Entri yang Diunggulkan

rpp k 13 bahasa inggris lintas minat untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan .kelas x

< !--[if !mso]> RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah         : SMA Negeri ......... Kelas/Semester        : X/2...

Senin, 11 Maret 2019

rpp bahasa inggris lintas minat kelas x (proverb n Riddle)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah      : SMA Negeri .....
Kelas/Semester     : X/2
Mata Pelajaran      : Bahasa dan Sastra Inggris/Peminatan
S                 Materi Pokok        : Proverb dan Riddle
Alokasi Waktu      : 9 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti

 KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu mengguanakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar

1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2.Menghargai perilaku jujur, disiplin, percaya diri dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.13.Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari proverb dan riddle, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.17.Menangkap pesan dalam proverb dan riddle.

C.    Indikator

(Sikap spiritual)
1.      Menunjukkan semangat mengikuti pembelajaran
2.      Menunjukkan keseriusan mengikuti pembelajaran

(Sikap sosial)
2.1.1.   Menunjukkan perilaku santun dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman
2.1.2.  Menunjukkan perilaku peduli dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman

(Pengetahuan)
3.3.1.  Mengidentifikasi pesan dalam proverb dan riddle (fungsi struktur teks, dan unsur kebahasaan)
3.3.2.  Membandingkan perbedaan antar berbagai pesan dalam proverb dan riddle, dalam bahasa Inggris, perbedaan yang ada dalam bahasa Indonesia
3.3.3.  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks pesan dalam proverb dan riddle

(Penerapan)
4.4.1.  Mencocokkan proverb dengan arti yang sesuai konteks
4.4.2.  Siswa dapat menjawab teka-teki dengan jawaban yang sesuai

D.    Tujuan Pembelajaran

(Sikap Spiritual)
3.                     Siswa dapat menunjukkan semangat mengikuti pembelajaran
4.                     Siswa dapat menunjukkan keseriusan mengikuti pembelajaran

(Sikap sosial)
2.1.1.  Siswa dapat menunjukkan perilaku santun dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman
2.1.1.  Siswa dapat menunjukkan perilaku peduli dalam berkomunikasi interpersonal dengan guru dan teman

(Pengetahuan)
3.3.1.  Siswa dapat mengidentifikasi pesan dalam proverb dan riddle (fungsi struktur teks, dan unsur kebahasaan)
3.3.2.  Siswa dapat membandingkan perbedaan antar berbagai pesan dalam proverb dan riddle, dalam bahasa Inggris, perbedaan yang ada dalam bahasa Indonesia
3.3.3.  Siswa dapat menganalisis fungsi sosial, struktur teks pesan dalam proverb dan riddle

(Penerapan)
4.4.1.  Siswa dapat mencocokkan proverb dengan arti yang sesuai konteks
4.4.2.  Siswa dapat menjawab teka-teki dengan jawaban yang sesuai

E.     Materi Pokok

1.      Ungkapan proverb lisan dan tulis
2.      Fungsi sosial : Menyatakan kebenaran dan memberikan nasihat atau pesan moral dan teka teki
3.      Struktur teks : Ungkapan baku dari sumber-sumber otentik
4.      Unsur kebahasaan :
1.      Kata, ungkapan, dan tata bahasa yang baku dalam proverb
2.      Ejaan dan tulisan dengan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
3.      Ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
F.     Model Pembelajaran
  1. Pendekatan     : Scientific approach
  2. Strategi    : Menyimak, diskusi kelompok, penugasan

G.    Sumber/Media Pembelajaran
1.      Sumber: internet, print out materi
2.      Media: White board, board marker, suara guru

H.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan

  • Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English Environment dapat langsung tercipta di pertemuan pertama.
  • Guru dapat menggunakan kaliamat “Good morning, class”.
  • Pastikan peserta didik merespon dengan menjawab kembali “Good morning, Sir/Mam/Miss”.
  • Jika memungkinkan, guru dapat bertanya ke beberapa anak secara individual untuk memastikan bahwa peserta didik dapat merespon perkataan guru.

15 menit
Inti
Mengamati
·         Siswa mendengarkan penggunaan ungkapan proverb dari berbagai sumber dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya.
·         Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri proverb dan riddle.

Mempertanyakan
·         Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan berbagai proverb dan riddle dalam bahasa Inggris, perbedaan proverb dan riddle dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.

Mengeksplorasi
·         Siswa mencari proverb dan riddle dari berbagai sumber.
·         Siswa berlatih mengidentifikasi proverb dan riddle dengan teman.
·         Siswa membacakan proverb dan riddle kepada teman.

Mengasosiasi
·         Siswa menganalisis ungkapan proverb dengan mengelompokkannnya berdasarkan penggunaan.
·         Siswa membandingkan ungkapan proverb yang digunakan guru dengan yang dipelajari dari berbagai sumber lain.
·         Secara berkelompok siswa mendiskusikan ungkapan proverb yang mereka temukan dari sumber lain atau budaya lain.

Mengkomunikasikan
·         Siswa mempresentasikan beberapa proverb dan riddle yang mereka sukai.
·         Siswa membuat klipping tentang proverb dalam kerja kelompok.
·         Membuat jurnal belajar (learning journal).











105 menit
Penutup
·         Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, siswa ditanya bagaimana perasaannya (REFLEKSI).
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik tentang ungkapan proverb lisan dan tulis.
·         Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
·         Siswa diberi tugas kelompok untuk pembelajaran minggu depan untuk penilaian projek.
15 menit























I.       Penilaian

RUBRIK PENILAIAN SPEAKING

Name :................                     Class/Number :..........
Name :................                    Class/Number :..........
KKM :................

No
Criteria to be assessed
Low performance
Good performance
Very good performance
Score
1
Pronounciation
Too many mistakes
With some mistakes
Perfect pronounciation

2
Intonation
Monotonous
Begins to vary the intonation
Accurate intonation

3
Grammar
Too many mistakes
With some mistakes
No mistakes in grammar

4
Content
Plain/simple
Begins to add some information
Add more personal information




Total score


                    3x100+1 x= skor siswa
Final score = total score : 4                                                                           

PETUNJUK PENILAIAN WRITING:

Format Penilaian  :

No

Nama
Rentang Skor

Structure of  Text
Text Managements
Accuracy
Coherences (Relationship of ideas )
Jumlah
Nilai
0 – 4
0 – 4
0 - 4
0 – 4










●   Nilai  = Jml. Skor   X  100
                             16


Pensekoran untuk test

Jawaban nilai benar: 1
Jawaban nilai salah: 0
Nilai: Skor yang diperoleh X 100
         Skor maksimal 
Afektif
 Lembar Pengamatan Sikap Peserta didik

No
                    
                       Indikator  Sikap.

Nama Peserta didik.
Cermat melakukan tugas  
Aktif  menjawab pertanyaan
Santun menggunakan b. Inggris
Bertanggungjawab dan menghargai orang lain dalam diskusi
Kedisiplinan dalam tugas
Nilai rata-rata (kualitatif/huruf).
1







2







3







4







Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d. 5
1 = Sangat Kurang          3 = Cukup        5 = Amat Baik
2 = Kurang                      4 = Baik



Mengetahui                                            Indralaya, …… Agustus 2015
Kepala SMAN                                                 Guru Mata Pelajaran












1. PROVERB (PRIBAHASA)
PROVERB atau dikenal dengan istilah pribahasa merupakan ayat atau kumpulan kata mempunyai susunan tetap, mengandung pengertian tertentu berisi saran-saran positif

 Kinds of Proverbs:
1.      Aphorism (Pepatah)
This proverb offers advice.
Example                        : Don’t go too far in small.
(Persoalan kecil jangan dibesar-besarkan).
2.   Parable (Perumpamaan)
That has a moral lesson and has parable.
Example                       : To carry coals to New-castle.
(Bagai membuang garam kelaut)
3.   Slogan (Pameo)
This proverb gives spirit or motivation.
Example                       :
1.      Early bird gets worm
(Tuhan akan memberikan rezeki kepada makhluk-Nya yang lebih dulu bangun)
2.      Diligence is the mistress of success.
(Kerajinan pangkal kesuksesan)
4.   Idiom
Idiom adalah kelompok kata yang dirangkai dengan susunan tertentu dimana artinya tidak dapat ditebak dari arti kata-kata penyusunnya secara terpisah.
Example :
1.      Pull your sock up. (improve your behaviour)
2.      You can arrange your bedroom at will. (sesuka hati)
3.      Don’t mention it. (You’re welcome) 

2. RIDDLE (TEKA-TEKI)
          RIDDLE adalah jenis puisi yang menggambarkan sesuatu tanpa benar-benar penamaan apa itu, meninggalkan pembaca untuk menebak.
Teka-teki bisa apa saja, dari teka-teki tentang binatang sampai tentang obyek. Tidak ada aturan tentang bagaimana struktur sebuah puisi teka-teki, teka-teki bisa lucu atau dapat sajak, itu tergantung pada orang yang menulis teka-teki.

Riddle :

      1. What building has the most stories? Library
      2.   What is broken every time it’s spoken? Silence
      3.   What four letter word can be read upside down, downside up, and up to down? Noon
      4.   What creature walks on all fours in the morning, two in the afternoon and three in the evening?” A man, since he crawls as a child then walks and uses a cane when he gets older.
      5.   What falls, but does not break, and what breaks but does not fall? Night falls and day breaks
      6.   I have holes in my top and bottom, my left and right, and in the middle. But I still hold water. What am I? A sponge
      7.   What can run but never walks, has a mouth but never talks, has a head but never weeps, has a bed but never sleeps? A river

Riddle Poems

I.       The beginning of eternity, The end of time and space, The beginning of every end, And the end of every place.
-The Guess Book (c. 1820)
          Answer : The letter e
II.     There is one that has a head without an eye, And there’s one that has an eye without a head. You may find the answer if you try;
And when all is said,
Half the answer hangs upon a thread.
-Christina Rossetti
          Answer : Pins and needles
III.      We are little airy Creatures,
All of diff’rent Voice and Features, One of us in Glass is set,
One of us you’ll find in Jet, The other you may see in Tin, And the fourth a Box within, If the fifth you should pursue It can never fly from you.
-Jonathan Swift
          Answer : Vowels
IV.     At the back of every Igloo, And the middle of the Moon,
Always running around in Loops you’ll find me, If you look inside the Room.
What am I?
          Answer : oo
V.       Voiceless it cries, Wingless flutters, Toothless bites, Mouthless mutters.
-J.R.R. Tolkien
          Answer : Wind
VI.     Alive without breath, As cold as death;
Never thirsty, ever drinking, All in mail, never clinking.
-J.R.R. Tolkien
          Answer : Fish
VII.     He has no feet, yet travels far;
literate, but no scholar he;
no mouth, yet he clearly speaks. If you know him, you are wise.
-Subhasitaratnabhandagara (Sanskrit riddle poem)
          Answer : A letter


Pair work
In pairs, match the proverbs on the left column to their meanings on the right column. Report your answers in front of the class.
1.
A bad workman always blames his tools.

A person who bluffs, threats or boast a lot usually does not act out what he/she says.
2.
A bird in the hand is worth two in the bush.
b.
A person who talks much usually does not think as good as he talks.
3.
A cat may look at a king.
c.
Team work’s success requires every member’s participation.
4.
A chain is no stronger than its weakest link.
d.
Fulfil our family needs first, then we can look after others.
5.
A contented mind is a perpetual feast.
e.
A person who is desperate must accept whatever available to him/her, and he/she even has no option for himself/herself.
6.
Barking dogs seldom bite.
f.
Focus on the main way in whatever we do and don’t waste time and energy on unimportant things because it may preclude us on what is important.
7.
Bean-pods are noisiest when dry.
g.
To his incapability and weakness, people who are poor/unskilled workers will blame something else as the cause of the poor work product.
8.
Beauty is in the eye of beholder.
h.
What seems beautiful to someone may not be the same to another person.
9.
Beggars cannot be choosers.
i.
We should behave ourselves in accordance with the situation and condition.
10.
Bending without breaking.
j.
Having even a small thing is better than hoping big things we might not afford to achieve.
11.
Catch not at the shadow and lose the substance.
k.
Control yourself, otherwise you’ll be controlled by the evil.
12.
Charity begins at home.
l.
A person who is contented with small things always feels happy.
13.
Circumstances alter cases.
m.
The habit of keeping oneself clean is as important as being a good and religious person.
14.
Cleanliness is next to Godliness.
n.
Giving in does not mean losing.
15.
Command your temper, unless it commands you.
o.
Ordinary people has the right comment on important people.

Still in pairs, try to guess the answer of the following riddles
  1. What kind of room that has no windows or doors?
  2. What do you call a bear without an ear?
  3. Which is the most curious letter?
  4. Which month has 28 days?
  5. What five-letter word becomes shorter when you add two letters to it?
  6. Which word in dictionary is spelled incorrectly?
  7. What is as light as a feather, but even the world's strongest man couldn't hold it for more than a minute?

Answers :
  1. Mushroom
  2. A “b”
  3. Y
  4. All of them
  5. Short
  6. Incorrectly
  7. Breath




Tidak ada komentar:

Posting Komentar