Entri yang Diunggulkan

rpp k 13 bahasa inggris lintas minat untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan .kelas x

< !--[if !mso]> RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah         : SMA Negeri ......... Kelas/Semester        : X/2...

Senin, 04 Maret 2019

Rpp bahasa inggris kelas X peminatan( materi explanation text)

< !--[if !mso]>
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah        : SMA Negeri
Kelas/Semester       : X/1
Mata Pelajaran     : Bahasa dan Sastra Inggris/Peminatan
Sub Materi Pokok: Teks explanation lisan dan tulis tentang gejala alam
Alokasi Waktu       : 18 x 45 menit

A.  Kompetensi Inti

 KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu mengguanakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.  Kompetensi Dasar

1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.3.Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.10.Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks explanation tentang gejala alam, terkait dengan mata pelajaran lain di kelas X, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.12.Menangkap makna dalam teks explanation lisan dan tulis.
4.13.Menyunting teks berbentuk explanation dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks tersebut.
4.14.Menyusun teks explanation lisan dan tulis tentang gejala alam, terkait dengan mata pelajaran lain di kelas X, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.




C.  Indikator

(Sikap spiritual)
1.1.1        Menunjukkan semangat mengikuti pembelajaran
1.1.2        Menunjukkan keseriusan mengikuti pembelajaran

(Sikap sosial)
2.1.1. Menunjukkan perilaku santun dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman
2.1.2.  Menunjukkan perilaku peduli dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman

(Pengetahuan)
3.3.1.  Mengidentifikasi ciri-ciri pesan yang berisi contoh-contoh teks explanation lisan dan tulis tentang gejala alam (fungsi struktur teks, dan unsur kebahasaan)
3.3.2.  Membandingkan perbedaan antar berbagai pesan teks explanation lisan dan tulis tentang gejala alam, dalam bahasa Inggris, perbedaan yang ada dalam bahasa Indonesia
3.3.3.  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks explanation lisan dan tulis tentang gejala alam

(Penerapan)
4.4.1.  Menuliskan teks explanation yang terjadi di kehidupan sehari-hari

D.  Tujuan Pembelajaran

(Sikap Spiritual)
1.1.3        Siswa dapat menunjukkan semangat mengikuti pembelajaran
1.1.4        Siswa dapat menunjukkan keseriusan mengikuti pembelajaran

(Sikap sosial)
2.1.1.  Siswa dapat menunjukkan perilaku santun dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman
2.1.2.  Siswa dapat menunjukkan perilaku peduli dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman

(Pengetahuan)
3.3.1.  Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri pesan yang berisi contoh-contoh teks explanation lisan dan tulis tentang gejala alam (fungsi struktur teks, dan unsur kebahasaan)
3.3.2.  Siswa dapat Membandingkan perbedaan antar berbagai pesan teks explanation lisan dan tulis tentang gejala alam, dalam bahasa Inggris, perbedaan yang ada dalam bahasa Indonesia
3.3.3.  Siswa dapat menganalisis fungsi sosial, struktur teks explanation lisan dan tulis tentang gejala alam

(Penerapan)
4.4.1.  Siswa dapat menuliskan teks explanation yang terjadi di kehidupan sehari-hari


E.  Materi Pokok

1.    Teks explanation lisan dan tulis tentang gejala alam
2.    Fungsi sosial : Menjelaskan terjadinya gejala alam dan sosiokultural secara ilmiah
3.    Struktur teks :
(1)   Pernyataan umum yang meyakinkan tentang gejala alam atau sosiokultural.
(2)   Serangkaian penjelasan tentang mengapa dan bagaimana gejala yang dimaksud terjadi.
4.    Unsur kebahasaan :
(1)   Kata-kata dan ungkapan terkait dengan gejala alam dan gejala sosiokultural pada umumnya biasanya bubkan tentang orang
(2)   Berisi serangkaian tindakan dan deskripsi benda-benda yang terlibat
(3)   Kata kerja dalam present tense dan past tense: simple, continous, perfect.
(4)   Passive voice sring digunakan
(5)   Adverbia dan frasa preposisional penunjuk waktu dan sebab akibat.
(6)   Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(7)   Ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.

F.     Model Pembelajaran
1.      Pendekatan     : Scientific approach
2.      Strategi            : Menyimak, diskusi kelompok, penugasan

G. Sumber/Media Pembelajaran
1.   Sumber: internet,print out materi
2.   Media: White board, board marker, suara guru


H.  Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan

·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English Environment dapat langsung tercipta di pertemuan pertama.
·         Guru dapat menggunakan kaliamat “Good morning, class”.
·         Pastikan peserta didik merespon dengan menjawab kembali “Good morning, Sir/Mam/Miss”.
·         Jika memungkinkan, guru dapat bertanyake beberapa anak secara individual untukmemastikan bahwa peserta didik dapat merespon perkataan guru.

20 menit
Inti
Mengamati
·         Siswa membaca/mendengarkan/menonton berbagai macam teks explanation tentang gejala alam dari berbagai sumber.
·         Siswa memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya teks explanation.
·         Siswa belajar membaca cepat untuk mendapat gambaran umum dari teks melalui proses skimming, scanning, untuk mendapatkn informasi tertentu, dan inferencing untuk mengetahui informasi rinci.

Mempertanyakan
·         Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa mempertanyakan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks explanation.
·         Siswa mempertanyakan kemungkinan lain dari struktur dan unsur bahasa yang digunakan.

Mengeksplorasi
·         Siswa membaca/mendengarkan beberapa teks explanation dari berbagai sumber.
·         Siswa membacakan teks explanation kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat.
·         Siswa mengedit sebuah teks explanation yang belum tepat struktur dan unsur kebahasaannya.
·         Siswa secara berkelompok menuliskan teks gejaa alam, terkait dengan mata pelajaran lain di kelas X dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
·         Siswa melakukan revisi terhadap teks explanation yang ditulis berdasarkan masukan dari teman dan guru.

Mengasosiasi
·         Secara berpasangan siswa saling menganalisis teks explanation yang ditulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
·         Siswa menyunting teks explanation yang belum sesuai struktur dan unsur kebahasaan secara individu.
·         Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.

Mengkomunikasikan
·         Siswa menyampaikan catatan (Note Taking) saat membaca
·         Siswa mempublikasikan hasil editing di mading kelas
·         Siswa membuat jurnal belajar (learning journal)












770 menit

Penutup
·      Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, siswa ditanya bagaimana perasaannya (REFLEKSI).
·      Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik tentangmenyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu.
·      Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
·      Siswa diberi tugas kelompok untuk pembelajaran minggu depan untuk penilaian projek.
20 menit



I.     Penilaian

RUBRIK PENILAIAN SPEAKING

Name :................                                                         Class/Number :..........
Name :................                                                         Class/Number :..........
KKM :................

No
Criteria to be assessed
Low performance
Good performance
Very good performance
Score
1
Pronounciation
Too many mistakes
With some mistakes
Perfect pronounciation

2
Intonation
Monotonous
Begins to vary the intonation
Accurate intonation

3
Grammar
Too many mistakes
With some mistakes
No mistakes in grammar

4
Content
Plain/simple
Begins to add some information
Add more personal information




Total score


                                                            +1 x= skor siswa
Final score = total score : 4                            










PETUNJUK PENILAIAN WRITING:

Format Penilaian  :


No


Nama
Rentang Skor

Structure of  Text
Text Managements
Accuracy
Coherences (Relationship of ideas )
Jumlah
Nilai
0 – 4
0 – 4
0 – 4
0 – 4










●   Nilai  = Jml. Skor   X  100
                             16


Pensekoran untuk test

Jawaban nilai benar: 1
Jawaban nilai salah: 0
Nilai: Skor yang diperoleh X 100
         Skor maksimal 


Afektif
 Lembar Pengamatan Sikap Peserta didik

No
                       Indikator  Sikap.

Nama Peserta didik.
Cermatmelakukantugas
Aktifmenjawabpertanyaan
Santunmenggunakan b. Inggris
Bertanggungjawabdanmenghargai orang lain dalamdiskusi
Kedisiplinandalamtugas
Nilai rata-rata (kualitatif/huruf).
1







2







3







4







Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d. 5
1 = Sangat Kurang          3 = Cukup        5 = Amat Baik
2 = Kurang                      4 = Baik


Mengetahui                                                                             Tanjung Raja, …… 2018
Kepala SMAN 1 Tanjung Raja                                               Guru Mata Pelajaran









 



Teaching Material
Pertemuan 1
Read and study tthe following text.

How the Water Cycle Works

Solar energy evaporates exposed water from seas, lakes, rivers, and wet soil; the majority of this evaporation takes place over the seas. Water is also released into the atmosphere by the plants through photosynthesis. During this process, known as evapotranspiration, water vapour rises into the atmosphere.
Clouds form when air becomes saturated with water vapour. The two major types of cloud formation are stratified or layered grey clouds called stratus and billowing white or dark grey cloud called cumulus clouds.
Precipitation as rain, or hail ensures that water returns to Earth’s surface in a fresh form. Some of this rain, however, falls into the seas and is not accessible to humans. When rain falls, it either washes down hill slopes or seeps underground; when snow and hail melts, this water may also sink into the ground.
Rain fall also replenishes river water supplies, as does underground water. Snow fall may consolidate into glaciers and ice sheets which, when they melt, release their water into the ground, into stream or into the seas.

Analyze the text above. Find out:
-           What is the text about?
-          What are the parts of the text (structure of the text)?
-          How are the language features of the text?




Pengertian, Structure, Ciri Explanation Text

A. Pengertian Explanation Text
Explanation is a text which tells processes relating to forming of natural, social, scientific and cultural phenomena.

B. Tujuan Explanation Text
To explain the processes involved in the formation or working of natural or socio-cultural phenomena.

C. Generic Structure Explanation Text

1.      General statement
tentang penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya.
2.      Squenced of explanation
berisi tentang penjelasan proses mengapa fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta. A squenced of explanation berupa jawaban dari pertanyaan ‘why’ dan ‘how’ penulis ketika membuat sebuah Explanation text. Dalam squenced of explanation bisa terdiri lebih dari satu paragrap.
3.      Closing
Paragraf terakhir dari sebuah explanation text adalah closing yang merupakan bagian dari squenced of explanation yang berisi tentang langkah akhir yang dijelaskan pada bagian squenced of explanation.

D. Ciri-ciri Explanation Text
1.      Sebuah Explanation text biasanya berasal dari pertanyaan penulis terkait ‘why’ dan ‘how’ terhadap suatu fenomena yang ada.
2.      Karena yang diangkat adalah fenomena maka fokus materinya bukan pada bendanya atau orangnya, melainkan pada kejadian atau peristiwa yang terjadi pada orang atau benda tersebut.
3.      Menggunakan Simple Present tense.
4. Menggunakan passive sentences


Pertemuan 2
Read the following text and answer the questions.

What is Global Warming?

Global warming is a term used to describe a gradual increase in the earth’s average ground and atmospheric temperatures across the whole planet. Measurements indicate that the global temperature has increased by about 1 degree Fahrenheit in the past century. This warming trend appeared during a period when human activities were beginning to increase the carbon dioxide (CO2) and other greenhouse gases in the atmosphere.
Although most scientists believe that a rise in carbon dioxide emissions will lead to further global warming, uncertainties remain about the timing and severity of resulting climatic change. Nevertheless, many are convinced that human activities are partly responsible for the long-term warming of the past century and that climatic changes caused by greenhouse gas increases will be a continuing part of our future.
The impact of global warming could be devastating. Global warming causes ozone
depletion, melting polar ice, and rising ocean levels. The ozone layer, which protects all life
from ultraviolet (UV) radiation, is being destroyed by the release of chlorofl uorocarbons (CFCs) into the atmosphere. The widening holes in the ozone layer allow in more UV rays, which can cause skin cancers, cataracts, and immune system damage. UV rays are detrimental to pollination, seed production, and marine life food supplies as well. 59
Ice sheets in the Arctic Ocean have receded to record lows, and Antarctic glaciers are melting at a fast rate, causing sea levels to rise and indigenous wildlife to lose its habitat. Rising ocean levels could eventually cause worldwide fl ooding of coastal areas, forcing people and wildlife to migrate inland. Many experts predict global warming will cause a dramatic increase in excessive rainfall in some areas and severe drought in others, resulting in floods, crop failures, and a rising number of forest fires and land slides.
Many of the world’s most knowledgeable climate-change scientists forecast that the
earth’s temperature will rise from 1.44 to 6.3º F by the year 2100 if we don’t take steps to reduce greenhouse gases. An increase of 1 to 3.6º F will occur even if we do act, because many gases have already been released.
Questions
1. What is global warming?
2. When did the warming trend begin to appear?
3. Who is partly responsible for the long-term warming of the past century?
4. What are the effects of global warming?
5. What will happen when the ozone layers deplete?
6. What will happen when the polar ice melts?
7. What will happen when the ocean levels rise?
8. What do the climate-change scientists forecast if we don’t take steps to reduce greenhouse
     gases?

Read and study the following sentences and its explanation.
a. Most nitrogen is also emitted as one of the nitrogen oxides (NO or NO2), both of which are gases.
b. The gases may be dry deposited–absorbed directly by the land, by lakes or by the surface vegetation.
c. More ammonium (NH4) can be formed when some of the acids are partially neutralised by airborne ammonia (NH3)
d. Every two to seven years, however, this pattern is interrupted by the El Niño event.

When we say what happens to people and things– what is done to them–we often use passive verb forms like is emitted, may be dry deposited, can be formed and isinterrupted.

Passive Voice
In a passive clause, we usually use a phrase beginning with by if we want to mention the agent–the person or thing that does the action, or that causes what happens.
• Water is also released into the atmosphere by plants through photosynthesis.

Passive Verb Form
We normally make passive forms of a verb by using tenses of the auxiliary be followed by the past participle (=pp) of the verb. Here is a list of all the passive forms of an ordinary English verb, with their names.
Tenses

Use active or passive in any appropriate tense for the
verbs in parentheses.
1. The Amazon valley is extremely important to the ecology of the earth. Forty percent of the world's oxygen (produce) there.
2. The game (win) by the other team tomorrow. They're a lot better than we are.
3. In my country, certain prices (control) by the government, such as the prices of medical supplies. However, other prices (determine) by how much people are willing to pay for a product.
4. Yesterday the wind (blow) my hat off my head. I had to chase it down the street. I (want,
not) to lose it because it's my favourite hat and it (cost) a lot.
5. The government used to support the school. Today it (support) by private funds as well as
by the tuition the stud)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar