan pada
bendanya atau orangnya, melainkan pada kejadian atau peristiwa yang terjadi
pada orang atau benda tersebut.
3.
Menggunakan Simple Present tense.
4. Menggunakan passive sentences
Pertemuan 2
Read the following text and answer the
questions.
What is Global Warming?
Global warming is a term used to describe a
gradual increase in the earth’s average ground and atmospheric temperatures
across the whole planet. Measurements indicate that the global temperature has
increased by about 1 degree Fahrenheit in the past century. This warming trend
appeared during a period when human activities were beginning to increase the
carbon dioxide (CO2) and other greenhouse gases in the atmosphere.
Although most scientists believe that a rise in
carbon dioxide emissions will lead to further global warming, uncertainties
remain about the timing and severity of resulting climatic change.
Nevertheless, many are convinced that human activities are partly responsible
for the long-term warming of the past century and that climatic changes caused
by greenhouse gas increases will be a continuing part of our future.
The impact of global warming could be devastating.
Global warming causes ozone
depletion, melting polar ice, and rising ocean levels. The
ozone layer, which protects all life
from ultraviolet (UV) radiation, is being destroyed by the
release of chlorofl uorocarbons (CFCs) into the atmosphere. The widening holes
in the ozone layer allow in more UV rays, which can cause skin cancers,
cataracts, and immune system damage. UV rays are detrimental to pollination,
seed production, and marine life food supplies as well. 59
Ice sheets in the Arctic Ocean have receded to
record lows, and Antarctic glaciers are melting at a fast rate, causing sea
levels to rise and indigenous wildlife to lose its habitat. Rising ocean levels
could eventually cause worldwide fl ooding of coastal areas, forcing people and
wildlife to migrate inland. Many experts predict global warming will cause a
dramatic increase in excessive rainfall in some areas and severe drought in
others, resulting in floods, crop failures, and a rising number of forest fires
and land slides.
Many of the world’s most knowledgeable
climate-change scientists forecast that the
earth’s temperature will rise from 1.44 to 6.3º F by the year
2100 if we don’t take steps to reduce greenhouse gases. An increase of 1 to
3.6º F will occur even if we do act, because many gases have already been
released.
Adapted from
http://www.yosemite.epa.gov/oar/GlobalWarming.nsf and http://www.charityguide.org/volunteer/fewhours/global-warming.htm Picture: http://www.effectsofglobalwarming.com
Questions
1. What is global warming?
2. When did the warming trend begin to appear?
3. Who is partly responsible for the long-term warming of the
past century?
4. What are the effects of global warming?
5. What will happen when the ozone layers deplete?
6. What will happen when the polar ice melts?
7. What will happen when the ocean levels rise?
8. What do the climate-change scientists forecast
if we don’t take steps to reduce greenhouse
gases?
Read and study the following sentences and its
explanation.
a. Most nitrogen is also emitted as one of the nitrogen
oxides (NO or NO2), both of which are gases.
b. The gases may be dry deposited–absorbed directly by
the land, by lakes or by the surface vegetation.
c. More ammonium (NH4) can be
formed when some of the acids are partially neutralised by airborne ammonia
(NH3)
d. Every two to seven years, however, this pattern is
interrupted by the El Niño event.
When we say what happens to people and things– what is done to
them–we often use passive verb forms like is emitted, may be dry deposited, can
be formed and isinterrupted.
Passive Voice
In a passive clause, we usually use a phrase beginning with by
if we want to mention the agent–the person or thing that does the action,
or that causes what happens.
• Water is also released into the atmosphere by plants
through photosynthesis.
Passive Verb Form
We normally make passive forms of a verb by using tenses of
the auxiliary be followed by the past participle (=pp) of the verb. Here is a
list of all the passive forms of an ordinary English verb, with their names.
Tenses
Use active or passive in any appropriate tense for
the
verbs in parentheses.
1. The Amazon valley is extremely important to the ecology of
the earth. Forty percent of the world's oxygen (produce) there.
2. The game (win) by the other team tomorrow. They're a
lot better than we are.
3. In my country, certain prices (control) by the
government, such as the prices of medical supplies. However, other prices (determine)
by how much people are willing to pay for a product.
4.
Yesterday the wind (blow) my hat off my head. I had to chase it down the
street. I (want,
not) to lose it because it's
my favourite hat and it (cost) a lot.
5.
The government used to support the school. Today it (support) by private
funds as well as
by the tuition the stud)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar